Alasan Kenapa Harus Coba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Berselancar atau surfing memang menjadi aktivitas wisata sekaligus olahraga yang sangat menantang, Superfriends. Kalau belum berani mencoba, berarti lo wajib tahu dulu alasan kenapa harus coba surfing saat traveling ke pantai. Kuy, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Alasan Kenapa Harus Coba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Selain punya biota laut yang mengagumkan, hamparan laut Nusantara juga menjadi seru buat memacu adrenalin nih, Superfriends. Surfing salah satunya.

Saat traveling ke daerah pesisir pantai, lo wajib banget cobain aktivitas wisata sekaligus olahraga yang satu ini. Biar makin tertarik, mending simak dulu beberapa alasan kenapa harus coba surfing saat traveling ke pantai berikut ini, Superfriends!

Bagus Buat Membakar Kalori

Alasan Kenapa Harus Coba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Image source: https://www.idntimes.com/ 

Surfing memang memerlukan kinerja hampir seluruh otot tubuh, jadi nggak heran kalau berselancar efektif untuk membakar kalori, Superfriends. Dilansir laman Vivida Lifestyle, Rata-rata orang yang berselancar selama 30-60 menit dapat membakar antara 130-260 kalori.

Jumlah kalori ini setara dengan satu potong brownies cokelat berukuran 2 inci. Hal ini juga bisa dibilang sangat wajar, karena saat surfing lo harus mengayuh papan selancar sampai agak ke tengah laut, lalu berdiri dengan kokoh, dan seterusnya berulang-ulang.

Kalau udah “jatuh cinta” sama aktivitas wisata menantang yang satu ini, pasti semua hal yang melelahkan tersebut pasti nggak bakal terasa deh, Superfriends!

Bisa Menghilangkan Stres

Alasan Kenapa Harus Coba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Image source: https://www.twenty20.com/  

Selain bagus buat membakar kalori, berselancar juga bisa mengurangi stres nih, Superfriends. Perpaduan latihan fisik, indahnya suasana alam serta sesuatu yang menyenangkan dan menantang, ternyata bisa melepaskan hormon stres seperti kortisol dan memunculkan hormon endorfin.

Hormon endorfin ini merupakan penawar rasa sakit alami yang bisa juga meningkatkan suasana hati. Jadi, kalau lo terus-menerus merasa cemas, tertekan dan memiliki masalah tidur, bisa banget cobain belajar surfing, Superfriends.

Cara Asyik Buat Dapatkan Vitamin D

Alasan Kenapa Harus Coba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Image source: https://www.cnnindonesia.com/ 

Saat berselancar, pasti lo bakal berada di bawah sinar matahari yang lumayan menyengat. Jadi, wajar saja kalau tubuh lo bisa mendapatkan vitamin D dengan optimal, Superfriends.

Dilansir laman Vivida Lifestyle vitamin ini penting banget buat membantu memperkuat tulang dan mengatur jumlah kalsium serta fosfor dalam darah. Selain itu, vitamin D juga berguna buat mengatur ritme sirkadian atau kebiasaan fisiologis sehari-hari dan juga pelepasan hormon bahagia, Superfriends.

Vitamin D juga berguna buat mengatur pertumbuhan sel kulit dan menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, lho. Sedangkan, kalau kekurangan vitamin D lo bisa saja gampang merasa lemas, kelelahan dan suasana hati yang buruk, Superfriends.

Bisa Menaikan Kualitas Tidur

Surfing ternyata juga bisa meningkatkan kualitas tidur lho, Superfriends. Seperti yang sudah dijelaskan, bermain surfing sangat berguna untuk mengatur ritme sirkadian. Hal ini tentu saja juga berpengaruh pada pola tidur yang cukup baik, misalnya, tertidur lebih cepat dan mendorong tidur yang lebih nyenyak, ungkap laman Vivida Lifestyle.

Saat bermain surfing, lo pasti bakal membutuhkan banyak energi buat menggerakan hampir semua otot tubuh dan keseimbangan. Hal ini pasti bakal membuat lo merasa lelah pada malam hari, sehingga tidur bisa menjadi lebih cepat dan rileks, Superfriends.

Bagus Buat Kesehatan Jantung

Satu lagi, surfing ternyata juga bagus banget buat latihan kardiovaskular yang sangat menyehatkan jantung nih, Superfriends.

Dilansir laman Health Fitness Revolution, surfing menggunakan sebagian besar otot tubuh bagian atas buat mengayuh papan, dan otot kaki buat menjaga keseimbangan saat berdiri serta mengendarai ombak.

Saat melakukan sejumlah aktivitas fisik ini, pasti lo membutuhkan banyak tenaga. Nah, hal tersebut bagus banget buat kesehatan jantung, Superfriends. Nggak cuma itu, surfing juga bagus buat mengatur pernapasan dan latihan otot punggung atas serta otot bahu.

Bahkan, berselancar juga bisa menurunkan tekanan darah dan denyut jantung serta mengurangi risiko serangan jantung, stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan kardiovaskular, Superfriends.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa harus coba surfing saat traveling ke pantai. Menurut lo, ada alasan lain nggak kenapa aktivitas wisata ekstrem yang satu ini wajib banget dicoba? Kalau ada, sila coret di kolom komentar ya, Superfriends!

 

Referensi: https://magazine.vividalifestyle.com/top-20-health-benefits-of-surfing/
https://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-surfing/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Ivan harnawan
Olahraga yang menyegarkan
SRI YAYA ASTUTI
SELALU BELAJAR DAN MENCOBA
Sumardiyono
amaziiiing
Rull
Nice infooo
Karlina
Mantapppp