Danau di Indonesia yang Bisa Ngerasain Berenang Bareng Ubur-Ubur

Superfriends tau nggak kalau ada ubur-ubur yang nggak menyengat? Bahkan di beberapa danau di Indonesia lo bisa berenang bareng sama binatang air ini. Buat Superfriends yang mau cobain sensasinya. Catat nih daftar berikut!

Danau di Indonesia yang Bisa Ngerasain Berenang Bareng Ubur-Ubur

Kalau lo pernah diving di laut, pasti selalu waspada dengan kehadiran binatang ganasnya termasuk ubur-ubur. Karena mereka memiliki sengatan yang bisa membuat kulit lo gatal, terbakar bahkan kematian. Padahal keindahan ubur-ubur akan semakin jelas terlihat apabila dilihat dari dekat. Tapi tahu nggak sih Superfriends ternyata ada lho ubur-ubur yang kehilangan sengatannya.

Hal ini disebabkan oleh proses tektonik jutaan tahun lalu sampai akhirnya ubur-ubur terpisah dengan predator. Dan sejumlah ubur-ubur jinak ini lo bisa temuin di danau Indonesia. Bahkan lo bisa merasakan sensasi berenang bareng mereka. Buat Superfriends yang penasaran, catat dulu nih tempatnya.

Danau Mariona

Danau di Indonesia yang Bisa Ngerasain Berenang Bareng Ubur-Ubur

Image source: https://backpackerjakarta.com/danau-mariona-togean/ 

Terletak di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah yang merupakan taman nasional. Selain bisa melihat panorama yang memukau, lo bisa berenang bersama ubur-ubur berbagai warna. Mulai dari putih transparan, kemerahan, jingga, dan bersemu ungu.

Selama disana lo bisa bebas berenang tapi dilarang untuk nggak menyentuh ubur-ubur, karena mereka termasuk binatang sensitif dan mudah mati.

Danau Karawapop

Danau di Indonesia yang Bisa Ngerasain Berenang Bareng Ubur-Ubur

Image source: https://www.reddit.com/r/wallpapers/comments/lby4qu/destination_for_valentine_1920x1080/

Danau yang berbentuk hati ini memiliki rasa asin seperti air laut. Terletak di Pulau Karang Misool, Papua Barat. Untuk berenang bersama ubur-ubur, lo perlu naik kapal cepat dari Sorong menuju Pulau Misool. Setelah itu mendaki ke Danau Karawapop, sampai diatas lo perlu bayar dulu sebesar Rp 70.000. Dan siap-siap berenang bersama ubur-ubur!

Danau Kakaban

Danau di Indonesia yang Bisa Ngerasain Berenang Bareng Ubur-Ubur

Image source: https://www.scmedia.id/2020/10/datang-ke-kalimantan-timur-wajib-kunjungi-tempat-ini/ 

Di antara danau lainnya, Danau Kakaban mempunyai jenis ubur-ubur nggak bersengat paling banyak. Diantaranya ubur-ubur terbalik, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur botol. Awalnya danau ini adalah laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur.

Selain itu mempunyai sejarahnya sendiri, dimana sekitar dua juta tahun lalu saat zaman peralihan Holosin karena fenomena tektonik hebat.

Danau Haji Buang

Danau di Indonesia yang Bisa Ngerasain Berenang Bareng Ubur-Ubur

Image source: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-2432704/danau-haji-buang-kembaran-danau-kakaban-di-derawan 

Buat lo yang ingin berenang bareng ubur-ubur tapi nggak rame bahkan nggak dipungut biaya pengunjung bisa ke Danau Haji Buang, Kalimantan Timur. Lokasi persisnya berada di Pulau Maratua yang belum terlalu populer. Suasananya pun tenang dan bisa membuat hari lo damai Superfriends.

Selain itu, sering banget disebut-sebut kembaran dari Danau Kakaban. Untuk menuju lokasi juga nggak gampang lho, karena harus naik motor kemudian jalan kaki. Sampai di lokasi lo akan berenang bersama ubur-ubur dan ikan julung-julung.

Menarik banget kan Superfriends? Jadi destinasi mana nih yang bakal lo pilih buat jalan-jalan selanjutnya?

 

Source: https://phinemo.com/6-danau-di-indonesia-untuk-berenang-bersama-ubur-ubur-tak-bersengat/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Danau yang sangat mengesankan
teddy yunanda
Danau Karawapop bentuk hati
Hengky  kik
pulau pulau yang sangat indah , apalagi danau karawapop dan kakaban
Karlina
Nice info