Terkenal Bisa Mengancam Nyawa, Ini Tips Untuk Melakukan High Altitude Climbing

Salah satu jenis mountain climbing yaitu high altitude climbing terkenal dengan tingkat kesulitan paling tinggi. Bahkan kesulitannya bisa merenggut nyawa, oleh karena itu nggak bisa lo lakuin sembarangan. Ada beberapa tips sebelum ngelakuin kegiatan ekstrem ini.

Terkenal Bisa Mengancam Nyawa, Ini Tips Untuk Melakukan High Altitude Climbing

High altitude climbing terkenal di kalangan pendaki gunung karena termasuk jenis mountain climbing paling ekstrem. Ada banyak alasan kenapa terbilang ekstrem, mulai dari altitude sickness, kadar oksigen menipis bahkan mengancam nyawa. Kebanyakan high altitude climbing dilakukan di gunung tinggi, seperti Gunung Everest. Padahal tekanan parsialnya dekat banget batas kemampuan manusia.

Memang mencapai ketinggian yang bisa memecahkan rekor bisa membuat lo puas, tapi bukan berarti melebihi batas kemampuan. Ingatlah dalam pendakian gunung bukan hanya mempertimbangkan kebutuhan pribadi aja, tapi ada banyak faktor seperti cuaca sampai kondisi rute.

Sebelum melakukan high altitude climbing sebaiknya pertimbangkan baik-baik dulu. Pikirkan secara matang dan tekan resikonya dengan beberapa tips berikut ini.

1. Tetap Berjuang Sambil Perhatikan Kondisi Tubuh

Terkenal Bisa Mengancam Nyawa, Ini Tips Untuk Melakukan High Altitude Climbing

Image source: https://i0.wp.com/www.sportsliberated.com 

Para pendaki gunung harus mendengarkan tubuhnya secara intuitif. Lo dapat mengatasi kelelahan dengan motivasi batin lebih awal. Kelelahan yang serius dapat nggak disadari oleh seseorang yang sehat secara fisik. Karena kelelahan akan terasa secara perlahan di dalam tubuh.

Dari sinilah tubuh lo yang tadinya sehat jadi nggak memiliki kemampuan dan kekuatan untuk lanjut mendaki. Ada banyak masalah kesehatan saat mendaki gunung besar, jadi penting untuk mendengarkan tubuh dan memahami batas kemampuan tubuh lo sendiri.

2. Semakin Tinggi Semakin Kurangi Tidur

Terkenal Bisa Mengancam Nyawa, Ini Tips Untuk Melakukan High Altitude Climbing

Image source: https://www.explore-share.com/

Ada pedoman yang harus lo selalu ingat dan terapkan selama melakukan high altitude climbing. Climb high, sleep low. Memang pada umumnya, saat berada di permukaan rendah tubuh akan lebih kalau makan dan tidur. Tapi lakukan keterbalikannya kalau lo berada di permukaan yang sangat tinggi.

Dalam suasana kekurangan oksigen yang berkepanjangan, kalau tubuh bekerja sesuai kapasitas. Bisa membuat asam laktat dan produk lainnya menumpuk di otot. Sehingga menghasilkan tubuh yang lemah dan lelah.

Jangan lupa tetap terhidrasi selama mendaki, minimal tiga liter per hari dan maksimal enam liter per hari. kalau lo berada di kamp yang tinggi, minuman terbaik adalah dengan suhu yang panas.

3. Bangun Kerjasama yang Baik dengan Rekan Lain

Terkenal Bisa Mengancam Nyawa, Ini Tips Untuk Melakukan High Altitude Climbing

Image source: https://madisonmountaineering.com/ 

Untuk menerapkan prosedur keselamatan yang ketat, sebaiknya bangun kerjasama yang baik dengan rekan satu kelompok. Misalnya saja selalu meminta untuk memeriksa harness dan karbiner lo. Jika setiap anggota membangun kepercayaan, maka menghasilkan perasaan kerja tim yang kuat di sepanjang jalan.

Ingatlah untuk selalu berkomunikasi, jadi nggak ada kesalahpahaman yang terjadi. Kalau misalnya ada yang berselisih segera luruskan Superfriend.

 

Source: https://www.adventurealternative.com/climbing-extreme-altitude/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

27 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Ivan harnawan
Info yang bermanfaat
Sumardiyono
Tanks infonya
Rull
Kereeen infonya
Karlina
Mantapppp
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Karlina
Mantapppp
Karlina
Mantpapppp
Agung Sutrisno
mountain climbing paling ekstrem
Karlina
Mantappp