Fakta Trail Running yang Belum Banyak Diketahui Orang

Trail running atau lari lintas alam semakin digemari oleh banyak orang di dunia. Karena punya medan yang lebih menantang dibanding lari lain. Namun belum banyak yang tahu nih mengenai fakta trail running, termasuk lo Superfriends.

Fakta Trail Running yang Belum Banyak Diketahui Orang

Buat lo pencinta olahraga outdoor pasti sudah tau trail running atau lari lintas alam. Yang semakin kesini semakin dikenal karena asik banget. Apalagi buat lo yang hobi banget lari tapi pengen upgrade ke pengalaman lebih menegangkan.

Trail running bisa jadi jawaban yang tepat buat lo nih Superfriends. Berbeda dengan rute lari biasanya, olahraga ini dilakukan di daerah pegunungan populer. Lo bisa melakukannya dengan siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

Dengan peminat yang makin banyak, lo juga perlu tahu nih tentang beberapa fakta trail running. Apa aja ya Superfriends? Simak informasinya sebagai berikut.

Event Pertama yang Diselenggarakan

Fakta Trail Running yang Belum Banyak Diketahui Orang

Image source: https://www.runsociety.com/ 

Kalau saat ini memang sudah banyak event trail running yang diadakan di seluruh dunia. Tapi kalau kompetisi pertama kali diselenggarakan di Courmayer, Italia pada tahun 2012.  Walaupun pertama kali, kompetisi ini berjumlah 150 orang dari 18 negara berbeda di seluruh dunia. Tentunya hal ini menjadi sebuah prestasi tersendiri.

Karena perkembangan yang sangat cepat dan antusias tinggi. Setahun kemudian di bulan Juli tahun 2013, trail running sudah punya organisasi bernama Trail Running Association (ITRA). Sampai saat ini banyak kompetisi trail running yang diselenggarakan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Alasan Trail Running Semakin Banyak Peminat

Fakta Trail Running yang Belum Banyak Diketahui Orang

Image source: https://photo.sindonews.com/

Bukan nggak ada alasan trail running semakin banyak peminatnya, hal ini dikarenakan medan atau rute lari yang semakin menegangkan. Untuk rutenya juga nggak bisa sembarangan lho Superfriends. Kalaupun ada di jalan aspal biasanya nggak boleh lebih dari 20 persen dari total jalan.

Rute yang dilewati biasanya alami, seperti gunung, hutan, gurun, dan tempat lainnya. Peserta yang datang dari berbagai kalangan usia akan merasakan lebih dekat dengan alam. Selain itu, lo bisa melihat dunia baru yang nggak pernah ditemui sebelumnya.

Pesan Tersembunyi di Balik Trail Running

Fakta Trail Running yang Belum Banyak Diketahui Orang

Image source: https://trailrunning.co.za/

Selain lo bisa dapat tubuh yang sehat, ada banyak pesan tersembunyi lainnya. Di kompetisi trail running semua orang memang berlomba untuk jadi pemenang. Tapi organisasi Trail Running Association (ITRA) mengharapkan orang-orang bisa belajar mengenai perbedaan, saling menghargai, dan keamanan.

Karena peserta bukan hanya datang dari satu daerah atau negara saja. Walaupun diselenggarakan di Indonesia, bukan berarti yang datang hanya dari Sabang sampai Merauke saja. Lo juga bisa mengenal lebih dalam dan menghargai alam di sekitar.

Itulah beberapa fakta mengenai trail running yang menegangkan Superfriends. Gimana udah siap lari di alam terbuka?

 

Source: https://www.suara.com/sport/2019/06/22/131021/4-fakta-tentang-trail-running-yang-jarang-diketahui?page=all
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Hengky  kik
ayo berolah raga agar badan kita sehat dan kuat
Moch Tommy M
Wow boleh di coba
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
lari lintas alam sangat seru