Tips Praktis Mengelola Keuangan Buat yang Baru Merintis Bisnis!

Tips praktis mengelola keuangan memang penting banget, Superfriends, apalagi kalau lo baru merintis bisnis. Pasalnya, apapun bidang yang sedang digeluti hal ini bakal menentukan sukses atau nggaknya bisnis lo di kemudian hari. Berikut ulasan selengkapnya!

Tips Praktis Mengelola Keuangan Buat yang Baru Merintis Bisnis!

Menjalani bisnis dalam bidang apapun pasti membutuhkan tata kelola keuangan yang baik. Walaupun bisnis yang lo jalani belum terbilang besar, lo tetap wajib mengelola keuangan dengan baik dan tepat, Superfriends.

Tujuannya, biar arus kas nggak defisit alias jumlah pengeluaran melebihi pendapatan. Maka dari itu, sebaiknya simak sampai habis tips praktis mengelola keuangan buat yang baru merintis bisnis berikut ini, Superfriends!

Bikin Catatan Buku Kas

Tips Praktis Mengelola Keuangan Buat yang Baru Merintis Bisnis!

Image source: https://www.daya.id/    

Tips praktis mengelola keuangan yang pertama yaitu bikin catatan buku kas bisnis lo, Superfriends. Tujuannya, biar semua transaksi keuangan yang keluar-masuk bisa dipantau dengan baik. 

Pencatatan juga bisa mengurangi risiko adanya pengeluaran yang nggak wajar, lho. Sekecil apa pun skala dari bisnis yang lo jalankan, seenggaknya sediakan sebuah buku kas ini, Superfriends. 

Buku kas ini digunakan untuk mencatat uang yang keluar dan masuk yang disertai dengan bukti. Catatan keuangan juga nggak cuma terbatas pada kas masuk dan keluar. Utang dan piutang pun wajib dicatat. Pasalnya, ini menyangkut aset bisnis yang lo rintis, Superfriends.

Catatan di dalam buku catatan keuangan juga harus dibuat secara rinci dan teratur supaya lebih mudah dibaca dan dipahami. Lo bisa urutkan pencatatan berdasarkan tanggal dan waktu transaksi, Superfriends.

Jangan Tunda Bayar Tagihan

Tips Praktis Mengelola Keuangan Buat yang Baru Merintis Bisnis!

Image source: https://ppmiblog.wordpress.com/

Selanjutnya, usahakan selalu bayar tagihan tepat waktu ya, Superfriends. Jangan sampai telat, karena lo bisa saja bakal terkena sanksi berupa denda yang tentunya bakal menambah pengeluaran.

Sadar atau nggak, banyaknya utang yang harus dibayar maka akan menambah beban untuk lo dan membuat nggak tenang. Jadi, selalu usahakan bayar tagihan tepat waktu ya, Superfriends! 

Pisahkan Uang Pribadi dan Usaha

Tips Praktis Mengelola Keuangan Buat yang Baru Merintis Bisnis!

Image source: https://www.finansialku.com/   

Banyak yang menganggap remeh hal ini, padahal ini adalah hal mendasar dalam mengatur keuangan adalah memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Lo harus memisahkan uang, mana yang untuk anggaran pribadi dan mana yang untuk anggaran bisnis, Superfriends.

Kalau nggak, tanpa disadari lo bisa saja secara sengaja atau sebaliknya menggunakan modal bisnis lo untuk keperluan pribadi. Dampaknya, lo pasti bakal kekurangan modal atau defisit buat mengembangkan bisnis lo, Superfriends.

Bikin Rencana Anggaran dengan Matang

Tips praktis mengelola keuangan selanjutnya yaitu bikin rencana anggaran dengan matang, Superfriends. Penting banget nih, karena setiap kebijakan bisnis yang dijalani pasti berawal dari perencanaan anggaran yang matang.

Kalau punya banyak modal, maka sebaiknya jangan terlalu menghambur-hamburkannya, Superfriends. Tapi, kalau sebaliknya, aturlah sebijak mungkin dimulai dari pengeluaran yang bersifat mendesak atau darurat.

Siapkan Budget Buat Situasi Darurat

Masa depan memang sulit banget buat ditebak, Superfriends. Hal-hal buruk bisa saja terjadi. Contohnya bencana alam, pandemi virus atau pendapatan terus menurun karena munculnya pesaing baru. 

Hal-hal kayak gini tentu bakal membuat bisnis lo jadi terancam, Superfriends. Maka dari itu, lo wajib menyiapkan dana cadangan atau darurat untuk mengantisipasi masa-masa sulit. Dana darurat ini sebaiknya disiapkan sejak awal sebelum memulai usaha. 

Disamping itu, lo juga harus menggunakan dana ini dengan bijak, Superfriends. Sebaiknya, jangan gunakan budget darurat di situasi yang masih bisa dikendalikan.  Tapi, kalau lo sudah mengalami kerugian dan mau membuat program baru yang membutuhkan dana segar, mencairkan budget darurat tentu bisa jadi pilihan tepat.

Nah, itulah beberapa tips praktis mengelola keuangan buat yang baru merintis bisnis. Selamat mencoba, Superfriends!

 

Referensi: https://bukuwarung.com/tips-mengelola-keuangan-usaha-kecil/
https://koinworks.com/blog/bisnis-usaha-kecil/
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Ilmu yang bermanfaat dalam mengelola keuangan
DEVI TRI HANDOKO
kelola keuangan dengan benar
Sumardiyono
mantap infonya
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat