Tips Merawat Motor Touring yang Mudah Walau Hanya di Rumah

Adanya lonjakan kasus virus corona membuat banyak orang harus kembali di rumah. Semua kegiatan di luar rumah wajib dikurangi. Termasuk saat lo merawat motor yang biasa lo pakai touring, ada beberapa cara mudah yang bisa lo ikuti selama di rumah aja.

Tips Merawat Motor Touring yang Mudah Walau Hanya di Rumah

Akhir-akhir ini kasus virus corona di Indonesia kembali meningkat bahkan jumlah korban positif lebih tinggi dari awal pandemi. Nggak heran kalau kegiatan di luar rumah harus dikurangi dan lebih baik di dalam rumah aja. Hal ini bertujuan buat menekan kembali jumlah korban positif.

Kegiatan seperti merawat motor touring yang biasa lo pakai bertulang juga harus bisa dilakukan di rumah Superfriends. Jangan sampai motor malah nggak terawat dan berakhir turun mesin. Ada beberapa cara mudah yang bisa lo ikuti seperti berikut ini.

Panaskan Sepeda Motor

Tips Merawat Motor Touring yang Mudah Walau Hanya di Rumah

Image source: https://blog.tribunjualbeli.com/

Walaupun motor nggak dipakai keluar, jangan sampai lo lupa untuk memanaskan sepeda motor setiap hari. Rutinitas ini bisa lo lakuin selama 10 sampai 15 menit untuk menjaga mesin lebih optimal. Sehingga membuat oli motor jadi terlumasi ke bagian mesin motor.

Selain itu, bermanfaat untuk mengisi ulang aki motor atau daya baterai agar motor nggak soak. Jadi jangan lupa memanaskan sepeda motor secara rutin.

Cek Tekanan Ban Sepeda Motor

Tips Merawat Motor Touring yang Mudah Walau Hanya di Rumah

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/Tharika+Thisa

Komponen selanjutnya yang harus lo cek adalah ban sepeda motor. Kalau motor jarang dipakai biasanya tekanan angin ban akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan ban motor lo jadi kempes Superfriends. Makanya waktu lo pakai motor keluar malah jadi berat bahkan boros bensin.

Nah ada baiknya lo tetap mengecek tekanan angin ban motor waktu di rumah aja. Kalau motor sudah keburu kempes, lo bisa isi angin disesuaikan dengan ukuran standar yang dibutuhkan ban. Ingat! Tiap ban motor punya ukuran berbeda-beda. Jangan sampai berlebihan, karena bisa mengurangi cengkraman dan mengendarai motor jadi nggak nyaman.

Rutin Memberikan Pelumas

Tips Merawat Motor Touring yang Mudah Walau Hanya di Rumah

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/AKE+NGIAMSANGUAN

Sepeda motor yang jarang dipakai biasanya memiliki beberapa komponen yang kering dari pelumas. Hati-hati Superfriends, hal ini bisa membuat kinerja motor lo jadi nggak optimal. Coba deh memberikan pelumas di bagian tertentu seperti rantai, kabel kopling, kabel gas, dan per standar samping.

Lo bisa melumasi bagian tersebut pakai oli sesuai dengan kebutuhan. Kalau di bagian tertutup seperti leher as roda, as roda atau laher swing arm, hingga bearing komstir bisa pakai grease atau gemuk. Jangan sampai tunggu kering untuk dilumasi karena bisa merusak mesin motor.

Cek Oli dan Aki

Kedua hal ini penting banget untuk menjaga kinerja sepeda motor, kalau ada yang bermasalah pasti akan terasa. Jadi jangan lupa cek oli dan aki agar meminimalisir adanya multifungsi pada motor. Apalagi kalau motor jarang dipakai.

 

Source: https://www.liputan6.com/otomotif/read/4589372/tips-sederhana-merawat-motor-di-rumah?
Tips Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
Moch Tommy M
Thank to info
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Sumardiyono
nice bgt infonya