Deretan Lokasi River Surfing Terbaik di Dunia, Ada Indonesia!

Surfing nggak cuma bisa dilakukan di laut, tapi juga di sungai, Superfriends. Bahkan, ada beberapa lokasi river surfing terbaik di dunia, termasuk Indonesia. Penasaran di mana aja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Deretan Lokasi River Surfing Terbaik di Dunia, Ada Indonesia!

Kalau biasanya olahraga surfing dilakukan di laut dengan memanfaatkan ombak, tapi ada juga olahraga surfing yang memanfaatkan gelombang di sungai, Superfriends. River surfing atau selancar sungai merupakan olahraga selancar yang dilakukan di sungai.

Beberapa sungai di dunia punya arus dan ombak cukup kuat yang dimanfaatkan sama para peselancar buat surfing di sungai tersebut. Namun meski dilakukan di sungai, nggak membuat river surfing lebih aman dari surfing biasanya. Bahkan, bisa dibilang, kegiatan ini nggak benar-benar aman buat dilakukan.

Karena sebelum melakukannya, para peselancar harus mewaspadai hal-hal kayak ombak yang kuat, dasar sungai berbatu, ular, buaya, bahkan ikan ganas seperti piranha. Selain itu, lo juga disarankan buat bergabung sama komunitas peselancar sungai di spot surfing yang mau dikunjungi. Dan lo bakal diberikan wawasan buat beraksi dengan baik dan nggak membahayakan diri.

Nah, kalau lo mau cobain river surfing, ada beberapa lokasi sungai terbaik di dunia buat dikunjungi, Superfriends. Bahkan, ada juga sungai di Indonesia yang bisa dijajal buat river surfing. Berikut ini beberapa di antaranya.

Sungai Eisbach, Jerman

Deretan Lokasi River Surfing Terbaik di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: https://www.minews.id/mata-lensa/eisbach-river-munich-tempat-surfing-populer-di-jerman

Sungai Eisbach menjadi salah satu lokasi river surfing paling terkenal, Superfriends. Sungai yang dibuka pertama kali pada 1972 ini punya spot air dingin yang selalu menarik perhatian peselancar setiap tahunnya.

Ombak yang susah ditebak di sungai ini mengharuskan lo untuk melakukan pelatihan terlebih dulu sebelum mencoba river surfing. Perlu diingat, di sini lo harus menunggu giliran dan menghormati penduduk setempat kalau mau mencoba kegiatan ini.

Bend Whitewater Park, AS

Deretan Lokasi River Surfing Terbaik di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: https://www.bendbulletin.com/explore/surfing-through-the-winter-at-the-bend-whitewater-park/article_7f073590-708d-11eb-99a7-9ff9ae1158c6.html  

Di Bend Whitewater Park, taman selancar ini menawarkan fitur empat gelombang dengan berbagai tingkat kesulitan, yakni Gelombang Jason (untuk pemula), Gelombang Kricket (untuk pemakai kayak), Gelombag #3 (pendayung berpengalaman), dan Gelombang Eddy (pendayung profesional).

Gelombang tersebut cuma ada ketika musim dingin telah berakhir dan es dari pegunungan mulai mencair. Gerry Lopez sang legenda peselancar pun pernah surfing di lokasi ini, Superfriends.

Sungai Qiantang, China

Deretan Lokasi River Surfing Terbaik di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: https://www.ozy.com/good-sht/where-surfers-can-ride-massive-waves-for-over-an-hour-inland/87107/ 

Dikenal punya ombak besar, tepi Sungai Qiantang pun cocok buat dijadikan lokasi berselancar, Superfriends. Spot yang juga dikenal sebagai “silver dragon” ini punya ombak yang dihasilkan dari Teluk Hangzhou yang berbentuk segitiga, yang berfungsi sebagai corong dan mendorong ombak puluhan mil ke depan.

Sungai Severn Bore, Inggirs

Deretan Lokasi River Surfing Terbaik di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: https://www.visitdeanwye.co.uk/things-to-do/the-severn-bore-p1312711 

Menjadi lokasi river surfing paling populer di Inggris, Sungai Severn Bore sukses menarik ratusan peselancar Eropa setiap tahunnya. Sesi terbaik buat surfing di lokasi ini adalah setelah hari bulan purnama dan bulan baru.

Spot river surfing ini pertama kali dicoba pada tahun 1955 oleh veteran Perang Dunia II Jack Churchill. Ombak di sini bisa mencapai 7 kaki (2,1 meter) dan bisa membawa peselancar sejauh lebih dari 7 mil.

Sungai Bono Kampar, Indonesia

Deretan Lokasi River Surfing Terbaik di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: https://go.kompas.com/read/2021/05/30/043900074/surfing-down-indonesias-kampar-river?page=all

Di Indonesia pun ada lokasi river surfing yang bisa dijajal, Superfriends. Terletak di Provinsi Riau, ada ombak pasang besar setinggi 10 kaki (3 meter) yang disebut “The Bono” atau “Tujuh Hantu” dan menyediakan beberapa spot terpanjang di dunia.

Buat berselancar sungai di alam liar berbahaya ini, lo butuh perahu pendukung yang dirancang khusus. Bono sendiri menghasilkan tiga efek gelombang, yaitu Pemulang, Bakat, dan Bianca (gelombang yang nggak terkendali).

Nah, itulah beberapa lokasi river surfing terbaik di dunia yang bisa lo kunjungi. Gimana, lo tertarik mencoba river surfing di mana, Superfriends?

 

Source: https://www.liputan6.com/global/read/4416752/16-spot-surfing-sungai-terbaik-di-dunia-indonesia-salah-satunya
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Sutrisman
Infonya bagus
Sumardiyono
Amaziiing
Muhammad Fanji
Mantabbbbb
Agung Sutrisno
Indonesia mempunyai ombak yang diminati para surfer dunia
Bahar
Nice info