Mengintip Lokasi Scuba Diving di Filipina yang Patut Lo Coba!

Negara Filipina dikenal sebagai salah satu tujuan menyelam terbaik di dunia, buat lo yang hobi diving wajib banget kesini. Ada beberapa lokasi yang terkenal keren banget pemandangan bawah lautnya. Dimana saja ya Superfriends?

Mengintip Lokasi Scuba Diving di Filipina yang Patut Lo Coba!

Scuba diving jadi primadona buat para pecinta olahraga air, lo bisa melihat keanekaragaman hewan laut yang eksotis, kehidupan akuatik, dan pemandangan bawah laut. Walaupun di Indonesia sudah banyak lokasi scuba diving buat para penyelam, nggak ada salahnya lo coba menyelam di negara tetangga seperti Filipina.

Apalagi negara ini dianggap sebagai sebagai salah satu tujuan menyelam terbaik di dunia. Waktu terbaik untuk scuba diving adalah dari bulan Maret hingga Juni, karena langit cerah, suhu hangat, laut tenang, hingga visibilitas bawah air yang baik. Diantara banyaknya tempat scuba diving, ada lokasi yang wajib lo kunjungi.

Coron Bay

Mengintip Lokasi Scuba Diving di Filipina yang Patut Lo Coba!

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/photosounds

Dianggap menawarkan salah satu pengalaman menyelam dengan melihat bangkai kapal terbaik di dunia. Ada beberapa bangkai kapal yang bisa lo lihat dari dekat dan lokasinya berdekatan. Lo pasti bertanya-tanya dari mana kapal ini berasal, sebenarnya kapal ini adalah bekas Perang Dunia II milik Jepang. Inilah alasan sangat diminati oleh para pecinta scuba diving.

Sebagian besar bangkai kapal masih utuh dan dapat dijelajahi dengan mudah. Salah satu kapal yang paling terkenal adalah Okikawa Maru, sebuah kapal tanker 160m. Disini lo bisa sambil mendengarkan penjelasan dari tour guide tentang kapal tersebut. Tapi hati-hati Superfriend dengan jarak pandangnya yang sedikit rendah, karena aliran plankton.

Selain itu, lo perlu berhati-hati pada makhluk laut yang tersembunyi di bangkai kapal. Tapi tenang aja menyelam disini masih aman buat lo yang masih pemula karena tingkat kesulitan rendah. Titik scuba diving paling favorit yang bisa lo kunjungi disini, yaitu Lusong Gunboat Shipwreck, Irako Maru, dan Skeleton Wreck.

Tubbataha Reef

Mengintip Lokasi Scuba Diving di Filipina yang Patut Lo Coba!

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/Joel+Larsson

Dikenal juga sebagai Taman Alam Terumbu Tubbataha termasuk situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Selain itu, menjadi salah satu tempat scuba diving paling terpencil di Filipina. Oleh karena itu, perairannya sangat tenang dengan terumbu karang dan kehidupan laut yang beragam. Terletak di pusat Laut di dekat Palawan dengan sistem terumbu karang seluas 97.030 hektar.

Dilengkapi 600 spesies ikan dan 260 spesies karang. Namun hal yang paling menarik disini adalah Amos Rock, dinding berlapis gorgonian yang ditutupi oleh karang. Tingkat kesulitan di kawasan ini menengah, lo juga perlu berhati-hati dengan hiu karang dan kumpulan besar ikan karang.

Donsol

Mengintip Lokasi Scuba Diving di Filipina yang Patut Lo Coba!

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/whitcomberd

Salah satu rute migrasi utama lautan dan merupakan tempat bagi kehidupan yang langka nan eksotis. Perairan yang nggak tersentuh ini akan membuat pengalaman scuba diving lo nggak terlupakan. Punya arus ringan mengalir dengan menawarkan kehidupan air yang beragam.

Ada yang membuat Donsol menarik di mata penyelam, yaitu Pari Manta dan Hiu Paus. Namun saat bertemu dengan dua binatang laut ini sebaiknya nggak terlalu dekat dan tetap hati-hati.  Sama seperti di Tubbataha Reef, kesulitan disini juga menengah.

 

Source: https://www.holidify.com/pages/scuba-diving-in-philippines-5957.html
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Amaziiing
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Mantappppp
Ivan harnawan
Keindahan alam bawah laut indonesia memang memukau
arief
nice tq infonya
wildan
kereeen masih alami keindahan bawha lautnya
Rull
Asiiik mantaaap