Pulau Tikus, Destinasi Tersembunyi di Bengkulu yang Bikin Jatuh Hati

Namanya memang terasa kurang estetik di telinga, tapi pulau ini punya pesona alam yang super menakjubkan. Kalau lo cari tempat indah yang agak tersembunyi dari ramainya kota, Pulau Tikus di Bengkulu bisa banget lo jadikan referensi nih, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Pulau Tikus, Destinasi Tersembunyi di Bengkulu yang Bikin Jatuh Hati

Bengkulu memang menjadi tempat yang menarik banget buat dikunjungi saat berada di Pulau Sumatera, Superfriends. Provinsi ini juga punya julukan Bumi Rafflesia karena banyak ditemukan bunga bangkai alias Rafflesia Arnoldi, salah satu spesies bunga terbesar di dunia yang sangat langka.

Selain itu, Bengkulu juga punya pulau indah yang nggak terlalu jauh dari pusat kota nih, Superfriends. Meskipun begitu, tempat ini masih sangat asri dan tentunya jadi tempat yang asyik buat para pencinta wisata bahari.

Biar lo makin tertarik, sebaiknya simak lengkap informasi terkait Pulau Tikus, destinasi tersembunyi di Bengkulu yang bikin jatuh hati berikut ini, Superfriends!

Pulau Kecil Tanpa Penghuni

Pulau Tikus, Destinasi Tersembunyi di Bengkulu yang Bikin Jatuh Hati

Image source: https://www.scout.id/

Lo pasti bakal disambut dengan laut yang jernih dan pasir putih saat pertama datang ke Pulau Tikus, Superfriends. Pasirnya memang gak halus, tapi lo bisa menjumpai serpihan batu-batu karang di atasnya.

Pulau ini juga punya mercusuar rangka besi yang tingginya diperkirakan mencapai 40 meter. Sayangnya, saat ini luas Pulau Tikus Bengkulu dikabarkan cuma tinggal setengah hektar saja dari luas yang semula dua hektar karena abrasi, Superfriends.

Mercusuar ini pun sudah lebih dari dua kali dipindahkan dari tempat semula buat mengantisipasi ganasnya gelombang abrasi dan naiknya permukaan air laut. Semoga pulau ini bisa tetap terus bertahan ya, Superfriends.

Wisata Bahari di Pulau Tikus, Bengkulu

Pulau Tikus, Destinasi Tersembunyi di Bengkulu yang Bikin Jatuh Hati

Image source: https://www.harianpijar.com/

Berfoto di bibir pantai Pulau Tikus tentu jadi agenda utama yang otomatis nggak boleh dilewatkan, Superfriends. Setelah itu, lo bisa langsung mencoba snorkeling atau diving biar lebih dekat dengan pesona biota bawah laut di perairan sekitar Pulau Tikus.

Setelah puas snorkeling atau diving, lo bisa istirahat sejenak dengan memasang hammock buat rebahan di bawah pohon nyiur atau piknik santai dengan menggelar alas yang lo punya, Superfriends.Tapi jangan lupa bawa bekal sebelum berangkat ke sini ya, karena di pulau ini lo nggak bakal menemukan warung atau penjaja makanan.

Bisa Camping di Pulau Tikus

Pulau Tikus, Destinasi Tersembunyi di Bengkulu yang Bikin Jatuh Hati

Image source: https://www.idntimes.com/

Pulau Tikus memang bisa dieksplor ala one day trip. Namun, gak ada ruginya jika lo menyempatkan bermalam di pulau ini agar lebih puas menikmati setiap sudutnya. Dengan menginap semalam, lo bakal punya kesempatan menyaksikan sunset dan sunrise.

Hanya saja, karena Pulau Tikus bukanlah pulau berpenghuni, lo gak bakal menemukan penginapan atau homestay untuk bermalam. Satu-satunya bangunan permanen hanyalah rumah yang digunakan oleh penjaga menara suar.

Lantas, gimana solusinya buat wisatawan yang ingin menginap? Tentu saja dengan cara camping alias membawa tenda dan perlengkapannya dari daratan Sumatra. Pastikan lo sudah menginfokan kepada penjaga menara suar jika lo berniat camping, ya.

Akses Menuju Pulau Tikus

Pulau Tikus, Destinasi Tersembunyi di Bengkulu yang Bikin Jatuh Hati

Image source: https://wisatasumatera.com/

Satu lagi, penting banget nih kalau lo benar-benar berminat traveling ke pulau ini, Superfriends. Pulau Tikus, Bengkulu posisinya berada sekitar 10 kilometer dari Pulau Sumatera. 

Maka dari itu, lo harus menggunakan perahu motor milik nelayan atau menaiki speedboat agar bisa sampai ke pulau ini, Superfriends. Kalau naik perahu motor, durasi penyeberangan menempuh waktu sekitar 30-45 menit, tergantung pada kondisi angin dan arus laut. Tarifnya sekitar Rp 100-150 ribu per orang buat perjalanan pulang-pergi, Superfriends

Nah, itulah beberapa informasi terkait Pulau Tikus, destinasi tersembunyi di Bengkulu yang bikin jatuh hati. Semoga bermanfaat ya, Superfriends. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/destination/intan-deviana-safitri/pulau-tikus-hidden-gem-bengkulu-c1c2/5
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Hengky  kik
indonesia kaya akan pesona keindahan alamnya
Agus Sungkawa
Tersembunyi namun menakjubkan pemandangan alamnya
arief
terimaksih infonya
wildan
keren tempatnya, tq
Rull
Asiiik nice info min