Kuliner Khas Flores, Salah Satu Kekayaan Cita Rasa Indonesia Timur

Selain punya destinasi wisata yang menakjubkan, Flores juga punya sejumlah makanan yang luar biasa nikmat, lho. Lo sudah tahu belum apa saja kuliner khas Flores yang mencerminkan kekayaan cita rasa Indonesia Timur? Berikut ulasan selengkapnya!

Kuliner Khas Flores, Salah Satu Kekayaan Cita Rasa Indonesia Timur

Mencicipi kenikmatan masakan di setiap daerah yang dikunjungi memang menyajikan pengalaman tersendiri, Superfriends. Yup, selain jalan-jalan menikmati suasana destinasi wisata yang menakjubkan, lo juga bisa memanjakan lidah dengan kuliner khas lokal yang otentik.

Flores, Nusa Tenggara Timur tentu menjadi salah satu daerah yang wajib lo kunjungi buat urusan ini, Superfriends. Kalau nanti traveling ke sana, berarti lo wajib cicipi beberapa kuliner khas Flores berikut ini!

Se'I Sapi

Kuliner Khas Flores, Salah Satu Kekayaan Cita Rasa Indonesia Timur

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/faizalafnan

Sesuai namanya, se'i atau daging asap ini biasanya terbuat dari daging sapi, Superfriends. Daging sapi ini diiris tipis secara memanjang. Selanjutnya, daging bakal taburi dengan garam dan siap untuk lanjut ke proses pengasapan.

Setelah itu, barulah se'i dimasak dengan cara digoreng atau ditumis dengan bunga pepaya. Gurih dari daging sapi ini bakal berpadu indah dengan tumisan pepaya di mulut, Superfriends!

Jagung Catemak

Kuliner Khas Flores, Salah Satu Kekayaan Cita Rasa Indonesia Timur

Image source: https://www.idntimes.com/

Hadirnya jagung memang dimaksudkan sebagai pengganti nasi, Superfriends. Jadi, jangan heran kalau makanan dari NTT kebanyakan olahan berbahan dasar jagung. Nggak cuma jagung bose dan jagung titi saja, tapi ada juga jagung catemak.

Jagung catemak ini merupakan makanan yang biasanya dihidangkan sebagai penutup dan terbuat dari jagung, kacang hijau, dan labu lilin. Sekilas jagung catemak memang mirip dengan kolak dengan cita rasa manisnya. 

Tapi nyatanya, kuliner khas Flores yang satu ini punya cita rasa asin dan gurih dan tentunya pas banget buat jadi penutup makanan utama, Superfriends!

Jagung Bose

Kuliner Khas Flores, Salah Satu Kekayaan Cita Rasa Indonesia Timur

Image source: https://www.grid.id/

Kuliner khas Flores berikutnya yaitu ada jagung bose nih, Superfriends. Dulu keberadaan beras di NTT memang terbilang masih sangat langka, maka orang Flores saat itu seringkali menjadikan jagung sebagai olahan makanan pokok pengganti beras.

Sampai sekarang, jagung bose sangat mudah ditemukan di rumah-rumah warga lokal, Superfriends. Menurut warga setempat, bose berarti melunakkan, dengan begitu jagung bose bisa diartikan sebagai sajian jagung yang teksturnya telah lunak.

Nah, jagung yang lunak ini adalah jagung putih masak yang campuran santan dan kacang merah hingga menjadi bubur. Jagung bose tersajikan biasanya ditemani dengan lauk seperti tahu bambu, sambal lu’at sampai daging asap, Superfriends.

Kolo

Kuliner Khas Flores, Salah Satu Kekayaan Cita Rasa Indonesia Timur

Image source: https://seindotravel.com/

Kuliner khas Flores selanjutnya yaitu ada Kolo yang biasa dimasak di dalam bambu nih, Superfriends. Dalam proses pembuatannya, beras dimasukan ke dalam bambu muda, lalu dicampur dengan bumbu-bumbu dan air.

Kemudian, makanan ini dibakar dan ditutup lubang atasnya dengan daun pisang. Biasanya, proses pembakaran memakan waktu sampai setengah jam. Kalau sudah matang, maka kolo akan dikeluarkan dari bambu dan biasanya menjadi sajian khas berbagai acara adat Flores, Superfriends.

Kue Rambut

Kuliner Khas Flores, Salah Satu Kekayaan Cita Rasa Indonesia Timur

Image source: https://desa-leuwohung.blogspot.com/

Terakhir, ada kue rambut yang bertekstur gurih dan renyah nih, Superfriends. Kuliner khas Flores yang satu ini gampang banget ditemui di pusat oleh-oleh setempat. Kue rambut sendiri terbuat dari tepung beras, nira, gula, garam, dan air.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Flores yang mencerminkan kekayaan cita rasa Indonesia Timur. Mana yang paling lo favoritkan, Superfriends? Kasih jawabannya di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://www.gotravelaindonesia.com/kuliner-khas-ntt/
https://www.idntimes.com/travel/destination/sinta/7-kuliner-khas-flores-yang-wajib-dicicipi-saat-liburan-1/7
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

2 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow enak tenan
Nasir Arsyad
Mantaap..bikin laper hehe..ty infox