Tips Aman dan Nyaman Rental Kendaraan Saat Traveling

Rental kendaraan buat liburan di luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri memang lumayan efisien, Superfriends. Tapi sebelum itu, pastikan lo sudah mengetahui apa saja tips aman dan nyaman rental kendaraan saat traveling biar nantinya nggak kecewa. Kuy, lihat tips lengkapnya berikut ini!

Tips Aman dan Nyaman Rental Kendaraan Saat Traveling

Nggak punya mobil pribadi jangan jadi alasan buat menunda traveling, Superfriends! Pasalnya, saat ini lo bisa menggunakan jasa rental mobil buat mendapat pengalaman liburan menyenangkan.

Lo bisa mampir ke banyak tempat wisata baru di kota yang lagi disinggahi, mulai dari kuliner, alam, sampai wisata urban. Mobil bahkan bisa dibilang memudahkan lo buat berpindah dari satu tempat ke tempat lain, lho.

Biar nggak kecewa nantinya, sebaiknya simak dulu beberapa tips aman dan nyaman rental kendaraan saat traveling berikut ini, Superfriends!

Sewa dari Jauh-Jauh Hari

Tips Aman dan Nyaman Rental Kendaraan Saat Traveling

Image source: https://cdn-asset.jawapos.com 

Ketika musim liburan datang, nggak hanya lo saja yang berencana untuk berlibur, banyak orang lainnya yang juga berencana hal yang sama. Nggak heran jika tempat sewa kendaraan akan semakin dicari oleh banyak orang.

Sewa kendaraan yang lo incar sesegera mungkin. Hal ini menghindari kemungkinan kosongnya ketersediaan kendaraan yang bisa disewakan. Tapi, pastikan juga kalau tanggal liburan lo sudah sesuai dengan jadwal sewa kendaraan ya, Superfriends!

Cek Kredibilitas Rental

Tips Aman dan Nyaman Rental Kendaraan Saat Traveling

Image source: https://www.jurnal.id/ 

Membayangkan liburan tentu berkaitan dengan bersenang-senang. Lo pastinya nggak ingin menginginkan rasa senangmu terganggu karena penyewa kendaraannya nggak bisa dipercaya.

Beberapa contohnya antara lain membebankan biaya tambahan yang nggak lazim saat lo melebihi waktu tenggat sewa kendaraannya.

Ada pula yang secara tiba-tiba meminta lo buat membayar kerusakan di badan mobil padahal lo nggak menemukan kerusakan tersebut sebelum dan sesudah menggunakan mobil tersebut. Usahakanlah untuk mencari informasi terkait penyewa kendaraan tersebut di internet.

Biasanya penyewa mobil memiliki situs pribadi dan testimoni dari pelanggannya terdahulu yang bisa dipercaya. Lo pun bisa menanyakan kepada teman atau keluargamu di mana rekomendasi tempat untuk sewa kendaraan yang terpercaya.

Cek Fasilitas Rental

Tips Aman dan Nyaman Rental Kendaraan Saat Traveling

Image source: https://cdn-2.tstatic.net

Tips selanjutnya yang bisa lo lakukan adalah dengan menanyakan fasilitas yang diberikan. Yang dimaksud dengan fasilitas di sini adalah paket yang ditawarkan pihak penyewaan kendaraan.

Biasanya, lo akan diberi pilihan untuk sewa mobil lepas kunci pada beberapa penyewaan kendaraan. Lepas kunci sendiri berarti lo menyetir sendiri pada perjalanan liburan alias nggak menggunakan supir dari pihak penyewaan.

Kalau lo nggak mau repot-repot menyetir dan nggak terlalu mengenal jalanan di daerah wisatanya, ada baiknya lo memilih paket yang menggunakan jasa supir, Superfriends. FYI, biasanya kalau lo mau lepas kunci, lo wajib bisa memenuhi detil syarat yang diajukan oleh pihak penyewaan.

Hal ini diakibatkan karena banyaknya tindak kejahatan yang membawa kabur kendaraan sewa sehingga pihak penyewaan harus benar-benar percaya bahwa lo bertanggung jawab atas kendaraan yang lo sewa.

Perhatikan Kondisi Kendaraan Sebelum Tancap Gas

Sebelum menggunakan kendaraan yang sudah lo sewa, sebaiknya lo cek terlebih dahulu keadaan fisik dari kendaraan tersebut. Lihat bagian detail mobil sehingga dapat dipastikan bahwa mobil tersebut nggak ada cacat dan berfungsi dengan baik.

Jika ada, segera beritahu pihak penyewaan untuk menggantinya dengan yang kendaraan lain. Selain cek keadaan fisik, periksa juga kelengkapan legalitas kendaraannya seperti surat-surat kelengkapannya.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan resiko yang terjadi jika kendaraan yang lo sewa justru nggak lengkap legalitas kendaraannya. Kalau semua kondisi sudah dianggap memenuhi syarat, lo pun bisa langsung menyewa kendaraan tersebut untuk menikmati liburan yang sudah lo tunggu-tunggu.

Nah, itulah beberapa tips aman dan nyaman rental kendaraan saat traveling. Lo punya cerita unik apa terkait rental kendaraan saat traveling, Superfriends? Ramaikan di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://www.bobobox.co.id/blog/tips-cari-sewa-kendaraan-berlibur/
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Thanks great info
DEVI TRI HANDOKO
traveling jadi lebih nyaman
Sumardiyono
Nice infonya
Bahar
Nice info