4 Air Terjun Eksotis di Lumajang, Jawa Timur

Lumajang ternyata juga punya air terjun yang sangat indah, lho. Bahkan, salah satunya ada air terjun yang menjulang tinggi mirip banget kayak Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, Superfriends. Di mana saja 4 air terjun eksotis di Lumajang, Jawa Timur ini? Berikut ulasan selengkapnya!

4 Air Terjun Eksotis di Lumajang, Jawa Timur

Lumajang memang terkenal sebagai tempat yang wajib disinggahi para petualang, Superfriends. Pasalnya, di tempat ini lo bisa menemukan berbagai destinasi wisata alam yang pastinya sangat memikat hati.

Spot-spot air terjun di Lumajang tentu bisa jadi salah satu contoh nyatanya, Superfriends. Sumber air yang berlimpah dan lingkungan yang sangat terjaga membuat daerah ini dikaruniai banyak air terjun yang sangat menakjubkan.

Daripada makin penasaran, mending langsung saja simak lengkap 4 air terjun eksotis di Lumajang, Jawa Timur berikut ini, Superfriends!

1. Tumpak Sewu

4 Air Terjun Eksotis di Lumajang, Jawa Timur

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/tampatra

Pertama, ada air terjun Tumpak Sewu. Bisa dibilang air terjun ini yang paling terkenal dari beberapa air terjun lainnya, Superfriends.

Air terjun Tumpak Sewu terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Air terjun ini juga mendapat julukan Niagara-nya Indonesia lho karena sekilas memang terlihat mirip dengan air terjun yang terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada tersebut.

Tumpak Sewu berketinggian 120 m dengan formasi aliran air yang seperti tirai. Lokasinya berada di sebuah lembah curam dengan elevasi 500 m.

Berlatar Gunung Semeru yang gagah, panorama yang disajikan air terjun ini memang membuat siapa saja menjadi takjub. Maka tak salah jika mendapat predikat sebagai salah satu air terjun terindah di Indonesia.

2. Coban Sriti

4 Air Terjun Eksotis di Lumajang, Jawa Timur

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/Muzairi+Mustapa

Meskipun tak setenar Kapas Biru, Air terjun ini memiliki pemandangan yang tak kalah megah. Diberi nama Coban Sriti karena air terjun ini berada di kaki gunung Kukusan Sriti. Coban Sriti berasal dari aliran Sungai Besukbang yang bermuara di lereng Gunung Semeru.

Ketinggian Air Terjun Coban Sriti sekitar 120 m, sehingga menjadikannya sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Debit air terjunnya sangat deras sehingga sangat nggak dianjurkan untuk mandi di bawahnya.

3. Kabut Pelangi

4 Air Terjun Eksotis di Lumajang, Jawa Timur

Image source: https://phinemo.com/

Air terjun Kabut Pelangi berjarak 39 km dari pusat Kota Lumajang. Dinamakan Kabut Pelangi karena air terjun tersebut sering menampakkan pelangi yang dihasilkan dari pembiasan air dan cahaya matahari.

Air terjun ini berketinggian 100 m dengan panorama yang masih asri dan udara sekitar yang segar. Untuk berkunjung ke lokasinya, lo harus berjalan kaki dari tempat parkir dengan medan yang cukup terjal dan menantang. Oleh karena itu sebelum ke sini, pastikan kondisi dan fisik lo sehat.

Perjalanan yang melelahkan kemudian akan terbayar dengan panorama air terjun yang keren nan memanjakan mata. Gimana, bikin gak sabar kan untuk ke sini?

4. Kapas Biru

4 Air Terjun Eksotis di Lumajang, Jawa Timur

Image source: https://www.bobobox.co.id/

Air terjun Kapas Biru berlokasi di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan view tebing-tebing tinggi berwarna cokelat kemerahan di sisi kanan kirinya. Lumut-lumut yang menempel pada tebing dan bebatuan serta rimbunan pohon di sekitarnya menciptakan pemandangan indah nan menyegarkan.

Air terjun ini berasal dari aliran anak Sungai Besukbang yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Dinamakan kapas biru karena apabila dilihat dari kejauhan, bagian pinggiran air yang terhempas nampak berwarna biru dan warna air di aliran tengahnya nampak berwarna putih seperti kapas.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, lo akan disajikan dengan hamparan pemandangan sawah, perkebunan, dan beberapa kucuran air yang dapat menyegarkan di kala lelah berjalan.

Nah, itulah 4 air terjun eksotis di Lumajang, Jawa Timur. Mana yang paling lo favoritkan, Superfriends? Atau, ada air terjun di Lumajang lainnya yang belum masuk dalam daftar di atas? Sila tambahkan di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/destination/hendra-nugroho/air-terjun-keren-di-lumajang-c1c2/5
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow amazing
Hengky  kik
kereeen sekali baru pernah nyobain ke coban sriti
Ivan harnawan
Nice info bro
arief
wow asli kereenn
wildan
luar biasa, tq
Rull
Waaaooooow lumajang
Agus Sungkawa
Indah airnya terjun nya
Agung Sutrisno
Alam yang eksotis
Mulyanto
kereeennnn
Karlina
Nice info