Cara Merawat Gear Diving Biar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Memiliki alat diving pribadi bisa dibilang lumayan penting di masa pandemi kayak gini, Superfriends. Sebab, dengan begini lo bisa memastikan dan merawat kebersihannya. Tapi, lo sudah tahu belum bagaimana cara merawat gear diving biar bisa awet dan terjaga kualitasnya? Yuk, simak tips lengkapnya berikut ini!

Cara Merawat Gear Diving Biar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Scuba diving adalah kegiatan menyelam dengan menggunakan alat bantu pernapasan menggunakan udara dari tabung udara. Baik pemula atau yang sudah ahli, lo wajib menggunakan peralatan yang sesuai standar demi keamanan dan keselamatan diri lo sendiri, Superfriends.

Kalau udah punya alatnya, berarti lo juga wajib tahu cara merawatnya biar bisa dipakai berpetualang selama mungkin. Maka dari itu, lo bisa simak beberapa cara merawat gear diving biar bisa awet dan terjaga kualitasnya berikut ini, Superfriends!

Usahakan Tetap Bersih, Terutama Sehabis Digunakan

Cara Merawat Gear Diving Biar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Image source: https://www.scubadiving.com/ 

Cara merawat gear diving biar bisa awet dan terjaga kualitasnya yang pertama yaitu usahakan tetap bersih terutama sehabis digunakan, Superfriends. Caranya gampang, lo bisa mulai dengan membilas seluruh peralatan menggunakan air bersih.

Buat membersihkan wetsuit, lo bisa merendamnya menggunakan baking soda selama 30 menit. Setelah itu, keringkan dengan meletakkan alat-alat tersebut di tempat yang sejuk. Hindari menjemur peralatan diving di bawah sinar matahari langsung ya, Superfriends.

Pastikan Regulator Scuba Berfungsi dengan Baik

Cara Merawat Gear Diving Biar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Image source: https://www.scubadivermag.com/ 

Selanjutnya, pastikan regulator berfungsi dengan baik, Superfriends. Regulator scuba adalah perangkat selang yang menyalurkan udara dari tabung selam ke organ pernapasan penyelam.

Alat tentu penting banget, sehingga lo wajib selalu mengecek fungsinya, Superfriends. Sebaiknya, lakukan uji regulator tepat setelah lo naik ke kapal. Caranya, yaitu dengan merendam regulator beberapa menit ke dalam air tawar yang bersih.

Kemudian nyalakan tekanan sistem. Bersihkan berbagai kotoran yang ada. Biar regulator tetap berfungsi baik, pastikan nggak ada air yang masuk ke bagian first stage. Setelah regulator bersih, lo bisa keringkan dan simpan di tempat yang aman.

Simpan regulator dalam tas khusus biar terhindar dari kotoran, debu, dan binatang kecil masuk. Sebaiknya, servis regulator secara berkala, minimal setahun sekali biar bisa tetap berfungsi dengan baik, Superfriends.

Cek Fungsi BCD, Terutama Sebelum dan Setelah Menyelam

Cara merawat gear diving biar bisa awet dan terjaga kualitasnya yang selanjutnya yaitu  cek fungsi Buoyancy Control Device (BCD), terutama sebelum dan setelah menyelam, Superfriends. 

Sama kayak regulator, BCD sebaiknya direndam dengan air tawar bersih setelah digunakan. Lo perlu menekan tombol inflate dan deflate buat membersihkan garam laut dan pasir yang terperangkap di bagian dalam BCD.

Setelah itu, kembangkan jaket dengan cara ditiup, dan saat masih berada di bawah air, tarik semua katup pembuangan untuk melepaskan kotoran yang masih terjebak di bagian tersebut. Bersihkan juga bagian dalam kantong ya, Superfriends. Pasalnya, air garam bisa saja masuk ke bagian ini ketika BCD dikempeskan saat menyelam.

Gantung BCD pada gantungan yang cukup kuat dan tarik tuas pembuangan paling bawah untuk mengeluarkan seluruh air yang tersisa. Ulangi proses ini sampai air benar-benar habis. Setelah itu, pompa sedikit lalu simpanlah di tempat yang aman, Superfriends.

Maintenance Silinder Biar Nggak Bocor

Satu lagi, maintenance silinder diving biar nggak bocor, Superfriends. Yup, komponen ini memang wajib dirawat secara khusus dan teliti. Biar nggak terjadi kebocoran, jangan pernah membiarkan silinder kosong tanpa gas. 

Setelah digunakan, bilas silinder menggunakan air mengalir. Bersihkan area katup dengan teliti dan lepaskan sepatu tabung secara berkala untuk mencegah penumpukan garam dan kotoran lain. Keringkan kalau sudah selesai, lalu dengan baik, Superfriends.

Lo juga wajib melakukan uji hidrostatis setiap 5 tahun sekali dan cek berkala 1 tahun sekali. Dengan begini, kualitas silinder bisa lebih terjaga dan tentunya juga bisa panjang umurnya, Superfriends!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/sports/5-tips-merawat-peralatan-diving-agar-tahan-lama-88411
Gear Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Amaziiing
Ivan harnawan
Nice info. . .buat pecinta diving
SRI YAYA ASTUTI
harus dirawat selalu
Rull
Kereen infonya
Karlina
Mantapppp
Karlina
Manatappp