Ada Langkah-langkah Menghadapi Situasi Survival, Seperti Apa?

Situasi survival yang harus dihadapi pas lagi bertualang emang nggak bisa ditebak. Dan ternyata ada langkah-langkahnya juga lho, Superfriends. Seperti apa sih? Langsung aja cari tau selengkapnya berikut ini!

Ada Langkah-langkah Menghadapi Situasi Survival, Seperti Apa?

Saat bertualang di alam bebas, nggak ada yang bisa menebak bakal seperti apa nanti situasinya. Kadang beberapa hal yang udah direncanakan pun bisa berubah begitu aja, tergantung kondisi di alam bebas itu sendiri. Yang harus dilakukan ya tentu aja menghadapinya, tapi jangan langsung panik. Apalagi kalau lo harus menghadapi situasi survival, panik bukanlah respon yang tepat, Superfriends.

Walaupun udah menggunakan perlengkapan outdoor yang safety, nggak menutup kemungkinan dalam situasi survival lo bakal dihadapkan pada situasi darurat yang mengharuskan lo untuk survival. Nah, meski survival terkesan darurat dan dadakan, tapi nyatanya dalam menghadapi situasi ini lo harus paham langkah-langkah yang mesti dilakukan, Superfriends. Kayak gimana aja langkahnya? Berikut ini beberapa di antaranya.

Mengoordinasikan Tim

Ada Langkah-langkah Menghadapi Situasi Survival, Seperti Apa?

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/karbunar

Kalau lo nggak sendirian dalam menghadapi situasi ini alias bareng tim, lo harus bisa berkoordinasi sama tim lo itu, Superfriends Kadang saat menghadapi situasi survival, ada teman satu tim yang mengalami panik dan bahkan melakukan apa aja yang menurut mereka benar.

Padahal, keadaan kayak gini nggak membantu sama sekali, yang ada malah memperkeruh suasana, menimbulkan perdebatan dan perselisihan. Karena yang dibutuhkan adalah kekompakan, kerja sama dan saling menghargai. Lo bersama tim bisa menggunakan konsep STOP dalam situasi tersesat.

Melihat Kemampuan Tim

Ada Langkah-langkah Menghadapi Situasi Survival, Seperti Apa?

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/daxiao

Ini penting, lo harus perhatikan kemampuan fisik tim dan diri sendiri supaya nggak menyulitkan situasi survival yang lagi dihadapi. Memaksakan kemampuan rekan malah bisa membahayakan, karena sikap sok jagoan ini nggak bakal menolong dalam kondisi survival. Itulah kenapa peran pimpinan sangat penting untuk membuat rencana berdasarkan pertimbangan kemampuan dan keadaan yang ada.

Melakukan Orientasi Medan

Ada Langkah-langkah Menghadapi Situasi Survival, Seperti Apa?

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/Volodymyr+Plysiuk

Tanpa peta dan kompas, melakukan orientasi medan pasti sangat sulit, apalagi buat yang nggak punya pengetahuan soal orientasi medan. Beberapa hal yang mesti diketahui, yaitu:

Mengetahui posisi saat itu: Apakah lagi berada di lereng, lembah, gunung, atau puncak. Lebih baik lagi kalau tau lokasi koordinat pada peta, biar perjalanan bisa gampang diperkirakan.

Mengetahui kemungkinan pemukiman penduduk: Kalau nggak ada peta, jalan setapak, ladang ataupun perkebunan bisa jadi petunjuk kalau di sekitar ada pemukiman penduduk, lo bisa mencari pertolongan di sini.

Mengetahui perkiraan jalan keluar: Saat melakukan perjalanan, lo bisa menandai tumbuhan khas di suatu tempat, menandai tower tinggi di gunung, jembatan, atau perkebunan yang sifatnya permanen. Ini cukup membantu saat tersesat, ya paling nggak lo bisa memperkirakan kalau tempat itu pernah dilewati.

Melakukan Penjatahan Makanan

Selama menghadapi situasi survival, kebutuhan makan harus diatur dengan disiplin. Perhitungkan jumlah makanan yang ada dengan jumlah tim serta perkiraan waktu yang diperlukan buat melakukan survival sampai selamat. Hal ini supaya mengurangi bahaya kelaparan dan kehausan, meskipun bisa juga mencari tumbuhan di alam yang bisa dimakan.

Pembagian Tugas

Rencana yang dibuat harus rasional berdasarkan pertimbangan yang matang. Setelah itu, pembagian tugas dilakukan dengan menentukan siapa yang bakal mencari pertolongan, siapa yang tetap tinggal, dan sebagainya.

Siapapun yang bergerak mencari pertolongan harus punya kondisi fisik dan pengalaman yang baik, serta keterampilan, keberanian, dan tanggung jawab tinggi. Sedangkan tim yang tinggal biasanya adalah yang fisiknya nggak cukup kuat buat mobile, nggak sehat, atau nggak memungkinkan berjalan.

Membuat Jejak

Membuat tanda atau jejak bisa memudahkan lo dalam mencari pertolongan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menguliti pohon atau mematahkan ranting pohon yang menunjukkan arah tujuan berjalan. Atau bisa juga menggunakan batu atau ranting yang disusun dan mengikatkan tali dengan warna mencolok.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan asap api unggun ataupun metode signaling mirror. Beberapa cara tersebut efektif membantu dalam mencari pertolongan, Superfriends.

Nah, itu tadi langkah-langkah menghadapi survival yang sebaiknya dilakukan, Superfriends. Ingat, jangan panik dan tetap tenang, lalu ikuti langkah-langkah tadi ya!

 

Source: https://survivalalam.blogspot.com/2017/05/langkah-langkah-kegiatan-survival.html
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow amazing
Karlina
Nice info
Ivan harnawan
Info yg sangat bermanfaat
Hengky  kik
info yang sangat bermanfaaat bagi pecinta olah raga alam bebas
SRI YAYA ASTUTI
KERJASAMA TEAM
Agus Sungkawa
Nice informasi