Begini Cara Menjernihkan Air Kotor Buat Diminum Saat Bertualang

Kehabisan air minum pas menghadapi situasi survival emang nggak enak banget. Makanya, lo perlu tau cara menjernihkan air kotor buat diminum saat bertualang di alam bebas, Superfriends. Simak cara selengkapnya berikut ini!

Begini Cara Menjernihkan Air Kotor Buat Diminum Saat Bertualang

Yang namanya bertualang di alam bebas, lo harus siap menghadapi segala kondisi yang bakal terjadi, termasuk kondisi survival di mana lo harus bertahan hidup dengan peralatan dan stok logistik seadanya. Dan yang terpenting adalah, mencari sumber air untuk dikonsumsi, karena sesungguhnya tanpa air minum manusia cuma bisa bertahan hidup selama 3 hari.

Itu sebabnya, penting buat mempunyai skill menemukan dan menjernihkan air supaya layak diminum. Meski kadang susah buat cari sumber air yang layak diminum, kebanyakan air yang ditemui bukanlah air yang jernih namun malah air yang keruh.

Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan buat menjernihkan air kotor supaya layak buat diminum, Superfriends. Berikut ini beberapa caranya.

Dengan Bahan Alami

Begini Cara Menjernihkan Air Kotor Buat Diminum Saat Bertualang

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/martinmark 

Lo bisa memanfaatkan bahan-bahan atau material yang ada di alam, Superfriends. Cara ini sangat bermanfaat, apalagi kalau lo cuma punya peralatan seadanya. Air kotor atau keruh bisa bersumber dari manapun, seperti air yang mengendap di tanah atau air sungai pun bisa keruh terutama saat hujan.

Nah, lo bisa membuat penyaring air dengan memanfaatkan sebuah botol air mineral, caranya yaitu dengan memotong botol jadi dua bagian dan ambil penggalan atas botol, lubangi tutup botol kemudian posisikan terbalik. Penggalan paling dasar lalu diberi kain, kalau nggak ada bisa dengan ilalang terlebih dulu, barulah isi dengan arang, kerikil, pasir, kemudian isi air keruh yang mau disaring.

Air yang dihasilkan dari cara ini emang cukup jernih, tapi tetap harus dimasak lagi sebelum dikonsumsi supaya lebih aman ya, Superfriends.

Dengan LifeStraw

Begini Cara Menjernihkan Air Kotor Buat Diminum Saat Bertualang

Image source: https://www.diadona.id/

Tau peralatan ini, Superfriends? LifeStraw menjadi peralatan yang paling terkenal buat bertualang di alam bebas. Peralatan memfilter air produksi Denmark ini dipercaya sangat efektif membuat air mentah jadi layak buat diminum tanpa harus dimasak terlebih dulu.

Beberapa kelebihannya antara lain, ukurannya yang kecil membuatnya jadi praktis dibawa, proses sterilisasinya nggak mengandung materi kimia, dan hasil airnya sangat jernih dan nggak berbau serta bisa langsung diminum.

Dengan Tablet Penjernih Air

Menjernihkan air pakai tablet? Bisa kok Superfriends, lo bisa menggunakan tablet penjernih air yang bisa dibeli di toko perlengkapan outdoor. Tablet ini yang paling umum digunakan sama petualang buat menjernihkan air adalah tablet iodine dan klorin, lo bisa mendapat hasil yang sama dengan kedua jenis tablet tersebut.

Namun, ada kekurangan dari penggunaan tablet ini, yaitu menimbulkan rasa air yang agak pahit, tapi tablet ini bisa membunuh kuman yang ada pada air.

Sebelum menggunakan tablet ini, sebaiknya lo menyaring air kotornya dulu buat memisahkan kotoran yang mengambang. Lalu, campur tablet dan air sampai larut dan tunggu selama 30 menit sebelum diminum.

Dengan Slayer

Sering bawa slayer pas lagi bertualang? Benda satu ini juga bisa loh menjernihkan air keruh. Kalau lo punya banyak waktu buat memfilter air, yang lo butuhkan adalah wadah buat menampung air yang masih keruh dan satu wadah lagi buat menampung hasil air jernihnya, dan slayer tentunya.

Cara ini dilakukan dengan cara memanfaatkan sifat dasar air yaitu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Slayer digunakan sebagai perantara air dari wadah air kotor yang diletakkan lebih tinggi ke wadah hasil filter yang ditaruh lebih rendah. Hasil airnya tentu harus dimasak dulu kalau lo mau hasil yang lebih steril.

Itulah beberapa cara menjernihkan air kotor supaya layak diminum saat bertualang di alam bebas. Lo pernah mencoba salah satunya, Superfriends?

 

Source: https://www.travellinkinfo.com/2019/11/cara-menjernihkan-air-kotor.html
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Karlina
Mantapppp
bahar22
Nice info
Bahar
Mantapppp
Sumardiyono
Amaziiing
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat