Cara Praktis Buat Mulai Mencoba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Saat traveling ke pantai, surfing memang menjadi salah satu pilihan aktivitas yang sangat menyenangkan. Tapi, buat melakukan water sport yang satu ini ternyata nggak semudah kelihatannya, lho. Maka dari itu, lo wajib pahami sejumlah cara praktis buat mulai mencoba surfing saat traveling ke pantai, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Praktis Buat Mulai Mencoba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Menyaksikan para peselancar yang asyik menaklukan ombak memang menjadi aktivitas seru saat berlibur di pantai. Tapi, pasti bakal lebih seru kalau lo ikut melakukan water sport yang satu ini, Superfriends.

Sekilas, berselancar di atas gulungan ombak memang terlihat menyenangkan dan mudah buat dilakukan. Padahal, ternyata nggak semudah itu lho, Superfriends. Ada sejumlah hal dasar yang harus lo pelajari biar cepat bisa menguasai berbagai macam teknik surfing.

Sebagai acuan, lo bisa simak lengkap ulasan beberapa cara praktis buat mulai mencoba surfing saat traveling ke pantai berikut ini, Superfriends!

Wajib Bisa Berenang

Cara Praktis Buat Mulai Mencoba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Image source: https://www.thoughtco.com/ 

Kalau mau mencoba surfing saat traveling ke pantai lo wajib bisa berenang dulu, Superfriends. Penting banget nih, karena sebagian besar aktivitas olahraga air ini berkaitan dengan teknik berenang.

Kalau belum bisa berenang, sebaiknya kuasai dulu teknik-teknik dasar berenang, mulai dari mengambang sampai gaya bebas, Superfriends!

Jangan Lupa Lakukan Peregangan

Cara Praktis Buat Mulai Mencoba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Image source: https://d2ebzu6go672f3.cloudfront.net/

Selanjutnya, jangan lupa lakukan peregangan otot sebelum mulai berselancar, Superfriends. Hal ini bakal membuat otot tubuh menjadi rileks, sehingga nggak gampang kram saat berenang atau berselancar, terutama otot pada bagian kaki dan tangan.

Coba Berlatih Mendayung

Cara Praktis Buat Mulai Mencoba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Image source: https://www.superadventure.co.id/ 

Kalau sudah pemanasan dan menguasai teknik renang, lo bisa lanjut buat latihan mendayung di atas papan, Superfriends. Biasanya, para peselancar pemula dianjurkan untuk mencobanya di pinggir pantai sebelum mulai berselancar di tengah lautan.

Cobalah untuk menerapkan sikap telungkup di atas papan. Jangan lupa kaitkan leash agar lo tetap dekat dengan papan surfing. Kalau sudah mendapatkan posisi yang nyaman, lo bisa mulai menggunakan kedua tangan untuk melakukan gerakan mendayung.

Gerakkan tangan di dalam air dengan kuat sambil menutup jari rapat-rapat. Jangan terburu-buru mendayung karena lo bisa melakukannya dengan gerakan yang lebih santai.

Kuasai Teknik Duck Diving

Cara Praktis Buat Mulai Mencoba Surfing Saat Traveling ke Pantai

Image source: https://oloalaia.com/ 

Teknik ini merupakan teknik untuk memungkinkan lo melewati ombak ketika mengayuh keluar. Teknik ini bertujuan untuk menghindari kehilangan stamina karena terus menerus dihantam ombak.

Satu-satunya kunci untuk bisa menguasai gerakan ini dengan cepat yaitu dengan berpikir fokus. Yup, posisikan tubuh di atas papan senyaman mungkin dan fokus terhadap keadaan di sekitar lo, Superfriends.

Coba Berdiri di Atas Papan

Seimbangkan tubuh lo di atas papan selancar. Lalu, mulailah dengan perlahan memindahkan tangan dari posisi mendayung menuju ke bawah dada dalam keadaan tetap berbaring. Pastikan jari-jari tangan dalam posisi menempel pada papan.

Lalu, angkat lengan perlahan-lahan sambil mendorong tubuh ke atas. Saat posisi ini, kaki harus digerakkan dengan cepat agar kaki tetap menapak dan tubuh dapat berdiri tanpa terjatuh. Ingat, jangan berdiri terlalu tegak karena lo bisa terbalik digulung ombak. Condongkan tubuh sedikit ke depan agar pusat gravitasi mengalami sedikit penurunan, Superfriends.

Riding the Waves

Menguasai ombak bisa dibilang menjadi salah satu poin penting dalam berselancar. Kenali karakteristik ombak terlebih dahulu sebelum hendak mengendarainya ya, Superfriends. Kalau ombak memiliki gelombang miring, maka sebaiknya terapkan teknik mengayuh biar tetap berada di depan ombak.

Tapi, kalau ombak yang datang lumayan besar, lo harus mengikuti dropline palung datar gelombang, Superfriends. Sebab, ada kemungkinan ombak yang besar akan menghempaskan peselancar secara acak ke berbagai arah.

Itulah beberapa cara praktis buat mulai mencoba surfing saat traveling ke pantai. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat surfing ya, Superfriends. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/travel/tips-berselancar-untuk-pemula-109610
Tips Beginner Extreme solo traveling

20 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
Teknik Duck Diving
Ivan harnawan
Nice info. . .bisa dicoba tipsnya saat di pantai
Rull
Asiiik kereeen
Sumardiyono
Amaziiing
Agung Sutrisno
wajib bisa berenang
Agus Sungkawa
Menguasai ombak bisa dibilang menjadi salah satu poin penting
Karlina
Nice info
arief
SIAPPPP, TQ INFONYA
wildan
wow keren
Karlina
Mantapppp