Seniman Prancis dan Tour Agency Lokal Bersih-Bersih Rinjani Selama 72 Jam!

Pasti lo sudah mendengar aksi seniman asal Prancis dan tour agency lokal yang bersih-bersih Gunung Rinjani kan, Superfriends? Yup, aksi Benjamin Ortega dan Green Rinjani ini wajib banget diapresiasi karena bisa jadi sumber inspirasi banyak orang. Berikut ulasan selengkapnya!

Seniman Prancis dan Tour Agency Lokal Bersih-Bersih Rinjani Selama 72 Jam!

Ramainya jalur pendakian memang membawa keberkahan bagi sejumlah masyarakat setempat, Superfriends. Pasalnya, mereka bisa mengais rezeki dari pendaki yang datang. Mulai dari usaha makanan sampai jasa transportasi buat antar-jemput pendaki bisa jadi potensi usaha buat warga lokal.

Disamping itu, ternyata hal ini ternyata juga membawa dampak yang kurang baik bagi lingkungan lho, Superfriends. Salah satunya dan yang paling sering ditemukan yaitu banyaknya sampah sisa logistik yang berserakan di alam yang tadinya masih asri.

Sayang banget ya Superfriends, padahal kan pemandangan dan suasana di gunung pasti bakal terasa menyenangkan kalau nggak ada sampah. Tapi, kurangnya kesadaran dari beberapa oknum pendaki membuat sampah yang harusnya dibawa turun malah ditinggal di jalur pendakian atau sekitar camp area.

Tapi, ada cerita yang sangat menginspirasi di tengah pandemi nih, Superfriends. Pasti lo juga sudah pada tahu ceritanya, kan? Yup, cerita inspiratif ini datang dari seniman asal Prancis yang berkolaborasi dengan tour agency lokal untuk melakukan semacam operasi pembersihan sampah di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Seniman yang diketahui bernama Benjamin Ortega bersama Green Rinjani berhasil membawa turun sampah kurang lebih 1,6 ton dari gunung tertinggi ketiga itu, Superfriends. Biar makin terinspirasi, sebaiknya simak cerita lengkapnya berikut ini!

Mengumpulkan 1,6 Ton Sampah dalam 3 Hari

Seniman Prancis dan Tour Agency Lokal Bersih-Bersih Rinjani Selama 72 Jam!

Image source: https://cdn-brilio-net.akamaized.net/ 

Dilansir dari postingan Instagram miliknya @benjaminortega, pria tersebut berhasil mengumpulkan 1,6 ton sampah dari Gunung Rinjani dalam kurun waktu sekitar 72 jam atau 3 hari, Superfriends.

Ia juga masih nggak percaya dengan apa yang baru saja dilakukan bersama @greenrinjani, salah satu penyedia jasa pendakian open trip di Lombok, karena aksi sosial tersebut terbilang sangat cepat dan tentunya bisa jadi inspirasi banyak orang.

Jualan Roti Buat Biaya Porter

Seniman Prancis dan Tour Agency Lokal Bersih-Bersih Rinjani Selama 72 Jam!

Image source: https://awsimages.detik.net.id/ 

Niat baik Ortega bisa dibilang nggak tanggung-tanggung nih, Superfriends. Pasalnya, ia juga menggalang dana buat membayar biaya porter yang mengangkut sampah biar Bumi Dewi Anjani benar-benar bersih dari sampah.

Ia dan Green Rinjani menggalang dana dengan menjual baguette, roti khas Prancis, secara online, dan berhasil menjual sebanyak 2,3 ribu roti, Superfriends. Dana hasil penjualan roti, kemudian mereka gunakan buat membayar 50 orang porter yang membawa sampah hasil operasi bersih.

Turut Melibatkan Pengelola Gunung Rinjani

Menurut Ortega, aksinya itu dilakukan biar lingkungan Gunung Rinjani jadi lebih bersih dan bebas dari sampah, Superfriends. Ia juga sempat bertemu dengan pihak pengelola Badan Taman Nasional Gunung Rinjani untuk membicarakan kegiatan mereka, serta membahas solusi terkait masalah sampah di gunung tersebut biar lebih asri nantinya.

Selain itu, Ortega juga berjanji bakal mengunggah video dokumenter yang menceritakan secara detail saat ia dan rekan-rekan membersihkan sampah di Gunung Rinjani lho, Superfriends. Tujuannya, biar makin banyak yang terinspirasi dan sadar akan pentingnya menjaga kebersihan saat berpetualang di alam bebas.

Nggak cuma saat mendaki Gunung Rinjani, tapi juga semua destinasi wisata alam karena sangat merusak lingkungan, membuat petualangan jadi terasa kurang nyaman dan nyaman, serta mengganggu keindahan, Superfriends. Jadi, jangan pernah buang sampah sembarangan, ya!

 

Referensi: https://www.instagram.com/benjaminortega/
https://www.instagram.com/greenrinjani_/
Trending Beginner Extreme solo traveling

21 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Wow amazing
Karlina
Nice info
Rull
Kereen nih orang2 luar bisa collab dengan lokal bersihkan gunung
Agung Sutrisno
Kepedulian pecinta alam
SRI YAYA ASTUTI
Gunung Rinjani
SRI YAYA ASTUTI
Niat baik Orteg
Ivan harnawan
Nice info. . .mari kita jaga lingkungan
Sumardiyono
Wow Mantaaap
Suleman
Nice info
Sutrisman
Infonya bagus