Menikmati Kopi ala Kafe dengan French Press Rumahan

Minum kopi jadi kepuasan buat para penikmatnya, nggak minum sehari aja sudah nggak tahan. Daripada lo pergi ke kafe, seduh aja kopi dengan french press di rumah. Jadi nggak perlu biaya mahal, repot, dan tetap santai. Nih cara menyeduh kopi dengan french press yang mudah.

Menikmati Kopi ala Kafe dengan French Press Rumahan

Menyesap kopi di kafe memang punya kenikmatan tersendiri, suasana kafe sampai latar musik membuat lo jadi tenang. Selain itu, kopi yang dibuat dengan manual brew atau seduh manual oleh para barista jadi makin istimewa. Barista sendiri mempelajari beragam teknik sebelum terjun langsung. Tapi lo bisa lho buat kopi sendiri pakai french press di rumah.

French press adalah perangkat menyeduh kopi yang telah mengalami beberapa kali modifikasi desain. Bentuknya mirip dengan ketel berukuran kecil dilengkapi tuas pendorong pada bagian atas. Tuas berguna untuk menekan filter agar kopi dan air panas terpisah. Selain itu, french press bisa mengekstrak endapan kopi serta minyak lebih banyak. Yuk seduh kopi sendiri di rumah pakai french press Superfriends.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Menikmati Kopi ala Kafe dengan French Press Rumahan

Image source: https://majalah.ottencoffee.co.id/ 

Siapkan biji kopi yang sesuai dengan selera lo, kalau french press sendiri memilih biji kopi yang dipanggang medium hingga gelap. Lalu giling biji kopi pakai coffee grinder untuk mendapatkan kesegaran rasa kopi. Nggak perlu pakai mesin kopi otomatis, lo juga bisa pakai yang manual.

Didihkan air yang bebas polutan dan bau pakai ketel. Ketel ini juga berguna membantu menuang air ke french press tanpa takut tumpah. Jangan lupa siapin timbangan untuk mengukur air serta biji kopi biar pas. Jadi nggak terlalu keenceran atau kekentalan. Lalu termometer buat nemuin suhu yang pas untuk menyeduh kopi.

Langkah-langkah Menyeduh Kopi dengan French Press

Menikmati Kopi ala Kafe dengan French Press Rumahan

Image source: https://www.lecker.de/  

Pertama siapkan air yang sudah diseduh dan biji kopi yang sudah digiling. Untuk rasio pemakaian bisa lo sesuaikan dengan selera. Kalau racikan barista kafe menggunakan rasio 1:15 atau 1 gram kopi dan 15 mililiter air. Tapi kalau lo pecinta kopi pekat gunakan rasio 1:10 atau 1:12 Superfriends.

Untuk suhu air sendiri paling ideal berada di antara 90 sampai 95 derajat celcius. Ukur pakai termometer agar nemuin suhu yang pas, tapi kalo nggak ada bisa masak air selama lima menit saja. Sedangkan menggiling biji kopi jangan terlalu halus, jaga tekstur kopi sedikit kasar.

Setelah semua bahan siap, buka french press lalu tuangkan kopi bubuk dan air yang telah diseduh. Kemudian tutup rapat dan jangan sampai ada yang terbuka. Biarkan kopi terendam selama empat sampai lima menit. Tapi kalau lo suka rasa kopi yang pahit bisa merendamnya lebih dari lima menit.  Terakhir, dorong tuas hingga ampas kopi tersaring. Lalu sajikan kopi untuk siap diminum.

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210611145644-262-653193/cara-seduh-kopi-rumahan-seenak-di-kafe-dengan-french-press
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Nice info bro
Sumardiyono
Mantaaaap
Agus Sungkawa
Nikmati kopinya
Hengky  kik
bisa di coba nih , ngopi di rumah ala di cafe
Agung Sutrisno
Menikamti secangkir kopi disuasana rumah sendiri
Karlina
Nice info
Sutrisman
Infonya bagus
Rull
Kereeen nih infomya
Karlina
Mantapppp
DEVI TRI HANDOKO
Menyeduh Kopi dengan French Press

Menikmati Kopi ala Kafe dengan French Press Rumahan