Cara Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil di Daerah Wisata

Potensi bisnis rental mobil memang lumayan menjanjikan nih, Superfriends. Apalagi, kalau lo tinggal di daerah wisata yang sering didatangi para traveler, pasti saat musim liburan pasti bakal laris manis, deh. Tapi, lo sudah tahu belum bagaimana cara sukses memulai bisnis rental mobil di daerah wisata? Berikut tips lengkapnya!

Cara Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil di Daerah Wisata

Rental mobil sering dilakukan oleh masyarakat yang nggak memiliki kendaraan pribadi dan hanya membutuhkan mobil pada waktu-waktu tertentu saja.

Bisnis ini menjadi laku di kalangan masyarakat mengingat kendaraan pribadi nggak dibutuhkan semua orang dan hanya menjadi kebutuhan tersier atau kebutuhan mewah yang tertuju bagi orang-orang dengan penghasilan tinggi.

Dari hal tersebut terlihat bahwa peluang bisnis rental mobil akan semakin tinggi dan nyata peminatnya. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis rental mobil ini? Apa strategi suksesnya agar bisnis rental mobil yang dibangun dapat bertahan lama? Simak ulasannya di bawah ini!

Tentukan Harga dan Berikan Tawaran Menarik

Cara Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil di Daerah Wisata

Image source: https://nmaa.co.id/ 

Harga menjadi salah satu hal yang sensitif bagi konsumen. Maka itu, harga nggak boleh sembarangan ditentukan. Lo bisa melakukan riset dan survei mengenai harga pasar rental mobil yang sedang berlaku di lokasi dimana rental mobil lo berada.

Jangan memaksakan diri untuk membuat harga yang terlampau mahal, karena bisa jadi nantinya lo akan kehilangan konsumen. Selain itu, lo juga bisa menetapkan harga promo dan diskon pada periode tertentu. Hal ini dilakukan agar bisa menarik konsumen untuk memilih bisnis lo daripada rental mobil lainnya.

Lakukan Promosi

Cara Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil di Daerah Wisata

Image source: https://p4t6u7k5.stackpathcdn.com/ 

Setelah lokasi dan target pasar telah ditentukan, tentunya lo ingin konsumen untuk menyewa di rental mobil yang dibangun. Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak hingga membuat kas atau omset bisnis ini meningkat, maka yang perlu lo lakukan adalah menjalankan promosi atau pemasaran.

Strategi marketing yang efektif dapat menarik konsumen untuk menyewa mobil di bisnis lo. Kini, lo dapat melakukan promosi di media sosial atau melalui rekan bisnis.

Pastikan Mobil dalam Kondisi Bagus

Cara Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil di Daerah Wisata

Image source: https://i1.wp.com/buyyourproduct.com 

Mobil dalam hal bisnis rental mobil dapat menjadi investasi yang bagus. Oleh sebab itu, investasi yang tepat ini bisa lo jalankan dengan memilih mobil yang sesuai dan banyak diminati konsumen.

Selain itu, kualitas keseluruhan mobil juga harus baik, seperti terawat dan bersih. Jadi, konsumen akan merasa aman dan nyaman dengan bisnis rental mobil lo. Lo juga bisa memanfaatkan asuransi untuk perlindungan mobil dan bisnis yang dijalani.

Bangun Relasi dan Jaringan

Ketika bisnis rental mobil lo memiliki mobil yang baik untuk disewakan, lo dapat membangun kepercayaan terhadap relasi bisnis dan konsumen. Untuk mendapatkan banyak kepercayaan dan juga relasi yang nantinya bisa menjadi investor, maka lo harus mampu memperluas jaringan dan relasi.

Semakin banyak jaringan dan relasi yang dimiliki, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa diajak untuk bekerjasama mengembangkan usaha. Dengan demikian, bisnis rental mobil lo semakin cepat berkembang dan sukses.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan relasi adalah dengan bergabung di beberapa komunitas dan asosiasi bisnis rental mobil yang ada di wilayah tersebut.

Antisipasi Tindak Kriminal Pencurian Mobil

Di era yang serba mudah ini, beberapa aksi pencurian seringkali dilakukan oleh sejumlah oknum yang nggak bertanggungjawab. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis rental mobil ini lo perlu ekstra waspada.

Pada dasarnya, di lapangan memang sudah sering terjadi kasus pelarian mobil rental yang disewa oleh orang-orang yang nggak bertanggungjawab. Tindakan kriminal ini dilakukan dengan banyak siasat, seperti salah satunya dengan menyerahkan dokumen palsu kepada pemilik rental.

Tentu saja dengan dokumen palsu mereka para oknum ini akan leluasa untuk melakukan tindak kejahatannya dengan membawa mobil tersebut. Maka dari itu, lo dapat memperhatikan dengan seksama dokumen yang diberikan oleh konsumen.

Dalam hal ini, lo memang diharuskan memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk bisa membedakan dokumen-dokumen asli dan palsu sebagai syarat dan ketentuan untuk menyewa mobil tanpa sopir. Dengan demikian, lo dapat meminimalkan terjadinya pencurian dan penipuan, Superfriends!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/business/economy/ainal-zahra-1/6-cara-memulai-bisnis-rental-mobil-yang-menguntungkan/6
Tips Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
DEVI TRI HANDOKO
Rental Mobil
Ivan harnawan
Nice info. . .harus bisa memanfaatkan peluang bisnis
Rull
Mantaaap infoonya
Mulyanto
Inspiratif
Ainun Nafiah
nice infooooo
Sumardiyono
Tanks infonya
Agus Sungkawa
Belajar menjadi orang sukses
Karlina
Kerennnnnn
Karlina
Mantappppp