Cobain Tempat Arung Jeram Ketiga Terbaik di Dunia, Sungai Asahan!

Indonesia punya banyak tempat arung jeram yang bisa memacu adrenalin lo Superfriends. Karena ada banyak sungai mulai dari panjang, pendek, hingga luas. Tapi kalau mau arung jeram yang kelas dunia bisa pilih Sungai Asahan di Sumatera Utara.

Cobain Tempat Arung Jeram Ketiga Terbaik di Dunia, Sungai Asahan!

Emang ada banyak tempat arung jeram di seluruh dunia, tapi kalau ada di negara sendiri. Kenapa harus ke luar negeri? Arung jeram cocok banget buat lo yang pengen cobain kegiatan ekstrem di air. Sambil menaklukan arus deras, lo bisa melihat pemandangan yang keren banget.

Salah satu tempat arung jeram di Indonesia yang telah diakui dunia adalah Sungai Asahan. Bahkan sungai ini dianggap menjadi tempat arung jeram terbaik ketiga di dunia. Buat lo yang penasaran gimana rasanya menerjang arus di sini, coba simak informasi berikut ini.

Medan Sungai Asahan

Cobain Tempat Arung Jeram Ketiga Terbaik di Dunia, Sungai Asahan!

Image source: https://bola.kompas.com/ 

Sungai Asahan terletak di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara yang memiliki panjang 147 kilometer. Bukan hanya untuk arung jeram saja, tapi masyarakat di sana memanfaatkannya untuk mancing, pembangkit listrik tenaga air, hingga tempat wisata. Lo ditantang untuk mengarungi sungai yang punya debit air sampai 120 meter kubik per detik.

Bahkan karena arusnya yang cukup deras ngebuat sungai ini memiliki dua PLTA. Namanya Asahan satu dan Asahan dua, salah satu PLTA adalah milik PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalium). Sungai ini juga dianggap sebagai sungai terbaik ketiga di dunia setelah Sungai Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Cara untuk Sampai ke Sungai Asahan

Cobain Tempat Arung Jeram Ketiga Terbaik di Dunia, Sungai Asahan!

Image source: https://www.pariwisatasumut.net/ 

Untuk bisa sampai ke titik mulai arung jeram lo harus menempuh perjalanan sampai satu setengah jam dari Danau Toba. Perlu hati-hati selama berkendara ke sana karena jalanannya yang berkelok dan naik turun. Tapi punya pemandangan yang keren banget Superfriends. Ada hutan yang lebat dan rindang serta beberapa air terjun.

Salah satunya Air Terjun Sigura-gura yang punya tinggi 250 meter. Terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Kalau akhir pekan pasti ramai oleh pengunjung untuk menikmati keindahannya. Sebelum sampai di titik mulai arung jeram, jalannya hanya cukup satu mobil saja. Bahkan di samping kanan kiri ada hutan dan jurang yang cukup tinggi.

Nggak sampai situ aja, lo harus menuruni anak tangga yang cukup banyak hingga ke sungai. Setelah itu lo perlu persiapkan diri dengan memakai pelampung dan helm sebagai pengaman. Kalau lo udah ngedenger suara arus deras sungai, dipastikan titik arung jeram sudah deket banget!

Ada Tiga Paket untuk Arum Jeram

Untuk menikmati arung jeram, lo bisa memilih paket sesuai dengan kemampuan. Ada tiga paket yang bisa lo pilih Superfriends, paket fun dengan harga Rp 300.000, paket ekstrem Rp 400.000, dan paket expert Rp 500.000. Dengan nominal segitu, lo udah bisa menikmati penginapan, makan, welcome drink, jaminan keselamatan, dokumentasi, sampai souvenir.

Diantara ketiga paket ini yang paling laku adalah paket ekstrem, karena banyak turis mancanegara yang sengaja datang ke Sungai Asahan untuk uji adrenalin. Mulai dari Malaysia, Australia, Ceko, Singapura, Jerman, hingga Swiss. Bahkan sungai ini telah dijadikan tempat penyelenggaraan lomba arung jeram internasional mulai dari tahun 2000.

 

Source: https://travel.detik.com/travel-news/d-5628289/menguji-adrenalin-di-sungai-asahan-arung-jeram-ke-3-terbaik-dunia
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Amaziiing
arief
wow kereen, andrenalin siap di uji
wildan
wow mantapp keren
Rull
Kereeen, asahan dari dulu kami cuman tahu di uang kertas 100 tahun 82
Fatmawati
Mantappp