Nggak Semuanya Bisa Dikonsumsi, Lo Bisa Makan Buah Ini Aja di Alam Liar

Saat di alam liar, lo perlu bersikap waspada dengan dibekali pengetahuan dasar. Seperti cara bertahan hidup sampai buah apa aja yang bisa lo konsumsi. Karena ada beberapa buah yang nggak boleh dimakan bahkan mengandung racun. Lalu apa aja sih buah yang bisa lo makan?

Nggak Semuanya Bisa Dikonsumsi, Lo Bisa Makan Buah Ini Aja di Alam Liar

Alam liar punya banyak rahasia yang nggak semua orang tahu termasuk lo Superfriends. Apalagi alam punya kekayaan melimpah yang bisa lo nikmatin. Mulai dari pemandangannya, tempat wisatanya, serta makanan yang bisa lo makan. Termasuk buah segar yang bisa lo lihat waktu survival di alam bebas.

Tapi ada juga buah yang nggak boleh dikonsumsi karena mengandung racun. Nah lo perlu berhati-hati nih Superfriends biar menghindar dari kejadian yang nggak diharapkan. Makanya selama di alam liar sebaiknya sudah bi nsa ngebedain mana buah yang bisa dikonsumsi sama buah yang nggak bisa dikonsumsi.

Kalau lo melihat buah-buah berikut ini, jangan ragu untuk mengonsumsinya Superfriends.

Gooseberries

Nggak Semuanya Bisa Dikonsumsi, Lo Bisa Makan Buah Ini Aja di Alam Liar

Image source: https://www.healthline.com/ 

Buah yang berasal dari benua Eropa ini disebut juga sebagai buah cermai. Punya rasa asam yang segar bakal membuat tenggorokan nggak kering. Ukuran buahnya kecil. Tapi tinggi pohon bisa mencapai sembilan meter. Selain itu, bercabang rendah serta renggang kalau lo lihat langsung buahnya bergerombol dengan enam sampai delapan rusuk.

Biasanya lo nemuin buah gooseberries di tempat lembab sampai ketinggian 1.000 mdpl. Meskipun ukurannya kecil tapi buah ini kaya nutrisi. Dengan mengonsumsinya bisa mendapat manfaat mulai dari vitamin C, tinggi serat, kaya antioksidan, dan mengendalikan kadar gula darah.

Jambu Mete

Nggak Semuanya Bisa Dikonsumsi, Lo Bisa Makan Buah Ini Aja di Alam Liar

Image source: https://nusantaranews.co/ 

Disebut juga sebagai jambu monyet yang bentuknya sedikit unik daripada jenis jambu yang sering lo lihat. Buat lo yang ketemu sama buah jambu mete termasuk beruntung lho. Karena hampir semua bagian pohonnya bisa dikonsumsi. Mulai dari pucuk daun yang bisa dijadikan lalapan, buahnya yang bisa langsung dimakan, dan kacang di bagian bawah buah.

Kacang buah jambu mete yang sudah kering lalu digoreng biasa disebut kacang mete. Yang terkenal lezat dan punya harga yang lumayan mahal. Biasanya lo bakal ketemu buah ini di kebun, hutan, dan lereng pegunungan. Manfaat konsumsi jambu mete yaitu meningkatkan energi dan nurunin berat badan.

Ciplukan

Nggak Semuanya Bisa Dikonsumsi, Lo Bisa Makan Buah Ini Aja di Alam Liar

Image source: https://1001indonesia.net/

Buah yang punya nama lain cecendet ini tumbuh di daerah pegunungan. Pasti diantara lo udah banyak yang pernah lihat buah ciplukan ini. Nggak perlu susah payah naik pohon karena ukurannya nggak lebih dari satu meter. Memiliki bentuk yang cukup unik jadi mudah diingat orang-orang.

Buahnya terbungkus kuncup hijau berwarna hijau atau kuning kalau sudah matang. Punya rasa manis dan sedikit keasaman. Cocok banget dikonsumsi waktu lo haus karena bisa ngilangin dahaga. Selain itu, mengobati gusi berdarah dan hipertensi.

 

Source: https://survivalalam.blogspot.com/2016/10/buah-liar-yang-aman-dikonsumsi.html
Tips Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Rull
Kereeen infooomya min
Karlina
Kerennnnnn
SRI YAYA ASTUTI
Ciplukan
Ivan harnawan
Info yang bermanfaat. . .berguna saat survival dihutan
Mulyanto
Dulu sering makan ciplukan
Agus Sungkawa
Beberapa jenis makanan yg bisa kita makanan
Sumardiyono
Nice infonya
Hajigur
nice info, thanks..
Hengky  kik
info yang sangat berguna dan bermanfaaat
Hengky  kik
info yang sangat bermanfaat untuk para pemula seperti saya