Argo Puro, Satu Lagi Puncak di Tanah Jawa yang Wajib Lo Sambangi Bro!

Argo Puro, Satu Lagi Puncak di Tanah Jawa yang Wajib Lo Sambangi Bro! Argo Puro, nama gunung yang satu ini harus diakui belum sepopuler gunung-gunung lain di negeri tercinta, tapi pesonanya dijamin gak kalah gokil indahnya bro. Video yang ada di atas artikel inilah buktinya bro.

Berjudul 'The Argopuro Journey', video yang yang diunggah oleh Fiian Cisse ke situs video YouTube ini merekam perjalanan sekelompok petualang menyambangi puncak Argopura yang berada di Probolinggo, Jawa Timur.

Walaupun tidak masuk ke dalam daftar gunung paling tinggi di Indonesia, gunung ini sangat menantang untuk didaki karena punya trek paling panjang di Pulau Jawa. Berada di 5 kabupaten yakni Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo, gunung ini punya tiga puncak, yaitu Rengganis, Arca dan Argopuro.

Untuk bisa mendaki Gunung Argopuro para pendaki bisa memilih satu dari dua jalur pendakian. Yang pertama jalur Baderan dan yang satu lagi adalah jalur Bremi. Kalo dibandingin, para pendaki banyak yang lebih memilih jalur Baderan untuk menjamahi puncak Argo Puro.

Kenapa lebih banyak yang pilih jalur Banderan? Karena jalurnya jauh lebih menantang ketimbang jalur Bremi. Fasilitas dan prasarana yang lebih lengkap, mulai dari ada Polsek, hotel, bus 2 kali sehari ke Probolinggo dan jaringan ponsel lancar, ternyata dianggap kurang menantang oleh para pendaki.

Para pendaki banyak yang lebih memilih jalur yang lebih erat dengan fasilitas dan prasarana yang berbanding terbalik dengan yang ada di Bremi. Polsek berjarak 2 kilometer, tidak ada penginapan, tidak ada kendaraan umum yang lewat dan kekurangan-kekurangan lainnya.

Dengan segala kekurangannya itu, jalur Banderan ternyata justru menjadi favorit para pendaki yang mau menyambangi Puncak Argo Puro. Menurut sebuah sumber yang cukup terpercaya, di tahun 250 ada sekitar 2 ribu pendaki di kedua jalur, 300 pendaki memilih Banderan dan cuma 40 pendaki saja yang melewati jalur Bremi.

Sebagai informasi tambahan, lo yang niat mendaki Gunung Argopuro harus siapin dana buat biaya masuk ke kawasan Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang. Buat pendaki lokal, harganya Rp 20.000 per hari (Senin-Jumat) dan Rp 30.000 per hari (Sabtu, Minggu & hari libur nasional). Sedangkan buat pendaki luar neger  tiketnya 250.000 per hari (Senin-Jumat) dan Rp 375.000 per hari (Sabtu, Minggu & hari libur nasional).

Gimana, kapan kira-kira lo bakal menyambangi puncak Argo Puro bro?

 
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!