Kenali Teknik Penggunaan Equalizing dan Anchor Pada Panjat Tebing

Dalam panjat tebing, ada teknik penggunaan equalizing dan anchor yang mesti dikuasai, Superfriends. Sebelum mencobanya, ada baiknya lo mengenal lebih dalam dulu nih. Langsung aja simak ulasan selengkapnya!

Kenali Teknik Penggunaan Equalizing dan Anchor Pada Panjat Tebing

Panjat tebing merupakan kegiatan outdoor yang butuh berbagai peralatan pendukung. Selain itu, olahraga ekstrem ini juga punya banyak teknik yang mesti dikuasai sebelum mencobanya. Salah satunya ada anchor, yaitu sebuah sistem pengamanan dalam instalasi tali-temali yang berhubungan sama ketinggian seperti gunung, tebing, lembah, gua, dan sebagainya.

Teknik dalam membuat anchor sendiri ada beberapa cara, yaitu pemasangan anchor pada media keras kayak pohon, batu, dinding bangunan (nature anchor) menggunakan sling atau webbing dan juga anchor buatan (artificial anchor) seperti memakai peralatan khusus panjat tebing.

Sebelum lo mencoba panjat tebing, emang udah seharusnya buat menguasai teknik penggunaan anchor ini, Superfriends. Simak dulu nih gimana cara penggunaannya berikut ini.

Cara Melilit Tali Sling/Webbing Buat Anchor

Kenali Teknik Penggunaan Equalizing dan Anchor Pada Panjat Tebing

Image source: https://www.travellinkinfo.com/ 

Ada beberapa cara melilit tali sling/webbing buat anchor yang harus dipahami, seperti berikut:

Pemilihan lokasi anchor. Usahakan cari lokasi yang kokoh, misalnya batang bohong yang masih hidup, batu besar, celah atau tonjolan tebing, dan lain sebagainya. Anchor bisa dililit pribadi ke media tersebut.

Pastikan lo menemukan dan memasang di lebih dari satu titik. Sebagai titik anchor utama (main anchor) dan yang lain sebagai titik anchor cadangan (backup anchor), buat backup anchor sebaiknya pasang di dua titik. Lo bisa menggunakan beberapa cara, bisa memakai simpul pita buat webbing dan simpul nelayan buat tali karmantel.

Dalam melilit tali di media utama kayak pohon atau batuan, lo bisa pakai cara mana aja, semua tergantung sama ketersediaan peralatan dan abjad medan yang ditemui. Yang terpenting ada lebih dari satu titik anchor, dan dipasang di tempat yang sempurna dan simpul yang benar.

Sudut anchor yang tepat. Setelah melilit sling atau webbing, selanjutnya menambah tali atau webbing di tiap titik anchor buat disatukan. Namun, sudut yang dibentuk sama webbing cuma bisa maksimal 60 derajat atau kurang dari itu. Makin besar sudutnya, maka kekuatannya makin berkurang, sebaliknya kekuatan anchor bakal tetap maksimal walau dipasang di satu garis vertikal.

Anchoring dan Equalizing

Equalizing sendiri diharapkan supaya pembagian beban tiap titik anchor bisa seimbang walaupun sudut beban berubah-ubah. Nah, buat menjadikannya anchor tetap (fix anchor), maka lo cuma tinggal menyatukan kedua atau tiga webbing tersebut dengan sebuah simpul.

Dan buat equalizing sendiri, lo hanya perlu men-twist salah satu tali lalu dihubungkan dengan carabiner, kalau punya stok carabiner banyak boleh nih pakai dua carabiner. Dengan teknik ini lo bisa menggabungkan beberapa tali yang nggak sama panjang, menyambungkannya dengan carabiner, dan titik anchor bisa di mana aja nggak mesti sejajar. Cara ini bisa dilakukan buat dua atau lebih titik anchor.

Itu tadi tentang teknik penggunaan equalizing dan anchor dalam kegiatan panjat tebing. Catat baik-baik ya, Superfriends!

 

Source: https://www.travellinkinfo.com/2019/09/teknik-equalizing-anchor-panjat-tebing.html
Gear Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Info yang sangat membantu
Sumardiyono
Tanks infonya
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
Rull
Nice infoo
Karlina
Mantapppp
Karlina
Nice info