Danau Raksasa di Antartika Mendadak Hilang, Kok Bisa?

Kabar mengejutkan datang dari benua Antartika, secara mengejutkan danau raksasa hilang. Sebenarnya hal ini sudah ada sejak tahun 2019 pada musim dingin, namun kembali menjadi pembicaraan lagi. Kenapa bisa danau raksasa ini hilang? Simak informasinya seperti berikut ini.

Danau Raksasa di Antartika Mendadak Hilang, Kok Bisa?

Benua Antartika terkenal memiliki banyak wilayah yang menarik termasuk danau es. Tapi pernah dengar nggak Superfriends kalau danau raksasa di Antartika tiba-tiba menghilang? Para ilmuwan di sebuah studi mengungkapkan fenomena ini sudah berlangsung selama musim dingin tahun 2019 lalu.

Danau dari Lapisan Es Emery diperkirakan sudah 600 hingga 750 juta meter kubik air menghilang ke lautan. Tentunya kejadian ini menarik perhatian masyarakat dunia. Hal ini ternyata disebabkan oleh banyak hal Superfriends, apa aja ya?

Volume Air

Danau Raksasa di Antartika Mendadak Hilang, Kok Bisa?

Image source: iStockphoto/designbase

Ahli glasiologi dari Universitas Tasmania, Roland Warner percaya kalau berat air jadi salah satu penyebab utama. Volume air di danau membuka celah lapisan es yang terletak tepat di bawah. Proses ini dikenal juga sebagai hidro faktur. Dan akhirnya air mengalir ke laut lepas.

Kalau dipantau lewat satelit luar angkasa, ternyata seluruh danau sudah kering. Biasanya danau akan terisi kembali setahun kemudian seperti yang terjadi di musim dingin 2019 lalu terisi di musim panas 2020. ICESat-2 NASA juga mencatat perubahan lapisan es karena perpindahan air. Lo juga melihat detail proses yang terjadi di lapisan es.

Akibat Lebih Besar

Air lelehan di lapisan es ternyata bisa menyebabkan hal yang lebih besar lagi. Selain runtuh, lapisan ini bisa menyebabkan kenaikan permukaan laut. Jadi penting untuk paham proses yang bisa melemahkan lapisan es. Bahkan ada kabar kalau pencairan di Antartika akan semakin parah di tahun 2050.

Ada kemungkinan lainnya yang akan terjadi di masa depan. Salah satunya perubahan iklim, bukan hanya terjadi di Antartika aja tapi kemungkinan akan terjadi di permukaan bumi. Saat iklim berubah otomatis suhu akan meningkat dan lapisan es serta gletser akan mencair. Hal ini memungkinkan untuk menciptakan lebih banyak danau yang mencair dalam prosesnya.

Sehingga hal ini harus membuat lo melek mata akan fenomena yang bisa mengancam kehidupan di masa depan. Sudah saatnya untuk bisa teratasi, karena aliran air lelahan nggak menunjukkan tanda berhenti. Jangan sampai ada kejadian yang nggak diinginkan terjadi.

Dengan adanya fenomena danau raksasa yang menghilang ini, menimbulkan pertanyaan baru. Mengenai seberapa wajar danau yang tertutup es berada di atas es dan perkembangannya seperti apa. Sebenarnya dengan kejadian ini juga bisa dijadikan pengingat kalau bumi sedang nggak baik-baik aja Superfriends.

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210629171100-199-660938/sebab-danau-raksasa-di-antartika-tiba-tiba-menghilang/1
Trending Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
bahar22
Nice info
bahar22
Nice info
Dimas Cikal Priambudi Ramdany
Pemanasan Global
Dimas Cikal Priambudi Ramdany
HUMAN WARNING
Agung Sutrisno
air mengalir ke laut lepas.
Moch Tommy M
Global Warning
Agus Sungkawa
Mungkin kah karna faktor pemansan global