5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Bertualang ke Wakatobi

Wakatobi memang menarik banget buat dikunjungi. Apalagi, kalau lo suka dengan aktivitas wisata bahari, fix destinasi ini cocok banget buat lo, Superfriends. Disamping itu, lo juga wajib pahami beberapa hal sebelum tancap gas ke Wakatobi, nih. Berikut ulasan selengkapnya!

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Bertualang ke Wakatobi

Nusantara menjadi negara kepulauan yang sangat kaya akan potensi alamnya, Superfriends. Jajaran pulau-pulau dengan pemandangan alam bawah laut yang menawan tentu bakal menarik banget buat dijelajahi.

Kalau lo anak pantai banget, berarti lo wajib banget mampir ke Wakatobi, Superfriends. Tempat ini bahkan mendapat julukan "Caribbean Van Celebes" karena punya pesona yang luar biasa, lho.

Sebagai referensi, sebaiknya pahami dulu beberapa hal sebelum tancap gas ke Wakatobi berikut ini, Superfriends!

Sekilas Tentang Wakatobi

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Bertualang ke Wakatobi

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/fbxx

Apa yang terlintas dalam benak lo saat mendengar Wakatobi, Superfriends. Sekilas, namanya memang agak mirip kayak nama jepang sih, tapi daerah ini benar ada di Indonesia kok, tepatnya di Sulawesi Tenggara.

Sebenarnya, nama Wakatobi berasal dari akronim suku kata terdepan empat pulau utama di kepulauan ini Superfriends, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Meski terdiri dari suku kata terdepan pulau utama, bukan berarti nggak ada pulau selain empat pulau ini.

Beberapa pulau lain diantaranya ada Anano, Tokobao, Lintea Utara, Lintea Selatan, Kampenaune, Hoga, Tolondano, dan masih banyak lagi pulau lainnya Menariknya lagi, masing-masing pulau mempunyai pesonanya sendiri, lho.

Pulau Anano, di pantainya mempunyai penangkaran penyu dan menjadi spot penyu menetaskan telur. Selain itu, di pulau Kaledupa juga ada danau Sombano yang menjadi habitat pohon bakau, pandan, dan anggrek.

Nggak cuma itu, di Tomia juga punya Puncak Kahyangan. Di tempat ini lo bisa menikmati sunrise paling apik di Wakatobi, Superfriends!

Kawasan Taman Nasional Laut Nusantara

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Bertualang ke Wakatobi

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/sahabatransel

Sejak tahun 2002, wilayah yang mempunyai luas 1,39 juta hektar ini sudah diresmikan menjadi Taman Nasional. Wakatobi juga menjadi prioritas nasional tertinggi dalam konservasi laut. Hal ini disebabkan tempat ini menyimpan keanekaragaman hayati laut yang sangat mempesona.

Tentunya ini membuat lo wajib melindungi tempat ini kalau pergi ke sana. Dengan pesonanya yang sangat indah, lo sangat dilarang untuk merusak ekosistem dan keindahan tempat ini. Jadi jangan buang sampah sembarangan dan merusak terumbu karang di sini, ya!

Punya 50 Titik Penyelaman

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Bertualang ke Wakatobi

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/Danita+Delimont

Belum selesai lo pusing memikirkan keindahan alam bawah laut dan keragaman biota laut di Wakatobi, lo akan dipusingkan dalam memilih tempat titik penyelaman di Wakatobi. Pasalnya, kepulauan ini mempunyai lebih dari 50 titik penyelaman yang bisa lo jelajahi.

Tapi lo nggak perlu bingung, seluruh titik penyelaman Wakatobi menyajikan pemandangan yang sempurna. Bahkan konon, Jacques Cousteau, sutradara sekaligus salah satu pendiri asosiasi penyelam dari Perancis, mengagumi keindahan alam bawah laut Wakatobi!

Kekayaan Hayati yang Sangat Langka

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Bertualang ke Wakatobi

Image source: https://travel.okezone.com/

Dalam wisata bahari, salah satu ujung tombaknya adalah atraksi pemandangan terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam. Wakatobi, adalah salah satu yang memiliki keberagaman dari hayati laut tersebut. Nggak main-main, di sini adalah habitat dari 750 spesies terumbu karang dari total 850 spesies yang eksis di Bumi.

Selain itu, spesies biota laut yang ada di sini juga mencapai 942 jenis. Kalau lo berniat datang ke sini, lo nggak perlu takut lagi nggak bisa menikmati keindahan alam bawah laut, keberagamannya pasti bakal bikin lo terpesona, Superfriends!

Nah, itulah beberapa hal yang harus lo pahami sebelum tancap gas ke Wakatobi. Semoga bisa membantu ya, Superfriends. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/travel/7-fakta-yang-harus-kamu-ketahui-sebelum-ke-wakatobi-91912
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Tanks Infonya
Ivan harnawan
Surganya Indonesia. . .wonderful indonesia
DEVI TRI HANDOKO
Kawasan Taman Nasional Laut Nusantara
Karlina
Nice info
arief
terimaksih infonya
wildan
terimaksih infonya
Rull
Wakatobi kampung komedian rahim laode