Mau Naik Kereta Api Selama PPKM? Ini Syarat yang Harus Disiapin

Demi menekan kembali kasus virus corona yang baru-baru ini naik lagi. Pemerintah memberlakukan PPKM Darurat dari tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Buat lo yang punya kepentingan dan terpaksa harus naik kereta api, siapin syarat-syarat ini.

Mau Naik Kereta Api Selama PPKM? Ini Syarat yang Harus Disiapin

Seperti yang lo tau, kasus virus corona kembali meningkat tajam akhir-akhir ini. Belum lagi munculnya varian baru yang sangat meresahkan. Akhirnya pemerintah kembali menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat) dari tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021.

Walaupun masyarakat harus tetap di rumah, ada sebagian orang yang tetap harus beraktivitas keluar rumah. Bahkan ada juga yang harus berpergian jauh dengan transportasi umum seperti kereta api. PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga sudah mempersiapkan beberapa prosedur dan syarat agar penumpang tetap nerapin protokol kesehatan.

Persyaratan ini berlaku mulai tanggal 5 Juli 2021 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Buat lo yang harus bepergian naik kereta api, coba siapin syarat-syarat berikut ini.

Surat Antigen atau PCR

Mau Naik Kereta Api Selama PPKM? Ini Syarat yang Harus Disiapin

Image source: https://news.harianjogja.com/ 

Sekarang ini surat antigen atau PCR benar-benar dipakai sebagai bukti yang cukup akurat. KAI juga tetap pakai surat tersebut sebagai salah satu syarat naik kereta. Awalnya masih pake penggunaan hasil tes GeNose C19 tapi sekarang udah nggak berlaku lagi.

Buat yang pergi naik kereta jarak jauh di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera harus menunjukkan surat hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam. Sedangkan kalau pakai Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum naik kereta.

Kartu Vaksin

Mau Naik Kereta Api Selama PPKM? Ini Syarat yang Harus Disiapin

Image source: https://www.yahoo.com/

Selanjutnya lo perlu bawa kartu vaksin senggaknya pertama, khususnya buat KA jarak jauh di Pulau Jawa. Tapi buat penumpang yang nggak atau belum divaksin karena alasan medis, lo perlu menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis yang bersangkutan dan surat negatif PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku.

Sebelum naik kereta, petugas bakal cek kelengkapan surat penumpang. Jadi benar-benar dipilih secara cermat. Buat yang suratnya nggak lengkap atau nggak ada, nggak boleh naik kereta dan tiket kereta akan dikembalikan 100 persen.

Untuk penumpang KA lokal dan KA aglomerasi nggak wajib menunjukkan Kartu Vaksin, surat PCR atau Rapid Test Antigen. Tapi KAI akan ngelakuin pemeriksaan Rapid Test Antigen secara acak kepada penumpang di stasiun.

Penumpang Harus dalam Keadaan Sehat

Mau Naik Kereta Api Selama PPKM? Ini Syarat yang Harus Disiapin

Image source: https://suarabanyumas.com/ 

Sehat di sini dalam artian nggak sedang flu, pilek, batuk, demam, hilang penciuman, hilang rasa, atau diare. Sebelum masuk stasiun juga harus dicek suhu, buat penumpang yang lebih dari 37,3 celsius nggak akan dibolehin naik kereta.

Memakai masker juga nggak bisa sembarangan, wajib masker medis dan masker kain yang punya tiga lapis. Masker harus menutup rapat bagian hidung dan mulut. Selama di stasiun dan di perjalanan, lo harus tetap pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

 

Source: https://money.kompas.com/read/2021/07/03/091527226/genose-c19-tak-berlaku-ini-syarat-naik-kereta-api-selama-ppkm-darurat
Trending Beginner Extreme solo traveling

20 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
kartu vaksin
Ivan harnawan
Nice info bro. . .
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Agus Sungkawa
Bawalah persyaratan agar aman
Agung Sutrisno
Siapkan syarat sebelum travelling
Suleman
Nice info
Karlina
Mantapppppp
Sutrisman
Infonya bagus