Gunung Patah, dari Pendakian Ekstrem Sampai Habitat Bunga Langka

Udah kenal Gunung Patah? Gunung berapi yang terletak di Provinsi Bengkulu ini dikenal punya jalur pendakian ekstrem dan jadi habitat bunga langka di Indonesia, Superfriends. Cari tau selengkapnya berikut ini!

Gunung Patah, dari Pendakian Ekstrem Sampai Habitat Bunga Langka

Bengkulu menjadi kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatra setelah Kota Padang. Selain dikenal sama wisata pantainya yang menakjubkan, di Provinsi ini juga terdapat gunung berapi yang dikenal punya jalur pendakian ekstrem serta menjadi rumah bagi tumbuhan langka di Indonesia. Udah tau gunung apa itu?

Adalah Gunung Patah, yang merupakan gunung berapi paling tinggi di Provinsi Bengkulu. Lo bisa menjelajahi Gunung Patah dengan melakukan pendakian sambil menikmati hutan hujan tropis yang sangat lebat, Superfriends. Penasaran pengen cobain hiking seru di sana? Simak dulu nih ulasan selengkapnya.

Masuk Kawasan Hutan Lindung

Gunung Patah, dari Pendakian Ekstrem Sampai Habitat Bunga Langka

Image source: https://mobillombok.com/

Gunung yang berada di perbatasan antara Bengkulu dan Sumatra Selatan ini masuk ke dalam kawasan hutan lindung Rajamendara, dalam pengelolaan KPH Kaur, Dinas Kehutanan Provinsi Bengkulu, Superfriends.

Gunung berapi yang berusia pada periode kuatener ini punya tiga puncak yang populer, yaitu Puncak Bukit Belirang yang merupakan danau kaldera dengan ketinggian 2.550 mdpl, Puncak Kawah dengan ketinggian 2.650 mdpl, dan puncak tertingginya yaitu 2.853 mdpl.

Habitat Asli Bunga Langka

Gunung Patah, dari Pendakian Ekstrem Sampai Habitat Bunga Langka

Image source: https://static.republika.co.id/

Di gunung ini, lo juga bisa menemukan tumbuhan unik endemik seperti bunga Rhododendron atau Azalea, atau kadang tumbuhan ini biasa disebut Kadudampit. Menariknya, tumbuhan ini cuma bisa tumbuh pada ketinggian di atas 2.000 mdpl aja.

Selain itu, Gunung Patah juga menjadi habitat bagi bunga padma raksasa atau Rafflesia Arnoldii. Lo juga bisa menemukan tumbuhan stroberi hutan yang tumbuh subur dan segar. Kalau lo beruntung, lo bisa menemukan Kantong Semar yang keberadaannya menjadi pertanda kalau hutannya masih alami.

Jalur Pendakian Ekstrem

Gunung Patah, dari Pendakian Ekstrem Sampai Habitat Bunga Langka

Image source: ttps://www.bengkuluinteraktif.com 

Nah, buat menuju puncak Gunung Patah, lo harus melakukan pendakian di jalur yang terbilang ekstrem dan menantang, Superfriends. Perjalanan bakal dimulai dari basecamp di Desa Manau Sembilan, kecamatan Padang Guci, Kabupaten Kaur.

Lalu, lo bakal melewati perkebunan warga buat menuju jalur pendakian berupa hutan hujan tropis yang rimbun, di mana sinar matahari masih sulit masuk ke dalam hutan. Selanjutnya, lo bakal menjumpai tanjakan ekstrem yang cuma bisa dilewati dengan tali atau webbing.

Apalagi hutan ini juga punya curah hujan yang tinggi, bahkan durasi hujan bisa mencapai 14 jam sehari semalam, Superfriends. Pastinya hal ini bikin jalur pendakian jadi semakin menantang, sampai bisa makan waktu 10-14 hari lamanya buat sampai ke puncak gunung.

Panorama Puncak Gunung Patah

Kalau udah menjelajahi dan melewati berbagai rintangan di jalur pendakian yang ekstrem, lo bakal sampai di puncak gunung, Superfriends. Emang sih pemandangan dari atas puncak gunung ini nggak kayak puncak gunung lainnya di Indonesia, karena area puncaknya masih berupa hutan lebat.

Tapi, yang menariknya lo bisa menemukan surga tersembunyi seperti Danau Tumutan Tujuh serta kawah aktif Gunung Patah. Hal ini tentu nggak kalah serunya dari mendaki gunung-gunung lain di Indonesia.

Itulah tadi tentang Gunung Patah di Provinsi Bengkulu yang punya jalur pendakian ekstrem dan menjadi habitat tumbuhan langka di Indonesia. Gimana, lo tertarik buat menjelajahi gunung ini, Superfriends?

 

Source: https://travelingyuk.com/gunung-patah-di-bengkulu-memiliki-jalur-pendakian-ekstrem/292311
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

21 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Moch Tommy M
Wonderful
Karlina
Nice info
Rull
Kereen nama gunungnya..
Ivan harnawan
Wonderful indonesia
DEVI TRI HANDOKO
Panorama Puncak Gunung Patah sangat cantik
Sumardiyono
Amaziiiing
Agus Sungkawa
Yang sangat langka
arief
kereennnn dan mantapppp
Agung Sutrisno
pendakian di jalur yang terbilang ekstrem dan menantang