Madu Ternyata Punya Manfaat Buat Kesehatan Para Pendaki

Punya tekstur kental dan rasa yang manis, madu ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan para pendaki gunung lho, Superfriends. Penasaran manfaat apa aja? Cari tau selengkapnya berikut ini!

Madu Ternyata Punya Manfaat Buat Kesehatan Para Pendaki

Siapa sih yang nggak pernah makan madu? Pasti lo udah pernah kan cobain makanan manis satu ini, Superfriends? Madu yang merupakan zat makanan manis dan kental ini dibuat oleh lebah madu dan beberapa serangga terkait, seperti lebah tanpa sengat.

Madu sendiri bisa dimakan dalam kondisi apapun, bahkan buat dibawa camping atau kegiatan alam bebas sekalipun. Malah sebelum mendaki gunung, madu menjadi salah satu makanan yang selalu ada, apalagi untuk menghadapi kondisi survival. Madu juga praktis buat dibawa saat bertualang di alam bebas, mulai dari yang kemasan botol atau yang dalam bentuk sachet.

Eh tapi, lo tau nggak sih kalau makanan manis ini ternyata punya manfaat buat kesehatan khususnya para pendaki gunung? Nyatanya, selain bermanfaat buat dikonsumsi, madu juga bermanfaat buat obat luar sebagai perlengkapan first aid kit, lho.

Buat lo yang belum tau, simak nih beberapa manfaat madu yang perlu diketahui para pendaki gunung.

Madu sebagai Sumber Energi Lengkap

Madu Ternyata Punya Manfaat Buat Kesehatan Para Pendaki

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/miamama

Madu seringkali dibawa sama para pendaki sebagai salah satu bahan makanan yang bisa menambah energi. Lo juga sering bawa madu, Superfriends?

Well, madu emang merupakan sumber energi alami yang sangat baik buat tubuh. Hal ini karena madu mengandung banyak karbohidrat, jadi banyak pendaki yang membawanya sebagai bekal ketika summit attack.

Madu Bisa Meredakan Beberapa Penyakit

Madu Ternyata Punya Manfaat Buat Kesehatan Para Pendaki

Image source: https://www.travellinkinfo.com/ 

Kalau saat mendaki gunung lo merasakan nggak nyaman pada tenggorokan dan batuk, lo bisa meredakannya dengan madu, Superfriends. Madu bermanfaat buat meredakan radang tenggorokan dan batuk, yang bisa membersihkan dahak di kanal pernapasan dan berguna sebagai disinfektan ringan yang membantu meredakan radang tenggorokan.

Nah, dengan mengonsumsi madu, lo bisa mendapat manfaat tersebut. Selain itu, kalau lo susah tidur saat camping di alam bebas, lo juga bisa mengonsumsi madu supaya bisa tidur nyenyak. Minumlah madu 15 menit sebelum tidur.

Madu sebagai Obat Luar

Nggak hanya buat dikonsumsi, manfaat madu juga bisa dirasakan saat dijadikan obat luar, Superfriends. Kalau saat mendaki gunung lo nggak sengaja terluka, lo bisa menggunakan madu sebagai penyembuhan luka luar seperti kulit sobek, luka bakar, lecet, dan sebagainya. Madu bisa mengobati bisul dan menghambat perkembangan bisul pada luka.

Hal ini karena madu bisa menyerap air penyebab bisul pada luka dan membantu tubuh buat membentuk jaringan yang baru. Kalau lo terluka, lo bisa mengoleskan madu murni sampai 3 kali sehari buat membantu penyembuhan.

Selain buat menyembuhkan luka, madu juga bisa lo gunakan untuk melembapkan bibir dan mengatasi bibir pecah-pecah ketika bibir terasa kering, Superfriends.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang bisa lo dapatkan untuk kesehatan saat mengonsumsi madu dan berguna ketika beraktivitas di alam bebas. Nggak heran deh kalau madu selalu dibawa buat mendaki gunung. Lo sendiri suka bawa madu juga nggak, Superfriends?

 

Source: https://www.travellinkinfo.com/2019/09/manfaat-madu-bagi-para-pendaki-gunung.html
In Depth Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice infoo
SRI YAYA ASTUTI
BISA JUGA UNTUK OBAT
Ivan harnawan
Banyak sekali manfaatnya
Sumardiyono
Tanks infonya
Karlina
Mantapppp
teddy yunanda
Apalagi madu hutan
Hengky  kik
artikel yang sangat bermanfaat bagi kita semua
Agus Sungkawa
Bagus untuk kesehatan
Agung Sutrisno
Banyak manfaatnya
Sukamto
Tapi jangan sampe bawa pulang madu ya