Menelusuri Sungai Guadiana dengan Sepeda Selama Seminggu, Mau Coba?

Negara Portugal emang nggak semenarik negara di Eropa lainnya. Tapi Sungai Guadiana jadi daya tariknya sendiri karena bisa ditelusuri dengan sepeda. Bahkan lo bisa mengunjungi beberapa kota dan desa bersejarah. Gimana tertarik nggak Superfriends?

Menelusuri Sungai Guadiana dengan Sepeda Selama Seminggu, Mau Coba?

Benua Eropa punya banyak negara menarik buat lo kunjungi. Tapi sebagian besar orang pasti memilih negara Inggris, Prancis, atau Spanyol aja. Belum banyak orang yang tahu mengenai pesona negara Portugal. Apalagi kalau lo datang saat musim semi atau gugur.

Salah satu tempat paling menarik dari Portugal adalah Sungai Guadiana yang memiliki panjang 818 kilometer. Sungai ini melewati beberapa kota dan desa bersejarah yang menarik banget buat dikunjungi. Bahkan bisa ditelusuri hanya dengan sepeda selama satu minggu.

Cocok banget buat lo yang cari tempat healing sekaligus olahraga. Apa aja ya yang bisa lo kunjungi selama menelusuri Sungai Guadiana ini? Simak aja nih informasi lengkapnya.

Vila Real de Santo Antônio

Menelusuri Sungai Guadiana dengan Sepeda Selama Seminggu, Mau Coba?

Image source: https://erasmusu.com/

Terletak di ujung paling timur Algarve di mana Sungai Guadiana bertemu dengan Samudra Atlantik. Nggak seperti kota di pesisir Algarve yang ramai oleh turis, di sini terbilang cukup tenang. Hal yang paling menarik di Vila Real de Santo Antonio adalah tata kotanya hampir mirip dengan negara Lisbon yang dilengkapi alun-alun luas.

Nggak hanya itu, lo juga bisa melihat pantai hijau yang menyerupai padang rumput. Tapi anehnya masyarakat lokal menganggap biasa saja. Letak kawasan ini juga diapit dua taman nasional, yaitu hutan nasional bukit pasir pantai Vila Real de Santo Antonio dan Cagar Alam Rawa Castro Marim.

Hal ini menjadikan kota ini semakin strategis untuk menjadi tempat pencinta alam berkumpul. Kalo lo cari tempat penginapan, coba deh menginap di Grand House Algarve yang langsung menghadap ke Sungai Guadiana dengan pemandangan kota Ayamonte.

Alcoutim

Menelusuri Sungai Guadiana dengan Sepeda Selama Seminggu, Mau Coba?

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/LuisPinaPhotography

Untuk sampai ke Alcoutim ada baiknya lo lewat jalan kecil khusus trekking untuk menghindari jalanan utama yang dilewati mobil. Tapi medannya cukup berat buat naik sepeda dan harus mengayuh pedal sejauh 54 kilometer. Walaupun ukuran desa kecil banget, tapi hal ini malah membuatnya cocok untuk dieksplor.

Hal yang menarik di Alcoutim adalah lo bisa ngeliat sisi lain Guadiana, Desa Saluncar, bahkan ke Spanyol. Hanya perlu menyebrang ke sana dan menelusuri desa yang nggak kalah keren. Musim paling tepat untuk datang ke sini adalah musim semi dan musim gugur karena udaranya yang sejuk.

Kalau musim panas biasanya suhu udara akan panas dan kering. Sedangkan kalau musim dingin, kota kecil ini punya suhu segar karena pemandangan yang ditawarkan oleh daerah sekitar.

Monsaraz

Menelusuri Sungai Guadiana dengan Sepeda Selama Seminggu, Mau Coba?

Image source: https://www.shutterstock.com/id/g/LuisPinaPhotography

Selama perjalanan ke Monsaraz, di sebelah kanan dan kiri lo akan ada sungai. Selain itu, juga ada Kastel Mourao di kiri dan Kastel Monsaraz di kanan. Desa ini termasuk paling tua di Portugal serta menjadi salah satu keajaiban Portugal di tahun 2017.

Sewaktu lo menelusuri Monsaraz pasti akan seperti time travel, karena pengalaman selama di sana. Mulai dari ke restoran sambil mencicipi makanan tradisional Alentejo hingga melihat Danau Alqueva dari dekat. Apalagi jalur dari kota Mourao sampai ke Monsaraz.

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210702221529-269-662557/tujuh-hari-menelusuri-sungai-guadiana-dengan-bersepeda
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Ivan harnawan
Nice info bro
Sumardiyono
Wow Amazing
Moch Tommy M
Amazing guys
Agung Sutrisno
medan yg cukup berat
Rull
Pemandangannya cakeep
Agus Sungkawa
Boleh d coba juga nih
Karlina
Mantapppp
DEVI TRI HANDOKO
Sungai Guadiana
Karlina
Nice info