Cara Sukses Bisnis Online di Marketplace, Bisa Dicoba!

Hadirnya marketplace memang sangat membantu perkembangan bisnis di Indonesia. Tapi, jalan buat menuju kesuksesan tentu nggak bisa dilakukan sembarangan, ada tips-tips khususnya, Superfriends. Maka dari itu, sebelum terjun langsung ada baiknya lo pahami dulu sejumlah cara sukses bisnis online di marketplace. Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Sukses Bisnis Online di Marketplace, Bisa Dicoba!

Selain bisa memberikan rasa aman, barang yang ditawarkan di marketplace memang sangat beragam, Superfriends. Mulai dari kebutuhan dasar sampai pernak-pernik hobi bisa lo temukan di sini.

Nah, hal ini tentu bisa jadi potensi buat membangun bisnis yang sudah lo rintis, Superfriends. Apalagi, marketplace tercatat sedang mengalami peningkatan penjualan yang signifikan selama pandemi.

Biar hasil penjualan sesuai harapan, sebaiknya simak dulu beberapa cara sukses bisnis online di marketplace berikut ini, Superfriends!

Lengkapi Profil Toko Online

Cara Sukses Bisnis Online di Marketplace, Bisa Dicoba!

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/BlackSalmon

Cara sukses bisnis online di marketplace yang pertama yaitu lengkapi toko online lo, Superfriends. Isilah profil toko dengan lengkap, mulai dari profile picture, deskripsi toko, sampai jam operasional toko.

Jangan remehkan sejumlah hal tersebut Superfriends. Pasalnya, ini penting banget buat meyakinkan calon konsumen. Toko profile yang lengkap akan memberikan kesan bahwa toko tersebut dikelola dengan baik. Dengan begini, pasti bakal banyak para calon konsumen yang lanjut ke proses transaksi, Superfriends!

Lengkapi Keterangan dan Foto Produk

Cara Sukses Bisnis Online di Marketplace, Bisa Dicoba!

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/atiger

Hal yang mungkin sering dianggap remeh oleh seorang penjual online adalah deskripsi dan foto. Padahal, tips jualan online di marketplace yang satu ini tak boleh diabaikan, lho!

FYI, deskripsi dan foto produk adalah cara lo mengkomunikasikan produk ke calon pembeli. Inilah kesempatan terbesar lo untuk meyakinkan orang-orang untuk membeli produk lo saat itu juga.

Untuk itu, lengkapi deskripsi produk lo dan gunakan foto produk yang menarik, karena hal tersebut penting untuk membuat calon pembeli percaya dengan toko lo. Lo juga nggak perlu menjelaskan berulang-ulang mengenai deskripsi produk lo ke para pelanggan yang bertanya karena kurangnya informasi tentang produk.

Respon Pertanyaan atau Ulasan Konsumen dengan baik

Hampir semua marketplace mempunyai fitur chat langsung ke penjual. Hal itu memungkinkan para calon pembeli untuk bertanya terlebih dahulu tentang ketersediaan barang atau informasi lain yang berkaitan dengan produk.

Seusai melakukan pembelian dan barang diterima, konsumen juga bisa memberikan ulasan produk yang lo jual. Sebagai toko online yang baik, tentu saja lo harus terus membalas pertanyaan dan komentar dengan baik dan ramah.

Jangan terpancing emosi apabila ada pertanyaan atau komentar yang sedikit mengganggu. Dengan menerapkan tips jualan online di marketplace pada poin ini, niscaya bisa membuat rating toko lo bakal bagus dan membuat toko lo semakin terpercaya, Superfriends!

Cepat dalam Pengiriman Produk

Ketika produk lo dibeli oleh konsumen, jangan sampai lo menunda-nunda untuk melakukan pengiriman. Pelanggan lo tentu akan lebih senang apabila barang yang mereka pesan lebih cepat sampai.

Sudah sebaiknya ketika produk lo dipesan, toko lo langsung memprosesnya agar cepat dikirimkan melalui kurir yang sudah dipilih. Gunakan packaging yang layak agar produk lo sampai di tangan pelanggan dengan kondisi yang baik dan nggak ada kerusakan.

Buka di Sejumlah Marketplace Sekaligus

Satu lagi dan nggak kalah penting, cara sukses bisnis online di marketplace yang terakhir yaitu cobalah buat buka toko online sekaligus. Lumayan banget nih buat meningkatkan keuntungan, Superfriends. lo bisa membuka toko di marketplace dengan reputasi baik dan ramai pengunjung.

Tapi ingat, kelola semua toko online lo dengan baik ya, Superfriends. Lo harus tetap memantau semua toko online tersebut, biar toko-toko online tersebut tetap update dan aktif merespons ulasan dari konsumen serta pertanyaan dari calon konsumen.

Nah, itulah beberapa cara sukses bisnis online di marketplace. Semoga bisa membantu ya, Superfriends. Selamat mencoba!

 

Referensi: https://blog.mokapos.com/tips-jualan-online-di-marketplace
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
deskripsi dan foto itu sangat penting
Hengky  kik
informasi yang sangat membantu bagi yang mau memulai bisnis online
Ivan harnawan
Nice info bro
Rull
Nice infooo
Sumardiyono
Sangat bermanfaat
Agus Sungkawa
Nice informasi
Karlina
Nice info
Sutrisman
Infonya bagus
Karlina
Nice info
Karlina
Mantappppp