JUL 22, 2016

Matterhorn Cuma Buat yang Gokil Aja


Eropa ga hanya terkenal dengan sepakbolanya aja. Ada banyak gunung yang bisa Bro coba taklukkan disini. Ini tempat yang pas buat Lo yang hobi mendaki. Kali ini, salah satu gunung yang bisa bikin Bro puas adalah Matterhorn. Letaknya di Perancis dan termasuk dalam pegunungan Alpen. Yang menarik dan tentu saja mendebarkan, gunung ini termasuk tantangan ekstrim yang bisa Lo coba.

Tantangan pertama adalah jalurnya. Jarang banget ada jalur yang enak dan landai kayak di gunung-gunung lainnya. Lo sebagian besar pasti akan melihat tebing curam hampir 90 derajat yang harus Bro lalui buat sampai ke puncak. Bahkan di base peristirahatan dan buat aklimatisasi juga, seremnya minta ampun. Kayak yang ada di Solvay Hut. Letaknya dekat tebing dan kalo Lo keluar ke balkon, dan liat ke bawah, tingginya minta ampun dengan suduh hampir 90 derajat. Jatuh langsung deh, almarhum Bro.

Tantangan lainnya adalah salju. Ini yang ga enak. Meski kalian pergi pas musim panas, ada kemungkinan salju masih tersisa. Kalo gini, Lo harus benar-benar mendaki sesuai jadwal. Kalo ga, Bro bisa kesulitan dan terjebak, pas salju mencair karena panas. Salju ini juga bikin Lo harus waspada. Pas cuaca dingin membentuk es di lereng yang Lo harus daki, ini akan membuat kesulitan mendaki Bro menjadi berkali-kali lipat beratnya. Kepleset dikit disini, langsung fatal.

Perlu Bro sekalian tahu, gunung ini sudah memakan lebih dari 500 korban sejak 1865. Jadi, kemungkinan terjadinya kematian disini lumayan besar. Ditambah lagi, orang yang berhasil sampai puncak bisa dibilang ga terlalu banyak. Setidaknya, dari 10 orang yang mendaki, yang berhasil kurang dari itu atau bahkan tidak ada sama sekali. Dan, ga hanya sampai disitu. Masalah juga bisa datang, habis Bro sampai puncak alias pas turunnya. Banyak pendaki yang terjebak dan terpaksa meminta bantuan tim penyelamat. Sebenarnya, ada cara untuk mengurangi resiko masalah ini. Lo bisa nyewa pemandu, bahkan harus menyewa mereka. Jangan hanya karena Bro pengalaman mendaki gunung lain dan meremehkan Matterhorn. Yang jelas, gunung ekstrim buat Lo taklukan.

 
Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!