Cara Jitu Merintis Bisnis Fashion Buat Pemula

Industri fashion memang agak sulit ditembus para "pemain" baru. Kalau lo passionate banget di bidang ini dan baru mau mulai, berarti lo juga harus paham sejumlah cara jitu rintis bisnis fashion buat pemula, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Jitu Merintis Bisnis Fashion Buat Pemula

Punya brand fashion ternama memang menjadi impian banyak para pebisnis. Tapi, buat menembus pasar fashion tentu nggak gampang. Perlu wawasan dan modal yang mumpuni kalau lo mau sukses di bidang bisnis ini, Superfriends.

Yup, dua hal ini juga seringkali dijadikan alasan kebanyakan orang untuk mengurungkan niat pas mau terjun ke dalam bisnis fashion. Padahal, buat membangun bisnis ini nggak selalu butuh latar belakang sekolah mode dan modal yang besar, lho.

Kalau lo minat dan tertarik banget di bidang ini, mendingan simak lengkap beberapa cara jitu rintis bisnis fashion buat pemula berikut ini, Superfriends!

Kenali dan Pahami Identitas Brand

Cara Jitu Merintis Bisnis Fashion Buat Pemula

Image source: https://www.un-usual.it/ 

Cara jitu rintis bisnis fashion buat pemula yang pertama yaitu kenali dan pahami identitas brand fashion yang lo jalankan, Superfriends. Visi yang kuat harus dibangun sejak awal memulai bisnis fashion. 

Sebab, lo harus memahami apa tujuan dan kenapa lo memulai bisnis tersebut. Lo bisa mulai dengan rencana pemasaran untuk menetapkan pelanggan dari kalangan mana yang bakal dijadikan target penjualan, dan bagaimana cara untuk mendekati mereka, Superfriends!

Pahami Pentingnya Product Development

Cara Jitu Merintis Bisnis Fashion Buat Pemula

Image source: https://unsplash.com/ 

Buat cara jitu rintis bisnis fashion buat pemula yang selanjutnya ini, lo bisa mulai dari yang kecil dengan satu lini produk, kemudian kembangkan produk lain dari sini, Superfriends. Tapi dengan catatan, tetap kerjakan dengan konsisten dan meneruskan DNA desain yang sama, ya!

Setelah itu, barulah bisa menetapkan harga yang paling cocok buat produk lo, Superfriends. Mulailah dengan jumlah yang bersedia dibayar oleh pelanggan. Lalu, hitung berapa banyak yang sudah dibelanjakan buat bahan baku, manufaktur dan tentunya keuntungan yang diinginkan.

Pahami dan Atasi Tantangan Produksi

Cara Jitu Merintis Bisnis Fashion Buat Pemula

Image source: https://www.republika.co.id/

Bisnis baru seringkali kesulitan dengan produksi. Itu karena pada bisnis fashion tahap awal biasanya designer akan bekerjasama dengan beragam produsen seperti penjahit, tempat sablon atau bahkan produsen bahan tekstil.

Setelah itu, lo bakal menemui pesanan dalam jumlah kecil pada awalnya. Dan itu yang membuat Lo berada dalam posisi tawar menawar yang buruk dengan produsen. Ini bisa jadi sulit, tetapi penting untuk membayar segera agar produksi nggak tertunda. Jika terlalu lama, lo bisa terlambat mengirim ke pengecer dan merusak hubungan lo.

Perhatikan Akses Konsumen dan Distribusi

Agar sukses, lo harus mendapatkan perhatian pembeli. Mereka ingin tahu apa yang unik tentang produk lo, bagaimana produk itu cocok dengan mereka. Kalau lo berencana jualan secara online, ketahuilah bahwa produk harus punya keterangan yang jelas, Superfriends.

Pakaian apa pun dengan bentuk atau ukuran yang nggak menampilkan detail deskripsi yang jelas akan sulit di jual di situs web. lo bisa memulainya dengan menjual di e-commerce pilihan.

Pada saat sudah memiliki keuntungan atau balik modal, tak ada salahnya untuk dialokasikan membuat situs web lo sendiri. Itu akan memaksimalkan margin keuntungan lo dan memberi akses langsung ke pelanggan, Superfriends.

Nah, itulah beberapa cara jitu rintis bisnis fashion buat pemula. Semoga bisa menambah bisa jadi referensi dan menginspirasi ya, Superfriends. Selamat mencoba!

 

Referensi: https://entrepreneur.bisnis.com/read/20210701/88/1412361/6-kiat-simpel-rintis-bisnis-fesyen-bagi-pemula
Tips Beginner Extreme solo traveling

1 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Good information