Lebih Dekat dengan Gunung Cikuray, Habitat Babi Ganas

Hewan jenis babi ganas atau biasa disebut bagas memang menjadi salah satu teror yang sangat ditakutkan para pendaki di Gunung Cikuray, Superfriends. Selain babi ganas, ada juga hal lain yang wajib lo pahami sebelum mendaki gunung yang satu ini. Berikut ulasan selengkapnya!

Lebih Dekat dengan Gunung Cikuray, Habitat Babi Ganas

Indahnya hamparan awan putih yang bisa dilihat dari puncak gunung pasti bakal menghilangkan rasa lelah paska melewati jalur pendakian yang terjal. Pemandangan inilah yang bisa saja lo temui saat berhasil mencapai puncak Gunung Cikuray, Superfriends

Yup, gunung dengan ketinggian 2821 mdpl ini memang terkenal sering dihampiri pemandangan lautan awan yang sangat memikat. Nggak cuma itu, Gunung Cikuray juga punya penghuni  yang sangat terkenal dalam skena pendakian, lho.

Sebelum berangkat, mending simak dulu beberapa info tentang Gunung Cikuray, rumah babi ganas berikut ini, Superfriends!

Hubungan Gunung Cikuray dan Kerajaan Pajajaran

Lebih Dekat dengan Gunung Cikuray, Habitat Babi Ganas

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/Dai+Robby

Berdasarkan penuturan dari sebuah naskah kuno, ternyata Gunung Cikuray pada zaman dahulu adalah sebuah gerbang menuju Kerajaan Pajajaran lho, Superfriends. Informasi ini dibuktikan dengan informasi bahwa pada abad ke 17, lereng Gunung Cikuray menjadi tempat pemukiman bagi para pendeta dan menjadi pusat pembelajaran berbagai macam ilmu.

Jadi, Gunung Cikuray pada zaman dahulu kemungkinan besar menjadi sebuah pusat pembelajaran yang menghasilkan berbagai macam naskah-naskah kuno. Naskah-naskah kuno tersebut kemudian menjadi objek penelitian bagi ahli sejarah, Superfriends.

Cuaca Sangat Mempengaruhi Pendakian

Lebih Dekat dengan Gunung Cikuray, Habitat Babi Ganas

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/Ivan+Effendy

Setelah mempelajari sedikit sejarah terkait Gunung Cikuray, sekarang lo wajib tahu kalau gunung ini punya pemandangan perkebunan teh yang luas khas Jawa Barat. Tapi, kayak gunung-gunung lainnya, pemandangan di puncak gunung ini sangat bergantung pada kondisi cuaca, Superfriends.

Mendaki di musim kemarau memang punya peluang besar untuk mendapatkan pemandanan samudera di atas awan di Puncak Gunung Cikuray. Tapi risikonya, lo harus berjibaku dengan debu yang berterbangan di jalur pendakian, Superfriends.

Begitu pun sebaliknya, kalau lo berkunjung pada musim hujan maka jalanan yang akan lo lewati akan cenderung licin dan pastinya agak becek. Maka dari itu, selain menyiapkan fisik yang kuat, lo juga harus menyiapkan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan medan.

Jalur pendakiannya juga terbialng lumayan terjal, Superfriends. Jadi, tetap fokus dan konsentrasi saat mendaki gunung ini, ya!

Jalur Pendakian Gunung Cikuray

Lebih Dekat dengan Gunung Cikuray, Habitat Babi Ganas

Image source: https://www.garutadventure.com/

Selanjutnya, ada sedikit info terkait jalur pendakian Gunung Cikuray nih, Superfriends. Gunung di Jawa Barat yang satu ini bisa dibilang lumayan mudah diakses karena lumayan populer di kalangan para pendaki.

Lo bisa mengunjungi Gunung Cikuray ini dari arah Jakarta baik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kalau lo menggunakan kendaraan pribadi, lo bisa menitipkan kendaraan lo di sekitar Cilawu, lalu menyewa jasa ojek ataupun mobil carter menuju Gunung Cikuray yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam, Superfriends.

Babi Ganas Penghuni Gunung Cikuray

Bertemu dengan babi ganas memang menjadi cerita tersendiri para pendaki di Gunung Cikuray, Superfriends. Bahkan, beberapa diantaranya sempat terekam kamera ponsel dan menjadi viral di dunia maya, lho.

Kalau lo ketemu babi ganas di jalur pendakian, maka sebaiknya carilah pohon yang bisa dinaiki buat menghindar dari serangannya, Superfriends. Babi ganas bisa kapan saja datang ke camp area buat mencari makanan perbekalan dan sisa-sisanya.

Maka dari itu, sebaiknya jaga selalu kebersihan saat mendaki gunung ya, Superfriends. Kalau masih ada perbekalan yang belum dimakan, sebaiknya taruh di atas ranting pohon biar nggak bisa dijangkau oleh babi ganas.

Nah, itulah beberapa info pendakian Gunung Cikuray yang harus lo ketahui sebelum melakukan pendakian. Selamat berpetualang, Superfriends!

 

Referensi: https://www.bobobox.co.id/blog/fakta-gunung-cikuray/
https://regional.kompas.com/read/2021/03/09/161706178/cerita-bagas-si-bagong-ganas-gunung-cikuray-yang-kerap-goda-pendaki?page=all
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Amaziiing
Heni Oen
wah seru tuh dikejar babi ampe terbirit2 manjak pohon
DEVI TRI HANDOKO
Cuaca Sangat Mempengaruhi Pendakian
Nasir Arsyad
Kereen..ty infox
arief
tq infonya
wildan
tq infonya
Rull
Waaah selain ngepet ternyata gangs juga yah