Terkenal dengan Keindahan Pulaunya, Kenali Fakta Menarik Klungkung Bali

Bali terkenal punya keindahan laut yang nggak akan ada habisnya. Salah satunya Kabupaten Klungkung, walaupun kecil tapi selalu jadi daya tarik. Pantai di sana bahkan didapuk sebagai tempat paling Instagramable di dunia. Lihat pesonanya lebih dekat yuk Superfriends.

Terkenal dengan Keindahan Pulaunya, Kenali Fakta Menarik Klungkung Bali

Indonesia punya banyak pulau indah yang terkenal sampai mancanegara. Salah satu pulau paling legendaris adalah Pulau Bali. Di sana punya banyak tempat wisata alam sampai tempat hiburan yang cocok banget buat yang lagi cari tempat refreshing.

Salah satu kabupaten di Bali yang nggak boleh ketinggalan adalah Klungkung. Berbatasan langsung dengan kabupaten Karangasem di sebelah timur, kabupaten Bangli di sebelah utara, dan kabupaten Gianyar di barat. Punya ukuran yang nggak terlalu luas tapi selalu menarik wisatawan.

Luas wilayahnya hanya 315 ribu meter persegi aja, tapi punya sejuta surga dunia. Sepertiga kawasan Klungkung masih ada di Pulau Bali utama, dua pertiganya berbentuk kepulauan. Lo pasti udah nggak asing sama Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

Buat lo yang selalu tertarik datang ke Klungkung atau pernah datang ke sana, coba kenalan lebih dalam sama fakta menariknya.

Disebut Sebagai Pantai Paling Instagramable di Dunia

Terkenal dengan Keindahan Pulaunya, Kenali Fakta Menarik Klungkung Bali

Image source: https://www.tripbaligo.com/

Buat lo pencinta Pantai pasti sudah nggak asing sama Nusa Penida. Kawasan ini sekarang jadi primadona di Pulau Bali apalagi Pantai Kelingking. Seperti namanya, pantai ini punya tebing yang mirip banget sama kelingking. Tapi ada juga yang bilang kalau mirip sama leher T-Rex.

Karena keunikan dan keindahannya, Pantai ini disebut-sebut sebagai pantai paling Instagramable di dunia. Nggak hanya ada satu dua tempat saja yang bagus untuk foto. Hampir semua tempat punya spot luar biasa. Belum lagi air laut yang biru pekat dan deburan ombak bikin lo makin betah.

Sejarah Awal Klungkung

Terkenal dengan Keindahan Pulaunya, Kenali Fakta Menarik Klungkung Bali

Image source: https://upload.wikimedia.org/ 

Seperti wilayah Bali yang lain, kabupaten Klungkung juga punya sejarahnya sendiri yang belum terlalu kental sama agama Hindu. Pada awalnya punya nama Kerajaan Gelgel yang dijadikan sebagai pusat pemerintahan raja-raja Bali. Termasuk pendiri Kerajaan Klungkung yaitu Ida I Dewa Agung Jambe di tahun 1686.

Pada 1650 terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh I Gusti Agung Maruti sebagai Perdana Menteri Kerajaan. Sehingga Kerajaan Gelgel yang jadi pusat Kerajaan Bali runtuh. Perdana Menteri jadi raja terakhir karena mengambil alih kerajaan dari Dalem Di Made.

Tapi Ida I Dewa Agung Jambe berhasil ngerebut lagi di tahun 1686. Akhirnya Kerajaan Gelgel bagian utara ganti nama jadi Kerajaan Klungkung. Ida I Dewa Agung Jambe punya tempat tinggal yang dinamai Semarajaya atau Semarapura.

Kuliner Andalan

Terkenal dengan Keindahan Pulaunya, Kenali Fakta Menarik Klungkung Bali

Image source: https://www.olgasbridalboutique.com/

Selain punya pemandangan eksotis yang memorable, lo juga bisa menyantap sate languan sebagai kuliner andalan. Karena masyarakat Bali nggak boleh konsumsi daging sapi, sate ini terbuat dari daging ikan laut yang nggak kalah nikmat lho.

Cara membuatnya pertama bisa menghaluskan daging dulu, tambah bumbu serta rempah, terus lilitkan ke batang daun kelapa yang masih muda. Cita rasanya yang gurih ngebuat siapa pun pasti doyan sama sate languan.

 

Source: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4597927/6-fakta-menarik-klungkung-rumah-dari-pantai-paling-instagrammable-di-dunia
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

33 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Kapan ya bisa kesampaian kesana
Ainun Nafiah
kerennnn
Ivan harnawan
Indahnya surga indonesia
SRI YAYA ASTUTI
Klungkung Bali
DEVI TRI HANDOKO
Kuliner kLUNGKUNG
Sumardiyono
Amaziiiiing
Rull
Mantaaaap
Karlina
Nice info
Agus Sungkawa
Alamnya sangat indah
Karlina
Nice info