Mengenal Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Bisa Bawa Pulang Bunga Abadi!

Buang edelweis di gunung memang enggak boleh dipetik. Tapi, lo tetap bisa kok dapetin bunga edelweis dengan cara yang benar, Superfriends. Beneran! Lo bisa bawa pulang bunga abadi ini dari Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Pasuruan, Jawa Timur. Sila simak informasi lengkapnya berikut ini!

Mengenal Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Bisa Bawa Pulang Bunga Abadi!

Memetik bunga edelweis di kawasan pegunungan yang dilindungi memang menjadi perhatian yang cukup serius, Superfriends. Sebab, meskipun sudah dilindungi undang-undang dengan ancaman pidana dan denda, masih ada saja yang berani memetik bunga yang satu ini.

Tapi, kalau ingin banget bawa pulang bunga edelweis, lo bisa datang langsung ke Desa Wisata Edelweis Wonokitri, kawasan penyangga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).  Desa wisata budidaya bunga abadi ini tepatnya berada di desa pintu masuk gunung Bromo dari arah Pasuruan, Superfriends.

Sebagai acuan, lo bisa simak beberapa informasi terkait Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Pasuruan, Jawa Timur berikut ini!

Ada Spot yang Fotogenik

Mengenal Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Bisa Bawa Pulang Bunga Abadi!

Image source: https://travelingyuk.com/

Berfoto memang menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat traveling. Nah, di sini lo bisa foto dengan latar bunga edelweis yang tumbuh, Superfriends. Pihak pengelola Taman Edelweiss Wonokitri juga menyediakan spot foto, lho.

Lo bisa berfoto di sebuah gardu pandang dengan foreground bunga edelweis dan background perbukitan hijau. Spot yang fotogenik ini juga bakal lebih apik kalau kabut tipis lagi turun, Superfriends.

Satu tips nih, jangan lupa gunakan baju tebal saat berkunjung ke sini, ya! Karena, udara di Desa Wisata Edelweis Wonokitri ini sangat dingin, bahkan terkadang sampai menusuk tulang, Superfriends.

Bisa Belajar Budidaya Edelweiss

Mengenal Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Bisa Bawa Pulang Bunga Abadi!

Image source: https://travelingyuk.com/

Bunga edelweis memang selalu berhasil menarik hati banyak orang, khususnya para pendaki gunung yang sering menjumpai bunga ini di ketinggian. Nah, di Desa Wisata Edelweis Wonokitri ini lo bisa juga belajar budidaya edelweis, Superfriends.

Mulai dari pemilihan biji, penyapihan sampai menanam bunga edelweis bisa lo pelajari di sini. Kalau lo penasaran dengan budidaya bunga abadi ini, lo bisa datang langsung ke Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Pasuruan, Superfriends!

Bisa Bawa Pulang Bunga Edelweis

Mengenal Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Bisa Bawa Pulang Bunga Abadi!

Image source: https://www.cahayamalam.com/

Kata siapa bunga edelweis nggak boleh dibawa pulang? Bunga edelweis dari Desa Wonokitri ini boleh dibawa pulang kok, Superfriends! Yup, hal ini sudah legal alias diizinkan oleh pihak Kelompok Tani Hulun Hyang maupun pihak Taman Nasional.

Selain itu, lo juga bisa membeli souvenir bunga Edelweis yang dijual berbentuk gantungan kunci, boneka, kalung dan lainnya. Harganya cukup variatif, mulai dari Rp20.000 sampai Rp50.000.

Menjalankan Peran Pelestarian dan Budidaya Edelweiss

Desa Wisata Edelweis Wonokitri bersama dengan Desa Wisata Edelweiss di Ngadisari diresmikan pada 10 November 2018 silam, Superfriends. Peresmian ini dihadiri oleh pihak-pihak terkait, mulai dari jajaran pemerintah sampai kelompok tani di dua wilayah tersebut yang jadi pengelola masing-masing tempat.

Selain berfungsi sebagai tempat wisata, destinasi wisata ini juga menjalankan peran lain. lho. Desa Wisata Edelweis Wonokitri juga berfungsi sebagai sarana pelestarian dan budidaya bunga Edelweiss untuk berbagai keperluan. Termasuk keperluan guna pelaksanaan upacara adat, Superfriends.

Akses Menuju Desa Wisata Edelweis Wonokitri

Destinasi wisata yang luasnya mencapai 7.000 meter persegi ini berada di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Superfriends. Kalau berminat datang ke sini, lo bisa langsung arahkan kendaraan menuju Desa Wisata Edelweis Wonokitri.

Posisinya ada di pinggir jalan besar dan otomatis bakal mudah terlihat. Kalau lo berangkat dari pintu masuk Bromo, desa ini berada sekitar 500 meter ke arah utara Desa Sedaeng, Superfriends. Perhatikan kondisi kendaraan ya, karena medannya ekstrem banget!

So, itulah beberapa informasi terkait Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Pasuruan, Jawa Timur. Tertarik berkunjung ke sini, Superfriends?

 

Referensi: https://travelingyuk.com/taman-edelweiss-wonokitri/180107
https://travel.kompas.com/read/2020/09/02/180500727/desa-wisata-edelweis-wonokitri-tempat-resmi-beli-bunga-edelweis?page=all
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

25 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
This is amazing
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Karlina
Mantapppp
Sumardiyono
Amaziiiing
Fajar Satritama
Mantap mantap
Ainun Nafiah
wow cantik
Ivan harnawan
Keren selain bisa berwisata sekaligus bisa melestarikan budidaya bunga edelweis
Agung Sutrisno
Spot yang fotogenik
Agung Sutrisno
Spot yang fotogenik