Hindari Hal Ini Biar Nggak Kena Masalah Saat Check Out di Hotel

Sebaiknya, hindari beberapa hal ini biar ngga kena masalah saat check out di hotel, Superfriends. Kedengarannya mungkin terkesan sepele, tapi hal ini ternyata lumayan mengganggu lho, terlebih kalau lo lagi sibuk banget atau buru-buru dikejar waktu. Sila simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Hindari Hal Ini Biar Nggak Kena Masalah Saat Check Out di Hotel

Saat traveling keluar kota atau bahkan ke luar negeri pasti lo membutuhkan hotel sebagai tempat menginap yang berada dekat dengan tempat tujuan atau destinasi wisata tertentu. Selain mudah ditemukan, hotel juga punya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dompet lo, Superfriends.

Tapi, sebelum meninggalkan hotel sebaiknya perhatikan beberapa hal, ya! Pastikan nggak ada barang pribadi yang tertinggal, serta barang hotel yang terbawa. Karena, biasanya tamu hotel baru diizinkan meninggalkan area hotel setelah kondisi kamar dinyatakan clear, termasuk dari hal-hal yang menyalahi peraturan.

Biar nggak kejadian, sebaiknya hindari beberapa hal ini biar ngga kena masalah saat check out di hotel ya, Superfriends!

Terlambat Check Out

Hindari Hal Ini Biar Nggak Kena Masalah Saat Check Out di Hotel

Image source: https://fthmb.tqn.com/ 

hal pertama yang harus dihindari biar ngga kena masalah saat check out di hotel yaitu terlambat check out nih, Superfriends. Sebab, kalau nggak ada konfirmasi lebih lanjut dan masih berada di kamar hotel, lo bisa saja dikenakan biaya overtime.

Kebijakan hotel buat masalah yang satu ini tentu berbeda-beda, baik batas waktu check out maupun denda atau biaya overtime. Biasanya, batas waktu check out berlaku mulai pukul 12 siang dengan toleransi waktu 30 menit. Sedangkan untuk biaya overtime, umumnya tamu bisa dikenakan 25 persen sampai 50 persen dari harga kamar, Superfriends!

Mengambil Snack Bar

Hindari Hal Ini Biar Nggak Kena Masalah Saat Check Out di Hotel

Image source: https://brewsuniq.com/ 

Di sejumlah hotel berbintang, biasanya sudah tersedia snack bar alias beragam camilan di sudut ruangan. Jika nggak jeli, kita akan langsung menganggapnya sebagai makanan yang bisa dinikmati tamu secara gratis.

Padahal, nanti ketika check out, camilan tersebut akan dikenai biaya tambahan. Selain air mineral dan teh celup atau kopi sachet, biasanya akan ada charge di luar harga kamar.

Membawa Pulang Handuk dan Bathrobe

Hindari Hal Ini Biar Nggak Kena Masalah Saat Check Out di Hotel

Image source: https://1.bp.blogspot.com/ 

Peralatan mandi yang tersedia di kamar hotel memang diperuntukkan pengunjung, tapi nggak untuk handuk dan bathrobe. Bagian housekeeping bisa dengan mudah mengetahui berapa jumlah handuk yang tersisa di dalam kamar.

Meninggalkan Noda Membandel pada Properti Hotel

Hindari Hal Ini Biar Nggak Kena Masalah Saat Check Out di Hotel

Image source: https://www.goodtherapy.org/ 

Kondisi kamar yang kotor memang akan langsung diatasi pihak hotel. Tapi beda ceritanya kalau lo meninggalkan noda permanen yang tak bisa hilang.

Misalnya mengusap semir sepatu dengan handuk, menggoreskan tinta spidol ke bed sheet, atau tak sengaja menumpahkan lem yang tak bisa hilang di atas karpet.

Menutupi Kerusakan Properti Hotel

Jangan pernah berpikir untuk menutupi kerusakan yang sengaja maupun tak sengaja dilakukan terhadap properti hotel. Karena pada akhirnya, kondisi kamar akan dicek kembali dengan rinci. Termasuk hal kecil seperti membuang pecahan gelas dalam kamar yang tak sengaja tersenggol.

Menghilangkan Kunci

Memang sih bisa saja lo hanya tinggal meminta kunci kamar cadangan untuk membuka pintu kamar, kalau alasannya karena kunci yang lo pegang sebelumnya nggak berfungsi – mungkin masih wajar dan bahkan pihak hotel akan meminta maaf kepada lo.

Tapi jika alasannya adalah untuk mengganti kunci pertama karena hilang – siap-siap menerima denda ya Superfriends!

Menurunkan Kasur Tanpa Dirapikan Lagi

Tempat tidur single bed biasanya terdiri dari dua tumpukan kasur. Kebiasaan yang banyak ditemui adalah menurunkan salah satu kasurnya alias bed down. Sebenarnya hal ini sah-sah saja dilakukan, asal kembali dirapikan sebelum check out. Kalau nggak, siap-siap kena denda hingga Rp250 ribu.

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/tips/putriana-cahya/7-hal-ini-bisa-bikin-kamu-kena-masalah-saat-checkout-dari-hotel/2
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Info yang bermanfaat
Terima kasih
Karlina
Nice info
Rull
Kebanyakan tuh bawa pulang alat hotel n hilangin kunci hehehe
DEVI TRI HANDOKO
HOTEL SAAT TRAVELING
Ivan harnawan
Nice info bro
Karlina
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
taati peraturan
Sumardiyono
Tanks infonya
Agus Sungkawa
Sangat bermanfaat informasi nya
Yeni Kurniasih
Informasi yang bermanfaat