Reinhold Messner, Pendaki yang Usulkan Carstensz Masuk Seven Summits

Puncak Carstensz yang masuk dalam Seven Summits dunia ternyata awalnya diusulkan sama pendaki bernama Reinhold Messner, Superfriends. Penasaran sama kisahnya? Langsung aja cek ulasannya!

Reinhold Messner, Pendaki yang Usulkan Carstensz Masuk Seven Summits

Dalam dunia pendakian, ada banyak tokoh pendaki dunia yang biasanya dijadikan inspirator buat kebanyakan orang. Entah itu sosok pendaki yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri, semuanya punya cerita inspiratif yang bisa menginspirasi. Mulai dari Soe Hok Gie, Norman Edwin, dan ada juga Edmund Hillary yang merupakan pendaki mancanegara.

Selain pendaki-pendaki hebat tadi, tentunya masih banyak pendaki lainnya yang juga menjadi sosok inspiratif walaupun namanya masih jarang terdengar. Salah satunya adalah Reinhold Messner, yaitu pendaki legendaris yang konon punya peran penting sebagai orang yang mengusulkan Carstensz Pyramid untuk masuk ke dalam jajaran seven summits dunia.

Nggak cuma mengusulkan Carstensz sebagai seven summits dunia, Reinhold Messner juga dikenal punya banyak prestasi lainnya dalam dunia pendakian, Superfriends. Penasaran sama kisah menariknya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Orang Pertama yang Mengusulkan Carstensz Masuk Seven Summits

Reinhold Messner, Pendaki yang Usulkan Carstensz Masuk Seven Summits

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/Arfani+Mujib

Faktanya, dalam sejarah pendakian ke seven summits dunia, banyak kisah yang cukup panjang dan berliku, Superfriends. Dalam catatan sejarah, tercatat orang pertama yang berhasil menyelesaikan proyek seven summits adalah Richard Daniel (Dick) Bass pada tahun 1929.

Pada masa itu, gunung yang masuk ke dalam daftar seven summits adalah Aconcagua, Kilimanjaro, Elbrus, Denali, Vinson, Everest, dan Kosciuszko. Jelas nggak ada nama Carstensz dalam daftar ini dan digantikan sama Kosciuszko yang menurut Dick Bass mewakili puncak tertinggi di daratan Australia.

Sedangkan, Messner justru mengusulkan daftar lain untuk seven summits yang menggantikan Kosciuszko dengan Carstensz. Pada saat itu, para pendaki menganggap daftar yang diajukan Messner jauh lebih menantang. Karena menurut Messner, Puncak Carstensz lebih menantang dan punya karakteristik ekspedisi, dibanding Puncak Kosciuszko yang jauh lebih gampang buat didaki.

Mendaki Everest Seorang Diri dan Tanpa Tabung Oksigen

Reinhold Messner, Pendaki yang Usulkan Carstensz Masuk Seven Summits

Image source: https://phinemo.com/

Para pendaki pasti udah tau, kalau tabung oksigen sangat penting buat mendaki Gunung Everest. Tapi, Reinhold Messner justru membuktikan kalau ia bisa mendaki Everest tanpa tabung oksigen. Tahun 1975, Messner berhasil mendaki Gasherbrum I di Himalaya bersama Peter Habeler tanpa menggunakan tabung oksigen tambahan.

Akhirnya tiga tahun kemudian, sekitar tahun 1978 Messner dan Habeler kembali mendaki Everest namun tanpa tabung oksigen, dan berhasil. Namun Messner masih belum puas, pada tahun 1980 ia kembali ke Everest, kali ini tanpa tabung oksigen, Sherpa, atau tangga crevasse. Lalu ia dinobatkan sebagai manusia pertama di dunia yang berhasil menggapai Puncak Everest seorang diri tanpa tabung oksigen.

Orang Pertama yang Berhasil Mendaki 14 Puncak Dunia

Reinhold Messner, Pendaki yang Usulkan Carstensz Masuk Seven Summits

Image source: https://phinemo.com/

Selain jadi orang pertama yang mengusulkan Carstensz masuk ke seven summits, lalu orang pertama yang mendaki Everest seorang diri tanpa tabung oksigen, Messner juga menjadi orang pertama di dunia yang berhasil mendaki 14 puncak tertinggi dunia dengan ketinggian di atas 8.000 mdpl.

Di dunia sendiri, terdapat 14 gunung yang puncaknya disebut sebagai “zona kematian”, yaitu memiliki ketinggian di atas 8.000 mdpl. Dan Reinhold Messner menjadi orang pertama yang berhasil mencapai puncak-puncak mematikan tersebut.

Ke-14 puncak mematikan yang telah didaki antara lain, Nanga Parbat (8.125 m), Manaslu (8.163 m), Hidden Peak (Gasherbrum I) (8.080 m), Mount Everest (8.848 m), K2 (8.611 m), Shishapangma (8.027 m), Kangchenjunga (8.586 m), Gasherbrum II (8.034 m), Broad Peak (8.051 m), Cho Oyu (8.188 m), Annapurna (8.091 m), Dhaulagiri (8.167 m), Makalu (8.485 m), dan Lhotse (8.516 m).

Nah, itu tadi kisah menarik dari orang pertama yang mengusulkan Carstensz Pyramid sebagai salah satu dari seven summits dunia, Reinhold Messner. Siapa sosok inspiratif dalam dunia pendakian yang udah menginspirasi lo, Superfriends?

 

Source: https://phinemo.com/reinhold-messner-usulkan-cartenz-masuk-seven-summits-dunia/
In Depth Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
Reinhold Messner
Ivan harnawan
Keren bgt nih orang
Rull
Mantullllll min
Sumardiyono
Tanks infonya
Agung Sutrisno
Reinhold Messner juga dikenal punya banyak prestasi
Karlina
Mantapppp
Sukamto
Sosok inspiratif
Sukamto
Reinhold messner keren
Sukamto
Keren abis
Sukamto
Mantaf abies