Aksesori Wajib Pendaki Gunung Indonesia, Lo Punya Apa Aja?

Buat pendaki gunung di Indonesia, lo pasti punya beberapa aksesori wajib yang selalu ada menemani lo mendaki. Aksesori apa aja sih emang? Kira-kira lo udah punya semua belum?

Aksesori Wajib Pendaki Gunung Indonesia, Lo Punya Apa Aja?

Kalau dilihat, biasanya para pendaki gunung di Indonesia punya style yang beragam saat melakukan aktivitas outdoor tersebut. Tentunya itu tergantung selera masing-masing. Tapi, terkadang ada beberapa aksesori yang emang udah jadi item favorit alias benda wajib yang selalu dibawa atau bahkan melekat di tubuh pendaki Indonesia, Superfriends.

Aksesori tersebut juga punya manfaat fungsional yang emang bisa dipergunakan, tapi ada juga yang sifatnya emang cuma sekadar aksesori aja. Beberapa aksesori seperti gelang perusik dan kemeja flanel pun udah jadi aksesori wajib pendaki gunung sejak 20 tahunan yang lalu.

Nah, kalau pendaki gunung sekarang ini kira-kira lebih sering pakai aksesori apa aja ya? Apa lo punya semuanya? Langsung aja cari tau selengkapnya berikut ini.

Kemeja Flanel

Aksesori Wajib Pendaki Gunung Indonesia, Lo Punya Apa Aja?

Image source: https://productnation.co/id 

Kemeja yang punya ciri khas motif kotak-kotak ini menjadi salah satu aksesori yang paling banyak digunakan sama pendaki gunung di Indonesia. Lo sendiri pasti punya kan, Superfriends?

Bahannya yang cukup tebal, membuat jaket ini nyaman digunakan buat mendaki gunung dengan kondisi suhu yang lumayan dingin. Nggak cuma buat mendaki gunung, tapi kemeja flanel juga bisa digunakan buat aktivitas apa aja, bahkan buat hangout pun tetep keren.

Gelang Perusik

Aksesori Wajib Pendaki Gunung Indonesia, Lo Punya Apa Aja?

Image source: https://shopee.co.id/ 

Dengan desain yang simple, gelang perusik sendiri terbuat dari bahan cord (paracord), yakni tali karmantel kecil dengan diameter dari 2 mm sampai dengan 4 mm. Nah, tali cord ini sering disebut sebagai tali perusik sama para pendaki Indonesia.

Tali ini disebut gelang perusik karena teknik mengikatnya yang paling umum menggunakan simpul perusiking dalam ilmu tali temali dan panjat tebing. Gelang ini pasti sering banget lo liat di lengan para pendaki, baik yang pria maupun wanita.

Topi Rimba

Aksesori Wajib Pendaki Gunung Indonesia, Lo Punya Apa Aja?

Image source: https://www.bukalapak.com/ 

Sering juga disebut bucket hat, topi satu ini punya istilah bernama topi rimba khususnya di kalangan para pendaki gunung Indonesia. Ada cukup banyak jenis topi yang bisa dipakai buat mendaki.

Namun, ciri umum yang bisa membedakan antara topi rimba yang satu dengan yang lain adalah lebar visornya, atau lebar lidah topi itu sendiri. Lo punya jenis topi ini nggak, Superfriends?

Tas Pinggang (Waist Bag)

Aksesori Wajib Pendaki Gunung Indonesia, Lo Punya Apa Aja?

Image source: https://www.adventurealan.com/

Tas pinggang atau waist bag ini juga cukup ngetren di kalangan pendaki Indonesia. Mereka bakal menggunakan tas ini sesuai spesifikasinya, yakni di pinggang. Tapi, ada juga tuh yang justru memodifikasi sendiri penggunaan tas ini pas lagi dipakai.

Ada yang menggunakannya dengan cara tas diselempangkan di depan dada  saat mendaki. Atau ada juga yang lain, justru menempatkannya di bagian ransel atau carrier, yang juga bisa tetap tampil stylish dan penuh gaya.

Kain Tenun Sasak (Selendang Lombok)

Aksesori Wajib Pendaki Gunung Indonesia, Lo Punya Apa Aja?

Image source: https://firstlomboktour.com/

Ngaku deh, siapa yang pernah foto-foto pakai kain tenun sasak ini, Superfriends? Punya banyak sebutan, kain tenun sasak kadang juga disebut Syal Lombok, Selendang Lombok, Kain Lombok, dan lain sebagainya. Hal ini pun berdampak positif, karena menjadi manifestasi identitas nusantara yang semakin berkembang menjadi sebuah trend.

Nah, itu tadi beberapa aksesori wajib yang udah jadi identitas pendaki gunung Indonesia. Kalau lo sendiri, punya yang mana aja, Superfriends?

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/9-accessories-pendaki-gunung-yang-paling-banyak-digunakan-di-indonesia
Gear Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Rull
Asssik wajib punya nih, keren keren lagi
Karlina
Mantappppp
Karlina
Nice info