D’Russa Leather, Peluang Bisnis Menjanjikan dari Produk Kulit

Kulit sapi nyatanya bisa diolah jadi produk seperti tas dan dompet lho, Superfriends. Hal ini bahkan jadi peluang bisnis menjanjikan yang dilakukan oleh D’Russa, produk kulit lokal buatan Rusdi Raisa. Seperti apa kisahnya?

D’Russa Leather, Peluang Bisnis Menjanjikan dari Produk Kulit

Kreativitas anak muda di Indonesia kayaknya emang nggak ada habisnya ya, Superfriends. Apalagi, kalau kreativitas itu dimanfaatkan jadi peluang bisnis yang menjanjikan, seperti Rusdi Raisa yang sukses membangun brand D’Russa, yaitu brand yang menjual berbagai produk seperti tas dan aksesoris yang terbuat dari bahan kulit.

Tapi yang namanya memulai bisnis, tentu nggak semudah yang dibayangkan. Rusdi melewati kerasnya usaha yang dilakukan supaya produk kulit buatannya itu bisa menarik perhatian konsumen. Lantas, gimana sih kisah dari brand D’Russa yang dibangun Rusdi ini? Berikut ini kisah selengkapnya.

Diawali dengan Modal Rp50 Ribu

D’Russa Leather, Peluang Bisnis Menjanjikan dari Produk Kulit

Image source: https://www.bbcamerica.com 

Dalam memulai usaha, tentu butuh modal, Superfriends. Tapi, dengan modal usaha yang sedikit pun ternyata bisa membawa brand ini jadi sukses, lho!

D’Russa sendiri awalnya dicetuskan pada tahun 2006. Rusdi menggeluti bisnis produk kulit ini awalnya karena kondisi keterbatasan biaya semasa kuliah di Bandung. Untuk bisa menutupi keterbatasan biaya tersebut, ia akhirnya memutuskan buat membuka usaha.

Menariknya, modal yang dikeluarkan Rusdi pun nggak banyak, hanya sebesar Rp 50 ribu aja, Superfriends. Pada saat itu ia membuat 70 casing ponsel berbahan kulit, yang masing-masing dijual seharga Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu. Ia menawarkan produknya ke teman-teman di kampus tempatnya kuliah, dan teman-temannya pun sangat tertarik sampai produknya laku keras.

Proses pembuatannya pun cukup memakan waktu lama, karena emang dilakukan secara handmade. Tapi, dari situlah produknya dikenal luas. Rusdi bahkan mulai ikut serta di pameran yang diadakan oleh Pemerintah Kota Bandung pada tahun 2007.

Resmi Lahir Pada 2011

D’Russa Leather, Peluang Bisnis Menjanjikan dari Produk Kulit

Image source: https://www.publicdomainpictures.net/

Seiring berjalannya waktu, permintaan akan produk kulit pun terus meningkat. Jumlah karyawan pun juga bertambah, yang tadinya cuma satu orang lalu menjadi 31 orang. Sampai akhirnya brand D’Russa resmi lahir pada tahun 2011, dan toko fisik pertamanya di Epiwalk, Kuningan, Jakarta berdiri setahun kemudian.

Yang menariknya lagi dalam bisnis D’Russa, Rusdi terbebas dari pinjaman modal, Superfriends. Bahkan, ia nggak pernah kepikiran buat bekerja sama dengan pihak manapun. Ia mengaku, bisnis adalah seni yang sebaiknya dinikmati sendiri.

Berbagai Macam Produk D’Russa

D’Russa Leather, Peluang Bisnis Menjanjikan dari Produk Kulit

Image source: https://blog.mariberkarya.com/ 

Apa aja sih produk yang dijual di D’Russa? Semuanya tentu adalah produk kulit yang berkualitas, mulai dari tas, dompet, dan aksesoris. Kebanyakan produknya pun ditujukan buat kaum adam. Dari berbagai produknya tersebut, D’Russa menawarkan harga yang cukup bersaing, contohnya tas ransel pria yang dijual mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 4 juta.

Yang bikin beda brand D’Russa dari pesaingnya adalah Rusdi biasanya mempelajari terlebih dulu karakteristik konsumen dan pesaingnya. Termasuk gimana caranya menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, dan juga tepat waktu.

Pemasaran hingga Omzet D’Russa

Walaupun udah punya toko fisik, Rusdi nggak menutup mata dari perkembangan teknologi yang ada. Justru, hal ini dimanfaatkannya buat memasarkan produk di media sosial seperti Instagram.

Rusdi pun belajar dari pebisnis lain, gimana cara mencantumkan hashtag, caption, dan membuat foto produk yang benar buat berjualan di Instagram. Dari media sosial ini, pendapatan D’Russa bisa mencapai Rp 8 juta dalam satu hari. Selain itu, D’Russa pun udah punya website resminya sendiri, yang juga memudahkan konsumen untuk membeli produknya.

Setiap tahun, ada peningkatan omzet yang cukup signifikan dari bisnis ini. Sekarang ini, produk D’Russa udah nggak terhitung lagi dan total omzet yang didapatkan bahkan udah hampir menyentuh angka Rp 30 miliar, Superfriends.

Namun bagi Rusdi, kunci sukses D’Russa nggak terpaku pada omzet. Ia ingin supaya bisnisnya bisa dinikmati, layaknya menciptakan lukisan indah. Rusdi juga berpesan buat siapa aja yang mau mulai usaha, untuk menyiapkan mental dan selalu belajar. Berjuanglah dan ambil ilmu dari mereka yang udah sukses lebih dulu.

Itu tadi kisah perjalanan dari brand D’Russa Leather, produk kulit yang berawal dari modal kecil dan sukses mengembangkan produknya sampai sekarang ini. Gimana, lo tertarik buat mencoba bisnis ini, Superfriends?

 

Source: https://male.co.id/detail/5743/startup-bisnis-produk-kulit-yang-menjanjikan-men-scope-4
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Agung Sutrisno
kreativitas itu dimanfaatkan jadi peluang bisnis
Ivan harnawan
Nice info bro. . .
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Agus Sungkawa
Bisnis yang menjanjikan
Sutrisman
Infonya bagus
Karlina
Mnatapppp
Heni Oen
tasnya bagus