Tips Booking Tiket Transportasi dan Akomodasi Biar Lebih Hemat

Ternyata, traveling juga bisa dilaksanakan dengan budget yang nggak banyak, lho. Asalkan lo paham tips booking tiket transportasi dan akomodasi biar lebih hemat saat traveling, tabungan lo pasti bakal aman kok, Superfriends!

Tips Booking Tiket Transportasi dan Akomodasi Biar Lebih Hemat

Transportasi dan akomodasi saat traveling memang seringkali menjadi hal yang sangat menguras tabungan, Superfriends. Maka dari itu, sebaiknya pengeluaran dua hal ini harus diatur sebaik-baiknya biar nggak ada kebocoran anggaran saat traveling.

Sebagai panduan, lo bisa simak beberapa tips booking tiket transport dan akomodasi biar lebih hemat saat traveling berikut ini, Superfriends!

Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Tips Booking Tiket Transportasi dan Akomodasi Biar Lebih Hemat

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/mtkang

Tips booking tiket transport dan akomodasi biar lebih hemat saat traveling yang pertama yaitu pesanlah tiket dari jauh-jauh hari, Superfriends. Sebab, dengan begini lo bisa memastikan ketersediaan dan pastinya leluasa memilih.

Jadi, lo bisa punya lebih banyak pilihan fasilitas dan harga saat memesan tiket jauh-jauh hari ketimbang memesannya secara mendadak, Superfriends.

Hindari High Season

Selanjutnya, hindarilah high season atau musim liburan demi mendapatkan harga spesial, Superfriends! Biasanya, harga penginapan lebih murah pada hari kerja. Lebih tepatnya, harga akomodasi di penginapan akan lebih murah pada Senin sampai Rabu. 

Mulai Kamis harga akomodasi biasanya cenderung merangkak naik. Sedangkan Jumat dan Sabtu bisa dibilang menjadi hari dengan harga yang paling mahal, Superfriends.

Setelah itu, harga biasanya bakal turun lagi pada hari Minggu. Begitu juga dengan tiket penerbangan, Superfriends. Meskipun nggak sama persis, tapi mirip-mirip lah, ya. Maka dari itu, sebaiknya hindarilah high season biar lebih hemat saat traveling!

Cari Alternatif Menginap Selain Hotel

Sulit dipungkiri, budget menginap di hotel memang terkadang terasa sangat kurang bersahabat buat dompet. Lo harus merogoh kocek agak dalam, demi mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang menawan.

Tapi, kalau lo nggak terlalu mementingkan hal tersebut, maka sebaiknya pertimbangkanlah untuk menginap di jenis penginapan lain seperti hostel, homestay, apartemen, dan guest house, Superfriends.

Lo pasti bakal mendapatkan tempat menginap dengan harga yang lebih miring. Bahkan, kalau menginap di hostel, lo bisa menambah kenalan baru dan berbagi cerita dengan sesama traveler lho, Superfriends.

Manfaatkan Mileage dan Point Rewards

Kalau lo yang sering bepergian dengan pesawat, pasti jumlah mileage penerbangannya bakal besar. Pantau terus mileage yang lo punya dan tukarkan dengan tiket penerbangan berikutnya, Superfriends.

Yup, kalaupun nggak bisa menutup seluruh biaya, seenggaknya lo bisa mendapatkan potongan harga alias diskon dari tiket pesawat. Hal yang sama juga bisa lo lakukan untuk point rewards dari kartu kredit yang lo punya, Superfriends. 

Cek lagi, hotel mana saja yang punya kerja sama dengan bank penerbit kartu kredit. Biasanya, mereka punya promo menginap yang bisa didapatkan dengan menukar point rewards. Lumayan banget kan, Superfriends?

Hapus Cookies dan History Browser

Ketika membeli tiket ataupun reservasi penginapan secara online, lo pasti selalu mengecek harganya berulang-ulang. Kalau sudah begini, maka sebaiknya langsung hapus cookies dan history browser biar harganya nggak melambung tinggi, Superfriends.

Pasalnya, pihak maskapai penerbangan biasanya bakal menaikkan harga tiket pesawat kalau lo terus-terusan mencari tiket pesawat buat tujuan yang sama. Selain itu, lo juga bisa mengakalinya dengan membuka incognito browser, Superfriends. 

Saat menggunakan mode incognito, jejak lo dalam mencari tiket pesawat online untuk destinasi yang sama di hari sebelumnya pun nggak bakal ketahuan oleh situs maskapai penerbangan!

Itulah beberapa tips booking tiket transport dan akomodasi dengan harga bersahabat buat traveling. Selamat berpetualang, Superfriends!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/travel/9-cara-pesan-transportasi-dan-akomodasi-murah-untuk-travellng-54135
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Nasir Arsyad
..ty infox
SRI YAYA ASTUTI
budget traveling
Rull
Niceee infoo