Scuba Froggy, Menyelami Peluang Bisnis dari Diving Course

Scuba diving menjadi salah satu kegiatan yang butuh skill khusus, itulah kenapa ada yang namanya diving course atau kursus diving. Seperti Scuba Froggy, yang memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis. Penasaran sama peluang bisnis ini? Langsung simak nih ulasannya!

Scuba Froggy, Menyelami Peluang Bisnis dari Diving Course

Bisa dibilang sebagai salah satu olahraga ekstrem, scuba diving nyatanya emang butuh keterampilan atau skill khusus buat melakukannya. Apalagi, scuba diving juga nggak bisa sembarang dilakukan, lo butuh sertifikat resmi sampai akhirnya bisa menyelam menjelajahi lautan.

Itulah kenapa ada banyak diving course atau kursus menyelam yang dibuka buat ngebantu orang-orang yang mau belajar menyelam supaya bisa dapat sertifikat resmi. Hal ini pun dijadikan peluang bisnis oleh Scuba Froggy, salah satu layanan diving course atau latihan menyelam bersertifikat internasional bagi pemula sampai yang udah berpengalaman.

Apa aja ya yang ditawarkan dari diving course ini? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Kursus Menyelam untuk Berbagai Kalangan

Scuba Froggy, Menyelami Peluang Bisnis dari Diving Course

Image source: https://www.littlestepsasia.com/

Scuba Froggy sendiri merupakan pusat menyelam bersertifikat PADI 5 Star Dive yang beroperasi di Lombok, Indonesia. Aktivitas selam ini dimulai dari Gili Trawangan, Senggigi, Kuta dan Belongas, hingga memperluas rute ke Flores – Komodo dan Raja Ampat.

Scuba Froggy menawarkan kursus PADI, fun diving, diving buat anak-anak, snorkeling trips, safari, dan program gabungan buat kelompok.

Buat pemula, Scuba Froggy punya paket satu hari yang dimulai dengan menjelaskan prinsip penting tentang menyelam, seperti cara menggunakan peralatan scuba. Nah, latihan ini bakal dimulai di kolam, sebelum nantinya bakal diajak buat melihat keindahan eksotisme bawah laut secara langsung.

Buat tingkat lanjut, kursus sertifikasi penyelam paling dasar adalah Open Water Scuba Diver. Pada tingkat ini merupakan kualifikasi menyelam yang paling terkenal dan diterima di manapun di dunia. Kursus ini biasanya diselesaikan dalam waktu tiga hati dengan penggabungan teori, latihan di kolam dan empat kali menyelam.

Menariknya, kursus Open Water Scuba Diver ini bisa dengan gampang di-upgrade menjadi izin menyelam penuh atau independen di kemudian hari.

Peminat dari Berbagai Negara

Scuba Froggy, Menyelami Peluang Bisnis dari Diving Course

Image source: https://www.littlestepsasia.com/

Udah dibuka sejak 2010, Scuba Froggy udah banyak melayani para peminat selam dari berbagai negara, terutama dari Australia dan Eropa. Bahkan, cuma 10% aja wisatawan lokal yang berminat buat ambil kursus menyelam ini.

Kalau lagi musim ramai, jumlah peminat kursus menyelam ini bisa mencapai 30 orang per hari loh, Superfriends. Tapi, kalau udah masuk low season, peminatnya berkurang dan bahkan cuma melayani dua orang aja dalam sehari.

Hal ini tentu sangat disayangkan, padahal banyak spot diving di Indonesia yang keindahannya nggak diragukan lagi, tapi yang banyak tertarik buat menyelami lautan ini justru orang-orang dari luar negeri.

Di Scuba Froggy, hampir setiap hari ada trip latihan menyelam yang dilakukan. Untuk harga yang dipatok buat pemula, sebesar Rp 1,9 juta. Harga tersebut udah termasuk biaya transport, kapal, peralatan lengkap, pemandu, dan juga asuransi.

Dan buat level tertinggi yaitu dive master, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 15 juta sampai akhirnya bisa dapat sertifikatnya. Tapi, syarat yang dibutuhkan adalah lo harus punya jam terbang menyelam yang tinggi dan udah lulus dari semua tingkatan menyelam sebelumnya.

Yang menariknya lagi, para instruktur di sini bisa mengajar dalam banyak bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Polandia, Indonesia, China, Italia, Jerman, dan juga Prancis.

Mengutamakan Keselamatan

Karena sebagian besar aktivitas kursus dilakukan di laut, maka pihak Scuba Froggy pun selalu mengutamakan keselamatan, seperti nggak bakal melakukan kursus kalau kondisi lagi nggak memungkinkan. Salah satunya ketika ada larangan yang dikeluarkan oleh otoritas syahbandar kepada kapal buat nggak melaut.

Tentu Scuba Froggy nggak bakal melanggar larangan tersebut, mereka biasanya akan fully refund atau reschedule kursus, tergantung dari keinginan peserta.

Promosi Mulut ke Mulut Sampai Media Sosial

Sejauh ini, Scuba Froggy melakukan promosi dengan cara tradisional atau dari mulut ke mulut. Metode ini dipercaya menjadi yang paling efektif. Tapi, hal ini juga diimbangi dengan promosi lewat media sosial, yang dilengkapi dengan berbagai informasi yang memudahkan orang buat mencari tau tentang Scuba Froggy.

Menurut Scuba Froggy, pengalaman dari tamu itu adalah hal yang paling utama. Jadi, kalau peserta kursus merasa puas, pasti bakal kembali lagi. Itu juga bisa jadi metode promosi kalau mereka merekomendasikannya ke keluarga atau teman-temanya.

Nah, itu tadi ulasan tentang Scuba Froggy, layanan diving course di Lombok yang menyelami peluang bisnis ini untuk masyarakat yang mau belajar menyelam. Gimana, lo tertarik menyelami bisnis ini juga, Superfriends?

 

Source: https://entrepreneur.bisnis.com/read/20180204/263/734052/peluang-usaha-ingin-buka-kursus-menyelam-simak-dulu-ini
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Wow rekomendasi ini
Sumardiyono
Nice infonya
bahar22
Mantapppp
Agus Sungkawa
Bisnis yg menjijikkan
Sutrisman
Infonya bagus
Agung Sutrisno
Ada paket harian