Sebelum Bikepacking Coba Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu

Bikepacking atau bike camping cocok banget buat lo coba saat pandemi kayak sekarang. Nggak perlu booking tempat penginapan, tapi sudah bisa nambah pengalaman menyenangkan. Tapi ada baiknya lo siapin beberapa hal ini dulu Superfriends.

Sebelum Bikepacking Coba Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu

Bike camping atau bikepacking digambarkan sebagai perpaduan antara bersepeda dan backpacking. Ini adalah cara yang tepat buat nemu tempat petualangan baru. Nggak hanya di jalan beraspal aja, lo juga bisa menelusuri tempat yang nuansa alamnya masih kental.

Ini juga jadi salah satu cara buat nemuin kesenangan di tengah-tengah pandemi, karena jauh dari kerumunan. Sebelum bikepacking ada banyak hal yang harus perhatiin. Mulai dari jenis sepeda apa yang lo pilih sampai cara packing. Kalau persiapan matang pasti perjalanan seberat apapun jadi lebih mudah.

Buat lo yang ada rencana bikepacking jarak dekat maupun jarak jauh, perhatikan hal ini dulu.

Rencanakan dengan Matang

Sebelum Bikepacking Coba Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu

Image source: https://www.adventure-journal.com/ 

Apapun perjalanannya harus direncanakan dengan matang, nggak boleh setengah-setengah. Rencana matang adalah setengah dari kesenangan yang bakal lo dapetin. Pertama tetapkan tujuan akhir selama ngelakuin bikepacking.

Pilih jalan atau rute yang akan dilalui, tetapkan durasi untuk sampai tujuan, dan nentuin tempat istirahat misalnya setiap 30 kilometer berhenti. Karena masih pandemi, ada baiknya lo menghindari tempat yang banyak orang seperti restoran. Lebih baik bawa bekal atau mampir ke tempat makan yang sepi.

Optimalkan Pannier

Sebelum Bikepacking Coba Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu

Image source: https://www.bikepacking.com/ 

Daripada lo bawa tas besar dan buat barang bawaan semakin berat. Mendingan lo optimalkan aja pannier untuk simpan barang bawaan. Pannier bisa dipasang di kursi, setang, atau frame sepeda. Biasanya ini disesuaikan kembali dengan ukuran pannier yang lo punya.

Bawa barang dan perlengkapan yang diperlukan dan usahakan jangan berlebihan. Semakin banyak barang yang lo bawa maka semakin berat juga perjalanan yang lo lalui. Cukup bawa beberapa pakaian kasual, alat mandi, masker, hand sanitizer, makanan jadi, sampai botol minum.

Ingatlah untuk tetap minum selama perjalanan agar terhindar dari dehidrasi. Kalau ingin kapasitas air yang banyak bisa pilih bottle cage sebanyak mungkin di sepeda. Atau bisa juga pakai tas botol khusus yang bisa dikaitkan pada frame sepeda.

Jangan Takut Lelah

Sebelum Bikepacking Coba Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu

Image source: https://i.pinimg.com/

Selama bikepacking lo perlu bersiap-siap lelah, mau perjalanannya dekat atau jauh. Karena mengejar durasi untuk sampai tujuan, lo harus tetap mengayuh pedal sepeda selama beberapa hari. Belum lagi sambil membawa perlengkapan dan perbekalan yang ada di sepeda.

Walaupun mengayuh dengan santai tapi tetap aja harus konsisten. Kalau nggak bisa maka jangan harap sampai ke lokasi akhir. Belum lagi ngadepin permasalahan yang nggak terduga seperti ban sepeda kempes, tempat penginapan nggak nyaman sampai beda pendapat sama teman satu grup bikepacking.

 

Source: https://review.bukalapak.com/sports/bikepacking-bike-camping-113329
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
info yang sangat menarik
Ivan harnawan
Nice info bro
Sumardiyono
Tanks infonya
Rull
Nice infoooo min
Karlina
Nice info
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
Agung Sutrisno
Bawa barang dan perlengkapan yang diperlukan
Karlina
Nice info