Alas Purwo, Destinasi Seru Keluar dari Bisingnya Kota

Alas Purwo, Destinasi Seru Keluar dari Bisingnya Kota Penat dan  bosen dengan bisingnya perkotaan tapi belum tau enaknya kemana? Coba deh ke Alas Purwo bro! Di taman nasional yang berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur ini lo gak hanya bisa menjelajahi hutan rimba dan savana yang jauh dari bisingnya kota, tapi juga kawasan pantai yang banyak disambangi oleh para surfer mancanegara.

Masih ragu-ragu? Cek dulu deh video yang berjudul 'PESONA ALAS PURWO'. Video berdurasi 18 menit 9 detik itu merekam beberapa pesona alam dan kegiatan apa aja yang bisa lo lakuin di Taman Nasional Alas Purwo. Video yang diunggah oleh Taufik Hermawan ke situs YouTube pada 3 November 2014 itu adalah sebuah karya apik mahasiswa MMTC Yogyakarta saat menyambangi Taman Nasional Alas Purwo.

Berdasarkan informasi di situs resmi Taman Nasional Alas Purwo, luas taman nasional ini sekitar 43.420 hektar. Alas Purwo lokasinya ada di ujung Banyuwangi yang langsung berbatasan dengan pantai dan diseberangnya adalah pulau dewata, Bali. Secara administratif Alas Purwo masuk ke dalam wilayah Kecamatan Purwoharjo dan Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi.

Gimana untuk bisa ke sana? Lo bisa memulai perjalanan dari kota Banyuwangi. Dari kota ini lo harus lanjut ke Kalipait terus ke arah selatan masuk ke kawasan Hutan Produksi sampai ke pintu gerbang Rowobendo, Taman Nasional Alas Purwo. Perjalanan dari kota Banyuwangi ke gerbang Rowobendo ini kurang lebih memakan waktu 2 jam saja.

Tak jauh dari lokasi pintu gerbang, lo bisa mampir ke kawasan yang konon sering disebut sebagai Afrika-nya Pulau Jawa, bernama Sadengan. Kenapa disebut begitu? Karena di sinilah lo bisa menyaksikan padang savana yang luas, mirip dengan yang ada di Afrika.

Padang savana di Alas Purwo ini cukup mirip dengan yang ada di Baluran. Yang berbeda adalah di sini lo bisa ngeliat lebih banyak satwa liar, mulai dari rusa, burung merak sampai banteng Jawa. Udah tau banteng Jawa belum bro? Punya nama larun Bos javanicus, banteng yang berwarna hitam untuk jantan dan cokelat untuk betinanya ini di Alas Purwo jumlahnya cukup banyak, sekitar 120-an ekor banteng.

Gak cukup di savana, lo bisa melanjutkan petualangan lo ke kawasan pantai yang ada di Alas Purwo, seperti Pantai Parang Ireng, Pantai Ngagelan, Pantai Pancur dan Pantai Plengkung. Nah nama pantai yang terakhir bisa dibilang lebih spesial dibanding pantai lainnya karena di panti itulah sering digelar ajang surfing tingkat nasional maupun internasional.

Wilderness
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!