Pantai Ngurbloat di Maluku yang Air Lautnya Hilang Tiba-Tiba, Kenapa?

Tanggal 4 Juli 2021 lalu, di akun Tiktok @Fahmiahab mengunggah satu video di Pantai Ngurbloat. Seperti yang bisa lo lihat, ia menunjukkan kalau air laut di pantai tersebut mengering. Walaupun durasinya singkat, tapi video tersebut berhasil viral dan menyita perhatian banyak orang.

Pantai Ngurbloat di Maluku yang Air Lautnya Hilang Tiba-Tiba, Kenapa?

Video di Tiktok sering kali viral dan jadi perbincangan banyak orang. Namun ada salah satu video yang baru dibagikan oleh akun @Fahmiahab pada tanggal 4 Juli 2021 lalu. Ia menunjukkan kalau air laut di Pantai Ngurbloat mengering. Kalau lo lihat videonya, pria tersebut jalan di pinggir pantai dan hanya terlihat hamparan pasir yang luas tanpa ada air laut.

Video FYP ini benar-benar viral bahkan sudah dilihat sebanyak 22,3 juta kali dan disukai 2,3 juta kali. Menurut sejumlah netizen yang ikut komentar, pantai ini ada Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. Fenomena surutnya air laut juga dianggap normal yang disebut sebagai meti atau pasang surut air laut oleh masyarakat setempat.

Inilah beberapa informasi terkait adanya kejadian Meti di Pantai Ngurbloat, Maluku.

Disebut sebagai Pasir Terhalus

Pantai Ngurbloat di Maluku yang Air Lautnya Hilang Tiba-Tiba, Kenapa?

Image source: https://images-wixmp-ed30a86b8c4ca887773594c2.wixmp.com/

Hamparan pasir putih panjang berlatar pohon kelapa ini cocok banget buat lihat sunset atau sekedar main voli. Pantai Ngurbloat terletak di Desa Ngilngof, Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Tahu nggak sih Superfriends kalau pantai ini punjang hingga lima kilometer?

Nggak heran kalau pantai ini dikenal sebagai salah satu pasir terpanjang di Asia Tenggara. Kalau mampir kesini lo dijamin puas banget buat lari-lari sambil main air pantai. National Geographic juga menobatkan Pantai Ngurbloat sebagai pasir terhalus di dunia. Karena tekstur pasirnya yang lembut dan halus banget.

Berbeda dengan pantai indah lainnya di Indonesia yang harus menempuh perjalanan panjang dan lewat akses sulit. Kalau ke sini lo hanya perlu menempuh perjalanan selama 30 menit dari pusat Kota Lamggur. Fenomena Meti di Pantai Ngurbloat sudah dianggap wajar oleh warga setempat.

Bahkan pada bulan Oktober atau November akan diadakan Festival Pesona Meti Kei tiap tahun. Meti juga terjadi sampai ke lautan luas, saat surut akan terlihat seperti lapangan luas. Masyarakat Kei akan memanfaatkannya untuk menangkap ikan hanya dengan kasang kosong!

Terbilang Fenomena yang Unik

Pantai Ngurbloat di Maluku yang Air Lautnya Hilang Tiba-Tiba, Kenapa?

Image source: https://www.bobobox.co.id/

Sebenarnya pasang surut air laut dianggap wajar, karena bukan hanya Pantai Ngurbloat saja yang ngalamin kejadian ini. Banyak pantai di seluruh Indonesia maupun dunia yang ngalamin juga. Seperti yang ada di video Tiktok, Fahmi berjalan ke tengah laut tapi nggak sama sekali lihat air cuma ada seekor bintang laut aja.

Di akhir video, ia kembali ke daratan dan nunjukkin perbatasan antara air dan pantai. Dengan aksinya yang nekat ini banyak netizen yang khawatir kalau tiba-tiba air laut menerjang Fahmi saat merekam video. Tapi tenang aja Superfriends, biasanya panjang periode air laut pasang surut antara 12 jam 25 menit atau 24 jam 50 menit.

 

Source: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4599973/viral-video-pria-jalan-jalan-ke-tengah-laut-yang-airnya-mengering
Trending Beginner Extreme solo traveling

29 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Nice info bro
Sumardiyono
Tanks infonya
Sumardiyono
Tanks infonya
Rull
Kereeeeen tempatnya
Monides Sagala
Wuih, kok bisa
Agus Sungkawa
Ada periode pasang surut nya
Suleman
Nice info
Karlina
Nice info nya
Karlina
Nice info
Sutrisman
Infonya bagus