JUN 18, 2018

Menikmati Udara Dingin Khas Dieng Dari Gunung Prau!

Menikmati udara dingin yang penuh dengan tantangan? Mendaki Gunung Prau Dieng adalah salah satu jawabannya, bro. Simak bahasan kali ini, ya!


Gunung Prau, salah satu puncak yang paling diincar oleh para pendaki. Gunung ini memiliki tinggi hingga 2565 mdpl yang berada di belakang Desa Patak, sekaligus sebagai puncak tertinggi di Kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Prau terkenal dengan keindahan pemandangannya yang istimewa, dari puncak gunung lo bisa menyaksikan 8 gunung sekaligus yang saling berdampingan, seperti Gunung Kembang, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Keindahan Gunung Prau Dieng. credit photo: piknikasik.com

Sebelum memulai mendaki, lo akan merasakan hawa dingin yang begitu segar khas dataran tinggi dieng. Ketika sampai puncak, tentu udara jauh lebih dingin lagi. Bahkan, diambil dari beberapa blog yang menulis perjalanan mendaki Gunung Prau, cuaca disana bisa dibaratkan, apabila lo merebus air hingga mendidih lalu membiarkannya di udara terbuka selama beberapa menit saja, maka air tersebut akan segera dingin.

Keindahan Gunung Prau, Dieng. credit photo: wisata-kuliner-0001-elipriyatna.blogspot.com

Kebayangkan, seberapa dinginnya udara disana? So, pastikan selalu untuk membawa pakaian hangat yang diperlukan.

Supaya lebih jelas gambaran di puncak Gunung Prau, langsung saksikan saja video diatas ini yang diambil dari situs YouTube pada channel Radian Rs dengan judul Trippy Trip to Mt. Prau. Lo akan melihat keseruan orang-orang diatas ketika menyaksikan keindahan dataran tinggi Wonosobo dari puncak Gunung Prau.

Mereka dengan asiknya menyantap makanan hangat untuk memanaskan tubuh sambil disuguhkan gunung-gunung yang menjulang tinggi serta tak ketinggalan sebuah kamera untuk mengabadikan momen tersebut.

Keindahan Gunung Prau, Dieng. credit photo: beritagar.id

Meski tidak terekam gambar perjalanan mereka saat mendaki, namun dilansir dari situs gunungprau.org untuk menggapai puncak lo bisa menggunakan jalur melalui Patak Banteng. Jalur ini memiliki 3 pos dan kira-kira membutuhkan waktu 2-3 jam dari basecamp hingga sampai ke pos 1.

Pos 1 dikenal dengan sebutan Pos Sikudewo yang memiliki trek jalan tanah setapak, namun sudah dilengkapi teralis baja sehingga memudahkan para pendaki untuk menuju pos 2.

Keindahan Gunung Prau, Dieng. credit photo: piknikasik.com

Kemudian di pos 2 atau Pos Canggal Walangan menjadi tempat peristirahatan sejenak untuk mengisi perut dan merehatkan kaki. Di pos ini lo akan melihat keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing serta disebelah kanan ada Telga Warna yang super mempesona dari kejauhan.

Kemudian, di pos 3 atau Pos Cacingan para pendaki akan melewati jalur setapak vertikal dengan pemandangan yang masih luar biasa. Apabila beruntung sampai ke pos ini saat matahari terbenam maka lo akan menyaksikan sunset yang istimewa.

Keindahan Gunung Prau, Dieng. credit photo: tryveling.com

Dari pos 3 dibutuhkan waktu sekitar 45 menit lagi untuk sampai ke Puncak Gunung Prau dan semua rasa lelah akan terbayar sudah dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!