Alasan Kenapa Harus Mencoba Caving Minimal Sekali Seumur Hidup!

Susur gua atau yang kini biasa disebut caving memang agak beda dari aktivitas outdoor lainnya, Superfriends. Kalau belum tertarik, mungkin lo belum tahu sejumlah alasan kenapa harus mencoba caving minimal sekali seumur hidup. Kuy, kepo-in informasi lengkapnya berikut ini!

Alasan Kenapa Harus Mencoba Caving Minimal Sekali Seumur Hidup!

Caving memang menjadi kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para pecinta alam buat menjelajahi kedalaman perut bumi. Kegelapan gua dan medan yang ekstrem tentu sudah jadi tantangan yang harus lo hadapi, Superfriends.

Yup, lo harus mengatasi rasa takut lo sendiri demi menikmati keindahan alam yang di dalam gua. Biar makin tertarik, mending simak dulu beberapa alasan kenapa harus mencoba caving minimal sekali seumur hidup berikut ini!

Bisa Belajar Mengalahkan Rasa Takut

Alasan Kenapa Harus Mencoba Caving Minimal Sekali Seumur Hidup!

Image source: https://www.singingrock.com/caving

Siapa yang nggak takut ketika harus masuk ke goa yang gelap dan nggak berpenghuni. lo pasti dihinggapi pikiran-pikiran menakutkan yang membuatmu ragu untuk melakukan aktifitas caving.

Tapi justru di sinilah lo belajar bagaimana mengatasi ketakutan dengan pikiran-pikiran yang positif. Ini secara nggak langsung akan terbawa dalam kehidupan sehari-harimu lho, terutama saat lo menghadapi hal-hal sulit atau menakutkan.

Bisa Belajar Bersyukur dan Menghargai Hidup

Alasan Kenapa Harus Mencoba Caving Minimal Sekali Seumur Hidup!

Image source: https://travel.okezone.com/

Ketika tahu bagaimana perjuangan untuk bisa sampai di dasar goa hanya dengan seutas tali, lo mungkin akan berpikir bahwa hidupmu bisa saja berakhir saat itu. Lalu ketika lo berhasil keluar dengan selamat, saya yakin lo akan menjadi seseorang yang lebih bisa menghargai hidup.

Dengan melihat segala keagungan Tuhan yang tercipta lewat lukisan dalam perut bumi, lo juga akan menjadi lebih bersyukur. Tak hanya itu, lo juga akan merasa bahwa lo bukanlah apa-apa dibandingkan alam semesta ini. Jadi orang yang lebih rendah hati, pastinya.

Bisa Melatih Rasa Simpati dan Peduli

Kalau lo termasuk orang yang cuek atau bahkan nggak terlalu peduli dengan sekitar, mungkin lo bisa mencoba untuk caving. lo akan belajar untuk bersikap lebih simpati dan peduli karena pada dasarnya lo tak bisa melakukan caving sendirian. Berbeda dengan kegiatan lain misalnya mendaki gunung, lo mungkin bisa melakukannya sendiri tanpa orang lain.

Maka mau nggak mau lo pasti akan bersosialisasi dan berlatih bagaimana untuk bersikap peduli dengan caver lain. Sebab hal inilah yang menjadi salah satu kode etik selama kegiatan caving berlangsung.

Bisa Memperkaya Wawasan Sejarah Masa Lampau

Kadang gua tertentu memiliki kisah magis atau sejarah yang bahkan nggak diketahui asal muasalnya. Tapi berbagai peninggalan dari masa lalu tetap terjaga di dalam goa dan bisa lo lihat dari dekat. Misalnya di Gua Mampu atau Gua Terkutuk yang ada di Bone.

Di dalam gua ini terdapat banyak batu yang menyerupai makhluk hidup dan berbagai peralatan bercocok tanam yang membatu. Konon, gua ini dulunya adalah sebuah perkampungan petani yang dikutuk oleh sang raja di jamannya. Mungkin lo bisa juga menjumpai hal serupa di berbagai gua lainnya.

Asyik Buat Menikmati Ketenangan dan Menjauh dari Keramaian

Dulu gunung selalu menjadi tempat pilihan saat ingin menjauh dari keramaian. Sekarang, gunung sudah terlalu ramai dan nggak asyik lagi untuk menikmati sepi. Jadi kalau lo ingin merasakan sepi, cobalah untuk caving. Suasana gua yang gelap dan sunyi mendukung untukmu menikmati sepi.

Bisa Menikmati Pesona Keindahan Perut Bumi

Keindahan bumi itu nggak cuma yang nampak dari ketinggian aja lho. Apa yang ada di dalam bumi juga bagian dari keindahannya yang bahkan nggak setiap orang bisa melihatnya. Kadang lo akan menemukan air terjun dalam goa, atau juga aliran sungai bawah tanah. Kalau lo memberanikan diri untuk caving, lo termasuk orang-orang yang beruntung karena bisa melihat betapa indahnya perut bumi kita ini.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa harus mencoba caving minimal sekali seumur hidup. Gimana? Sudah mulai tertarik buat mulai mencoba caving? Tapi, tetap utamakan keamanan dan keselamatan ya, Superfriends. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://phinemo.com/alasan-mengapa-kamu-harus-mencoba-caving-sekarang-juga/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
belum pernah mencoba nya
Ivan harnawan
Nice info bro
Rull
Setuju min
Sumardiyono
wow mantap klu sdh pernah
Karlina
Nice info
Karlina
Nice indo
Karlina
Nice info