Mengenal Alleycat Bike Racing, Balapan Sepeda Ekstrem Tanpa Izin

Pernah dengar Alleycat Bike Racing? Balapan sepeda unik dan ekstrem ini konon dilakukan tanpa izin, Superfriends! Gimana ya serunya balapan sepeda ini? Langsung aja cari tau ulasan selengkapnya berikut ini!

Mengenal Alleycat Bike Racing, Balapan Sepeda Ekstrem Tanpa Izin

Kalau bicara soal balapan ekstrem, apa yang ada di pikiran lo, Superfriends? MotoGP dengan balapan motornya dan F1 dengan balapan mobilnya? Nyatanya, ada satu lagi balapan yang juga terbilang ekstrem, Superfriends. Bernama Alleycat Race atau Alleycat Bike Racing, ini merupakan balapan sepeda yang dilakukan di ramainya jalanan kota, dan konon tanpa izin, lho.

Alleycat Bike Racing adalah acara kecepatan penuh, pengumpulan checkpoint, dan menghindari mobil serta orang yang berlalu lalang di jalan raya yang ramai di beberapa pusat kota terbesar di dunia. Meski udah ada dalam skala kecil sejak akhir 80-an, tapi aksi balapan ini menjadi semakin terkenal karena film dokumenter mantan pembalap Alleycat Lucas Brunelle, Line of Sight.

Lantas, gimana sih keseruan dari aksi balapan ini? Dan kayak gimana aturannya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Asal Mula Alleycat Race

Mengenal Alleycat Bike Racing, Balapan Sepeda Ekstrem Tanpa Izin

Image source: https://www.slugmag.com/

Toronto menjadi tempat kelahiran ajang balap Alleycat, yang pertama kali dilakukan pada Oktober 1989. Ketika Alleycat pertama kali diadakan, para pesaing hanya terdiri dari kurir sepeda (bike messengers).

Tradisi ini tetap dijalankan sampai 1993, ketika kelompok pembalap terhubung dengan kurir sepeda lain dari seluruh dunia di Cycle Messengers World Championships (CMWC) perdana di Berlin.

CMWC sendiri menyediakan para penggemar yang dibutuhkan buat mengglobalisasikan olahraga ini. Sekarang, balapan Alleycat bisa ditemukan di seluruh dunia, mulai dari Amerika, Eropa, hingga Asia. Dan pesaingnya pun beragam, mulai dari kuris sepeda profesional hingga pengendara sepeda urban.

Jenis Balapan

Balapan ini pun kerap dilakukan sebagai acara perayaan ataupun perlombaan tantangan yang lebih fokus buat mencari pemenang. Berikut ini ada beberapa jenis balapan Alleycat yang dikenal.

Checkpoint: Seorang pembalap dalam lomba checkpoint bakal diberikan tujuan checkpoint pertamanya pada awal kompetisi. Begitu ia tiba di titik itu, ia bakal diberikan tujuan keduanya, dan begitu seterusnya, seperti kurir sepeda yang melakukan pengiriman. Siapapun yang pertama menyelesaikan semua checkpoint, maka dinyatakan menang. Pembalap pun bebas menggunakan rute apa aja.

Task Checkpoint: ada satu elemen yang membedakan task checkpoint dengan checkpoint yang biasa. Di setiap checkpoint, pengendara harus melakukan tugas sebelum diberikan lokasi checkpoint berikutnya. Tugas itu bisa berupa fisik (berlari menaiki tangga, melakukan push-up) atau mental (contohnya menjawab hal-hal sepele).

Checkpoints Up Front: pengendara bakal menerima daftar checkpoint lengkap sekitar 30 menit sebelum balapan dimulai dan bisa merencanakan rute mereka sendiri.

Point Collection: pengendara bakal diberikan daftar checkpoint dan diberitahu sebelum balapan bahwa setiap checkpoint bernilai sejumlah poin tertentu. Peluang yang jelas buat penentuan prioritas ini bisa menentukan strategi pengendara yang dibatasi waktu.

Kompetisi

Dalam kompetisi Alleycat Bike Racing, siapapun yang berminat dan berani buat menantang diri bisa membayar sedikit biaya pendaftaran dan berkesempatan buat memenangkan hadiahnya. Terkadang, suku cadang sepeda dan uang tunai menjadi hadiahnya.

Meski biasanya pemerintah kota harus waspada sama bahaya balapan Alleycat, tapi penyelenggara acara biasanya bakal menempatkan tanggung jawab pada individu. Walaupun balapan ini tanpa izin resmi, tapi pengendara harus tetap mematuhi lalu lintas dan selalu berhati-hati.

The North American Cycle Courier Championships, mungkin menjadi acara Alleycat yang paling terlihat secara nasional. Tapi ada satu acara yang lebih punya tujuan, yaitu dari Brooklyn Bridge Battle hingga Global Warming Alleycat yang bertema amal dan diadakan secara bersamaan di seluruh dunia.

Nah, itulah tentang balapan sepeda Alleycat, yang cukup ekstrem karena dilakukan di jalan raya yang ramai. Kalau lo penasaran pengen cobain Alleycat Race ini, jangan lupa untuk selalu berhati-hati, Superfriends!

 

Source: https://adventuretribes.com/what-is-alleycat-bike-racing/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Nasir Arsyad
Ty infox
Sumardiyono
Tanks infonya
Agung Sutrisno
Race ini sangat dikenal bagi pecinta sepeda balap
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Mantappp
Agus Sungkawa
Knpa tidk ijin ya
Rull
Beeeh kereeen juga nih