Ini Waktu yang Tepat Buat Ganti Sepatu Gunung

Tiap barang pasti mempunyai masa pakai, termasuk sepatu gunung. Biasanya ada beberapa waktu yang tepat untuk mengganti sepatu gunung lo. Jangan sampai sudah rusak dan nggak nyaman baru diganti Superfriends. Kapan aja ya?

Ini Waktu yang Tepat Buat Ganti Sepatu Gunung

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat lo naik gunung. Mulai dari peralatan, persiapan mental serta fisik, sampai mengenal medan yang bakal lo lalui. Hal ini bertujuan untuk bisa mendapatkan pengalaman naik gunung yang nggak terlupakan. Salah satu perlengkapan penting saat naik gunung adalah sepatu.

Sepatu khusus naik gunung pasti akan lebih nyaman dibandingkan jenis sepatu lain. Tapi kalau dipakai terus menerus, pasti kondisi sepatu akan berubah atau aus. Jika sudah seperti ini lo harus cepat mengganti sepatu biar nggak cedera waktu hiking.

Tapi sebenarnya sulit menentukan kapan pastinya lo harus ganti. Menurut para ahli yang dikutip dari Huffington Post, sepatu lebih baik diganti setelah digunakan 483 hingga 805 kilometer. Biasanya ditempuh dalam waktu enam sampai delapan bulan.

Lalu orang yang olahraganya berat harus lebih cepat ganti sepatu dibanding orang yang olahraga santai seperti berjalan selama 30 menit. Selain itu, faktor seperti berat badan, tempat olahraga, dan tipe kaki juga mempengaruhi kondisi sepatu.

Jadi kapan waktu yang tepat untuk mengganti sepatu gunung lama lo jadi baru? Simak jawabannya dibawah ini Superfriends.

Aus Berlebihan di Bagian Sol Luar Sepatu

Ini Waktu yang Tepat Buat Ganti Sepatu Gunung

Image source: https://www.tripjalanjalan.com/ 

Pastiin bagian sol luar sepatu masih kasar atau sedikit terkikis halus. Jangan biarin sepatu gunung lo dalam keadaan halus. Kondisi sepatu seperti ini biasanya akan terlihat di beberapa tempat. Kalau bagian outsole sudah terlihat halus, maka dipastikan kalau bagian midsole udah nggak empuk. 

Ngebiarin keadaan sepatu seperti ini terus menerus akan membuat hiking jadi nggak nyaman. Bahkan lo jadi mudah terpeleset waktu melewati medan yang cukup terjal dan licin. Jangan sampai kaki lo malah cedera dan ngerepotin rekan satu tim. Pastinya lo nggak mau mengalami kejadian nggak enak ini kan Superfriends. 

Makanya jangan sampai menyesal, lebih baik ganti sepatu lebih awal dibanding tunggu sepatu sudah rusak. Kenyamanan juga buat diri sendiri bukan orang lain.

Perhatiin Tekstur Keseluruhan Sepatu

Ini Waktu yang Tepat Buat Ganti Sepatu Gunung

Image source: https://www.cgtrader.com/ 

Coba deh lo perhatiin tekstur keseluruhan pada sepatu lo. Kalau ada rongga karena sobekan atau bentuknya sudah berubah berarti ini tanda sepatu lo harus diganti. Kalau lo biarin begitu saja, sepatu lo nggak akan memberi perlindungan yang maksimal selama naik gunung.

Tapi kalau sepatu lo belum robek, berarti masih bisa dipertahankan dan masih bisa dipakai untuk hiking. Biasanya saat naik gunung ada aja tekstur sepatu yang berubah, hal ini tergantung pada jalur trekking di gunung. Selain itu, cuaca juga mempengaruhi apalagi kalau hujan. Biasanya sepatu gunung akan selalu dalam kondisi basah

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210615143918-277-654579/mempertimbangkan-waktu-tepat-untuk-mengganti-sepatu-olahraga
https://www.femina.co.id/health-diet/6-tanda-harus-ganti-sepatu-hiking
Gear Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Nice info bro. . .
Karlina
Mantapppp
bahar22
Nice info
Sumardiyono
Tanks infonya
Agus Sungkawa
Tepat kalau ada budget nya hehe
arief
haha tq infonya
wildan
nice infonya
Agung Sutrisno
Pastikan selalu nyaman dalam pemakaian
Rull
Mantuul info nya min
Karlina
Nice info