Langkah-langkah Memilih Ukuran Sepatu Gunung yang Pas di Kaki

Masih kesulitan nyari sepatu gunung yang enak dipakai, Superfriends? Kayaknya lo mesti pahami dulu nih langkah-langkah memilih ukuran sepatu gunung yang pas di kaki. Cek selengkapnya di ulasan berikut ini!

Langkah-langkah Memilih Ukuran Sepatu Gunung yang Pas di Kaki

Memilih sepatu gunung yang pas dan nyaman di kaki emang susah-susah gampang, apalagi kalau lo termasuk pemula dalam hal ini. Terlebih mereka yang beli sepatu gunung secara online. Biasanya sepatu gunung tersebut nggak nyaman dipakai, entah itu lebar sepatu yang kurang pas, ujung kaki terlalu sempit, hingga sepatu yang kegedean.

Itulah kenapa lo perlu membeli sepatu gunung secara offline alias langsung di gerai perlengkapan outdoor. Dengan begitu, lo bisa memilih ukuran sepatu yang tepat dan pas di kaki. Karena nyatanya, setiap model dari merek sepatu punya lebar, panjang, dan ruang di dalam sepatu yang berbeda. Jadi, meski ukurannya sama, setiap merek sepatu gunung punya perbedaan masing-masing.

Nah, supaya lo gampang memilih ukuran sepatu gunung yang pas di kaki, berikut ini langkah-langkah yang mesti dilakukan.

Langkah 1: Persiapkan Kaos Kaki, Bantalan Kaki, Orthotics

Langkah-langkah Memilih Ukuran Sepatu Gunung yang Pas di Kaki

Image source: https://sgp1.digitaloceanspaces.com/

Sebelum pilih ukuran sepatu gunung, lo butuh perlengkapan bantalan kaki, Superfriends. Bantalan kaki ini merupakan peralatan mendaki gunung yang berfungsi sebagai lapisan tambahan pada kaki.

Jenis bantalan kaki pertama yang bisa digunakan adalah kaos kaki tebal, yang berfungsi menjaga kaki supaya tetap hangat dan membuat pijakan lebih empuk. Yang kedua ada footbeds insole yang bisa menjadi media peredam guncangan dan mencegah kaki lecet. Dan yang ketiga ada orthotics, yang didesain khusus buat orang dengan kelainan telapak kaki, yang bisa membuat pendaki berdiri lebih tegap.

Langkah 2: Gunakan Perlengkapan Bantalan Kaki saat Memilih Sepatu

Langkah-langkah Memilih Ukuran Sepatu Gunung yang Pas di Kaki

Image source: https://s2.bukalapak.com/

Selanjutnya, lo harus membawa perlengkapan bantalan kaki tadi saat membeli sepatu gunung di toko perlengkapan outdoor. Dengan membeli sepatu secara langsung, lo jadi bisa menyentuh dan mencobanya sampai menemukan yang pas di kaki.

Jadi, kalau lo menggunakan kaos kaki outdoor, footbeds, atau orthotics, lo bisa mensimulasikannya secara langsung. Lo jadi bisa merasakan secara nyata, kenyamanan dan kualitas sepatu gunung saat semua perlengkapan pendukung udah terpasang.

Langkah 3: Lakukan Pengetesan Kenyamanan Sepatu Gunung

Langkah-langkah Memilih Ukuran Sepatu Gunung yang Pas di Kaki

Image source: https://ecs7.tokopedia.net/ 

Langkah selanjutnya ini menjadi salah satu trik jitu dalam menemukan ukuran sepatu yang pas di kaki, Superfriends.

Pertama, lo harus kenakan kaos kaki yang biasa dipakai buat naik gunung atau kaos kaki khusus kegiatan outdoor.

Kedua, masukkan bantalan kaki/orthotics yang biasa dipakai ke dalam sepatu gunung.

Ketiga, coba pakai sepatu gunung lengkap dengan kaos kaki dan bantalan kaki tersebut. Lalu coba rasain kenyamanannya.

Keempat, jangan mengikat sepatu gunung dulu, sebagai gantinya coba goyangkan jari kaki saat berada di dalam sepatu. Pastikan kalau lo bisa merentangkan jari-jari secara merata ke ujung sepatu. Cobalah rentangkan ke depan dan ke samping, jangan sampai jari-jari tertekuk atau tertekan.

Kelima, cobalah berdiri dan dorong kaki agak ke bagian depan sepatu gunung. Setelah itu, masukkan jari telunjuk ke leher sepatu, tepatnya di bagian belakang tumit. Kalau ukuran sepatunya tepat, harusnya satu jari telunjuk bisa masuk dengan nyaman belakang tumit. Nggak longgar dan nggak terlalu sempit.

Ini dilakukan buat mengetahui sisa ruang di dalam sepatu saat dipakai turun gunung. Di mana saat turun gunung, kaki bakal selalu tergelincir ke bagian depan sepatu.

Keenam, lakukan pengetesan kelenturan sepatu. Buat jenis sepatu gunung yang berbahan lentur, silahkan lakukan tes kelenturan sepatu. Lo bisa mencoba berdiri dan bengkokkan ujung kaki seperti orang jinjit. Cobalah berkali-kali, jinjit-menapak-jinjit-menapak. Kalau nyaman, coba pakai buat jongkok.

Ketujuh, kalau semuanya udah oke, coba kencangkan tali sepatu dan pakai sepatu buat berjalan selama 2 menit. Biarkan kaki lo merasakan dan memutuskan apakah sepatu gunung tersebut nyaman atau enggak.

Nah, itulah langkah-langkah yang mesti dilakukan dalam memilih ukuran sepatu gunung yang pas di kaki, Superfriends. Lo juga bisa memilih beberapa model dari beberapa merek sepatu buat menentukan mana yang paling nyaman di kaki.

 

Source: https://napaktilas.net/cara-memilih-ukuran-sepatu-gunung/
Gear Beginner Extreme solo traveling

39 COMMENTS

SHARE
Ivan harnawan
Info yang bermanfaat
Rull
Asiiik infoomya
Sumardiyono
nice infonya
Karlina
Nice info
Mulyanto
bermanfaat
Agus Sungkawa
salah satu trik jitu dalam menemukan ukuran sepatu yang pas di kaki, Superfriends.
Karlina
Nice info
arief
artikel yg sangat menarik, tq
wildan
mantap, tq
Karlina
Nice info