Destinasi Panjat Tebing di Aceh, Favoritnya Para Pemanjat!

Di Provinsi Aceh, ternyata ada beberapa destinasi panjat tebing yang jadi favoritnya para pemanjat, Superfriends! Cocok nih buat lo yang mau cobain lokasi baru. Langsung aja cari tau ulasan selengkapnya!

Destinasi Panjat Tebing di Aceh, Favoritnya Para Pemanjat!

Provinsi Aceh yang terletak di paling ujung utara Pulau Sumatra ini emang dikenal dengan pantai, lokasi diving, dan area hutan belantara pegunungannya. Itulah yang membuat Aceh juga punya beberapa lokasi yang cocok buat dijadikan spot panjat tebing. Apalagi di Kabupaten Aceh Besar, karena sebelah baratnya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan banyak tebing-tebing curam.

Terdapat daerah karst yang cukup terkenal, apalagi tebing daerah ini menjadi yang paling dicari karena tebingnya layak buat dipanjat. Bahkan, ada beberapa tempat yang jadi favoritnya para pemanjat juga, Superfriends. Mau tau di mana aja? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Mata Ie, Aceh Besar

Destinasi Panjat Tebing di Aceh, Favoritnya Para Pemanjat!

Image source: https://www.travellinkinfo.com/

Lokasi satu ini bisa dibilang yang paling terkenal di Banda Aceh, karena emang hampir 90 persen pemanjat di daerah ini udah pernah menjajal tebing di sini, Superfriends. Mata Ie sendiri bisa dicapai dari sentra kota dengan waktu sekitar 15 hingga 20 menit aja.

Tingkat kesulitan (grade) tebing ini pun nggak terlalu berat, tinggi jalurnya juga nggak begitu signifikan hanya sekitar 8-10 meter aja dan punya satu jalur panjat. Jalur panjat tebing ini juga bisa dipanjat dengan system top rope, lead, ataupun trad climbing.

Selain panjat tebing, ada sebuah kerikil besar yang juga terkenal dan biasa digunakan sebagai tempat bouldering. Kerikil besar inni punya ketinggian mencapai 4 meter dan bisa dikategorikan Highball Bouldering.

Lampuuk, Aceh Besar

Destinasi Panjat Tebing di Aceh, Favoritnya Para Pemanjat!

Image source: https://www.idntimes.com/

Masuk ke dalam satu area wisata pantai, lokasi tebing Lampuuk di Kabupaten Aceh Besar pun wajib dijajal sama para pemanjat nih. Berjarak lebih kurang 20 kilometer dari sentra kota Banda Aceh, lokasi ini berada di bagian paling ujung pantainya.

Tebing dengan tinggi sekitar 30 meter dan panjang lebih dari 100 meter ini punya beberapa jalur panjat dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Di lokasi ini juga ada jalur panjat yang dibentuk sama Komunitas Panjat Tebing Merah Putih dan merupakan bagian dari 1000 jalur panjat tebing untuk Indonesia.

Lokasi ini sering dikunjungi sama komunitas pencinta alam yang suka panjat tebing atau bouldering. Selain itu, memanjat tebing di lokasi ini lo juga bakal dapat bonus suasana pantai yang menakjubkan, Superfriends.

Pucok Krueng, Aceh Besar

Destinasi Panjat Tebing di Aceh, Favoritnya Para Pemanjat!

Image source: https://www.youtube.com/watch?v=HWFEbRBb3kk

Berada di kawasan Lhoknga Aceh Besar, lokasi panjat tebing ini berjarak 4 kilometer dari jalan utama Lhoknga di belakang Pabrik Semen Andalas. Pucok Krueng sendiri merupakan sebuah hulu sungai yang bermuara ke pantai Lhoknga, jadi lokasi ini menjadi titik pertama munculnya sumber air sungai di daerah tersebut.

Nah, di beberapa titik lokasi ini terdapat tebing-tebing tinggi khas daerah karst yang cocok buat panjat tebing. Tapi, baru beberapa lokasi aja yang udah punya jalur, karena jalan masuk menuju beberapa titik tebing ini masih sangat sulit dilalui.

Menariknya, lokasi tebing Pucok Krueng ini cocok buat segala aktivitas, seperti berenang, camping, kayaking, caving, dan tentunya rock climbing. Hal ini karena hampir semua lokasi di kawasan ini terdiri dari tebing terjal, gua, dan sungai. Bonusnya, lo bisa menikmati pemandangan alam yang indah, Superfriends.

Nah, itu tadi beberapa lokasi panjat tebing yang ada di Aceh. Tertarik buat menjajal salah satunya, Superfriends?

 

Source: https://www.travellinkinfo.com/2019/09/lokasi-panjat-tebing-di-banda-aceh-dan.html
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow amaziiing
Ivan harnawan
Nice info bro
DEVI TRI HANDOKO
Panjat Tebing
arief
kereeen, tq infonya
wildan
kereen , tempatnya asik
Rull
Aceh keren
Agus Sungkawa
Sangat paporit banget
Mulyanto
Ngeriiiii
Agung Sutrisno
Sambil menikmati pemandangan alam
Karlina
Mantappppp